Final_Project
#9217
TA/TM 002 ABD p 2017 ISBN:14611013

Subjects:Teknik Mesin Teknik Mesin

    Pengaruh Penggunaan Oli Tidak Standar Terhadap Tekanan Pompa Oli Engine Diesel Daihatsu Taft F50 --

    Abdul Rachman / / /
    POLNES Samarinda
    xv; 63 hlm.; 15x20 Cm.; ilus. Bahasa:Ind

    ABSTRAK

    Oli atau minyak pelumas memiliki peran yang sangat krusial atau menentukan dalam engine. Di gunakan untuk menghindari terjadinya gesekanl angsunga ntar logam dalam mesin, sehingga tingkat kehausan logam dan kerusakan mesin dapat di kurangi. Engine yang kehabisan oli tentu saja akan mengalami kecekatan atau kehausan terhadap komponen-kompone nengine yang saling bergerak dan saling bergesek. Dengan perawatan secara berkala umur mesin menjadi lebih lama. Tujuan yang ingin dicapai penulis dalam penyusunan tugas akhir ini yaitu, untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan oli tidak standar dengan menggunakan oli SAE 40 dan SAE 30, Mengetahui bagaimana fungsi minyak pelumas pada system pelumasan Daihatsu Taft F50 2756 cc, dan untuk Mengetahui bagian komponen-komponen yang terdapat pada system pelumasan Daihatsu Taft F50 2756 cc.Berdasarkan penelitian hasil pengujian data yang diproleh pengaruh oli SAE 40 di rpm 850 mempunyai rata-rata tekananoli 1.7 kg cm2, di rpm 1500 mempunyai rata-rata tekanan oli 2.2 kg / cm2, di rpm 2200 mempunyai tekanan oli 2.3 kg / cm2, sedangkan oli jenis SAE 30 di rpm 850 mempunyai rata-rata tekananoli 1.3 kg / cm2, padasaat di 1500 mempunyai tekanan oli 2.1 kg / cm2, di rpm 2200 tekanan oli meningkat mempunyai rata-rata tekanan oli 2.5 kg / cm2.

    Kata kunci :Oli, PutaranMesin, Tekanan.