#9925
SKR/AK 083 JHO p 2018 ISBN: 14 651 049
Subjects:Akuntansi Akuntansi
PENGARUH PERSEPSI ATAS PENERAPAN e-TAX SERVICE TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK --
Jhosua Arung Batoteng / / /POLNES Samarinda 2018
xvii;90 hlm.;15x22 cm.;ilus.;CD Bahasa:Ind
ABSTRAK
Batoteng, Jhosua Arung. 2018. Pengaruh Persepsi Atas Penerapan e-Tax
Service terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama
Samarinda). Dibimbing oleh Aris Tri Cahyono, S.E., M.SA., Ak selaku pembimbing
pertama dan Rifadin Noor, S.E., M.Si selaku pembimbing kedua.
Pendapatan Negara, yang salah satunya adalah pajak digunakan untuk
membiayai pengeluaran Negara. Direktorat Jenderal Pajak meluncurkan refoprmasi
admisnistrasi perpajakan yang disebut dengan e-Tax Service. Penelitian bertujuan
untuk mendeskripsikan pengaruh persepsi Wajib pajak atad penerpan e-Registration.
e-Billing, e-SPT, dan e-Filling yang terangkum dalam e-Tax Service terhadap
kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian ini dilakukan pada waktu yang telah ditentukan
dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian.Responden dalam
penelitian ini Wajib Pajak yang berada pada KPP Pratama Samarinda.Metoda
Sampling yang digunakan yaitu Probabilistic (random sampling) dengan 100
responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji
Validitas dan Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi berganda, Uji-f, Uji-t
dan Uji Koefisien Dterminasi (R2) Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi Wajib
Pajak atas e-Registration, e-Billing, e-SPT dan e-Filling berpengaruh positif terhadap
kepatuhan Wajib Pajak.
Kata kunci: e-Tax Service, Kepatuhan Wajib Pajak
ABSTRACT
Batoteng, Jhosua. 2018. The Effect of Perceptions on the Implementation
of E-Tax Service to the Taxpayer Compliance (Case Study In KPP Pratama
Samarinda). Supervised by Aris Tri Cahyono, S.E., M.SA., Ak as the first supervisor
and Rifadin Noor, S.E., M. Si as the second supervisor.
State Revenues, one of which is tax used to finance State expenditures. The
Directorate General of Taxation launched a tax administrative refund called e-Tax
Service. The study aims to describe the influence of taxpayers' perceptions on e-
Registration, e-Billing, e-SPT, and e-Filling are summarized in e-Tax Service on
Taxpayer compliance. This research was conducted at the time determined by using
questionnaire as research instrument. Respondents in this study are the Taxpayers
who are in KPP Pratama Samarinda. Samlping method used is Probabilistic (random
sampling) with 100 respondents. Data analysis techniques used in this study are
Validity and Reability Test, Classical Assumption Test, Multiple Regression Analysis,
Test-f, Test-t and Determination Coefficient Test (R2) The results showed that the
taxpayer's perception of e-Registration, e-Billing, e-SPT and e-Filling has a positive
effect on Taxpayer compliance.
Keywords: e-Tax Service, Taxpayer Compliance