Final_Project
#9475
TA/DP 044 YUR d 2017 ISBN:14616040

Subjects:Desain Produk Desain Produk

    Desain Sarana Permainan Edukasi Untuk Anak Tuna Netra --

    Yuridha Eliyana / / /
    POLNES Samarinda 2017
    xvi; 91 hlm.; 15x20 cm.; ilus.; CD Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Selama ini anak tuna netra hanya difokuskan untuk belajar membaca lewat braille. Selain itu kebanyakan permainan anak tuna netra lebih difokuskan pada indra perabaan dan masih jarang permainan anak tuna netra yang menggunakan pendekatan suara seperti bunyi pada mainannya saat dimainkan, selain itu masih jarang sarana bermain olahraga untuk anak tuna netra. Bagaimana merancang permainan edukasi bagi anak penyandang tunanetra yang dapat meningkatkan interaksi sosial bagi anak tuna netra dan non difabel. Bagaimana merancang permainan edukasi yang tidak hanya dengan dengan pendekatan indra perabaan namun juga ada pendekatan indra pendengaran melalui suara pada permainan olahraga bowling untuk melatih motorik kasar pada anak tuna netra. Yang ingin dicapai dari ini adalah menghasilkan produk mainan edukasi yang dapat untuk meningkatkan interaksi sosial antara anak tuna netra dan non difabel melalui permainan dengan pendekatan suara pada permainan olahraga bowling untuk melatih motorik kasar pada anak tuna netra. Metode perancangan yang digunakan adalah Preliminary Design, Design Development dan Final Design. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah sarana permainan bowling untuk anak tuna netra yang bisa menciptakan suasana bersosialisasi antar permain. Diharapkan anak tuna netra yang bermain mendapatkan pengalaman bersosialisasi.
    Kata Kunci: anak tuna netra, interaksi sosial, permainan,
    ABSTRACT
    During this time the blind child is only focused on learning to read through braille. In addition, most blind children play more focused on the sense of touch and still rarely blind children who use sound approaches like the sounds on toys when played, but it is still rare means of playing sports for the blind child. How to design educational games for children with visual impairments that can enhance social interaction for both blind and non-disabled children How to design educational games not only with a sense of touch approach but also a sound hearing sense approach to a bowling sport game for rough motor training on The blind child. What it wants to achieve from this is to produce educational toy products that can to enhance the social interaction between blind and non-disabled children through games with a sound approach to a bowling sport game for rough motor training in blind children. The design method used is Preliminary Design, Design Development and Final Design. The result of this design is a means of bowling games for blind children that can create social atmosphere between the gamers. It is expected that blind children who play get experience socializing.
    Keywords: blind children, social interaction, games