Final_Project
#9625
NTK 017 ZET p 2017 ISBN:12 617 004

Subjects:Nautika Nautika

    Prosedur Olah Gerak Pada Saat Shifting (Studi : Pada KM. Tanto Manis Voyage 07/16 pada saat berlayar di perairan sungai Siak, Riau). --

    Zeth Panggoa / / /
    POLNES Samarinda 2017
    xiii; 49 hlm.; 15x20 cm.; ilus.; CD Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Kapal adalah mencakup setiap jenis kendaraan air dalam bentuk apapun yang digerakkan dengan tenaga mekanik, tenaga angin, atau dipandu termaksud kapal tanpa benaman dan pesawat terbang laut yang digunakan sebgai sarana angkutan di air (E.W. Manikome, 2000). Mengolah gerak kapal dapat diartikan sebagai penguasaan kapal baik dalam keadaan diam maupun bergerak untuk mencapai tujuan pelayaran aman dan efisien, dengan mempergunakan sarana yang terdapat di kapal itu seperti mesin. Pada umumnya teori mengolah gerak kapal dapat kita pelajari secara baik apabila kita mengerti faktor-faktor yang mempengaruhi pada olah gerak kapal. Tetapi pengalaman secara praktek dalam olah gerak kapal merupakan suatu kemampuan yang nilainya sangat tinggi dan bermanfaat dalam melakukan olah gerak kapal. Oleh karena itu kombinasi antara teori dan pengalaman untuk pelaut merupakan nilai yang ideal dan keharusan. Banyak orang menguasai teori mengolah gerak kapal akan tetapi dengan kurangnya pengalaman praktek akan membuat kerugian yang besar. Ada juga baling-baling dipasang di haluan kapal (Kapal Tunda dan kapal besar) tetapi dipergunakan untuk mengolah gerak saja. Jumlah, macam, bentuk, ukuran dan penempatan kemudi juga mempengaruhi olah gerak kapal maupun perubahan haluan. Kemudi yang lebar dan besar pengaruh terhadap kecepatan belok atau penyimpangan kapal.
    Kata Kunci : Kapal, Olah Gerak Kapal
    ABSTRACT
    The vessel shall include any type of water vehicle of any kind which is driven by mechanical power, wind power, or guided by non-ships and seaplanes used as means of water transport (E.W. Manikome, 2000). Processing the motion of the ship can be interpreted as the control of the ship either in a state of silence or moves to achieve the purpose of safe and efficient shipping, by using the means contained on the ship like a machine. In general theory of motion processing ship can we learn well if we understand the factors that influence on the movement of the ship. But the practical experience in shipbuilding is an ability that is very high value and useful in the motion of the ship. Therefore the combination of theory and experience for seafarers is an ideal and necessary value. Many people master the theory of processing the motion of the ship but with the lack of practice experience will make big losses. There are also propellers mounted on the bow of the ship (Snug ships and large ships) but used to process motion only. The number, variety, shape, size and placement of the steering also affect the movement of the ship and the turnaround. The wide and wide steering effect on
    the velocity of the turn or the deviation of the vessel. Keywords: Ship, Sport Ship