#7770
Tma 035 LAP ACH p 2013 ISBN:10610017
Subjects:Teknik Alat Berat Perancangan alat berat
PERANCANGAN ALAT SIMULASI DIFFERENTAL TYPE CONVENTIONAL MITSUBISHI PS 100 --
Achmi Affandi / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2013
95 hlm Bahasa:Idn
A IIS'VRAK
AchmiAffandi. 13. Perancangan Ala/ Sitnulasi Differential T)pe Conventional PS 100,
TugasAkhir, JurusanTeknikMesin, Program Studi •reknikAlatBerat, PoliteknikNegeri
Samarinda.
DenganmemanjatkanpujisyukurkehadiratTuhnn Y ME. yang telahmelimpahkan
berkatrahmatdanhidayahnyakepadapenulissehinggadapatmenyelesaikanpenyusunan
laporantugasakhir. LatarbelakangpcmbuatanInporantugasakhiriniadalahterdapat
faktor—faktor yang mcmbuatkurangnyapengetahuan para mahasiswaakanpendalaman
isimateridalampraktikumSistcm drivetrain. Faktor —faktoritumeliputiperalatankerja
yang kurangmemadai, bahanpraktikum yang sangatkurang, dankarena differential
merupakansalahsatukomponen yang kritikalpadasistem drivetrain yang apabilaterjadi
kerusakanpadakomponenterscbutmakatenaga yang diteruskandari propeller shaft
kerodakanandankirimcnjadikurangmaksimal, pernyataantersebutmenjadi
pertimbanganpenulisuntukmenentukanjudultugasakhiryaituperancanganalat
simulasi differential type conventional mitsubiships 100.
Putaranporosengkoldarimesinmelaluitransmisioleh propeller shaft diperkecil
sesuaidengantenaga yang diteruskan drive pinion ke ring gear,sebaliknyamomennya
bertambahdanarahtransmisiberubahtegaklurusterhadaparahasalnya. Duabuah pinion
gear (gigi pinion) danduabuah side gear (rodagigisisi) diletakkandalamdifferensial
case menjadisatudengan ring gear, sehinggabiladifferensial case berputar, differensial
pinion yang terikatpadadifferensial case melaluidifferensial pinion shaft (poros pinion
differensial) ikutberputarmenyebabkan side gear (rodagigisisi) juga berputar. Side gear
dihubungkankeporosrodabelakangdanmemindahkantenagaputarkeroda-rodaserta
mengakibatkanperbedaanputaranrodaketikakendaraanberbelok. Putaranporosmenjadi
rendahkarenatenagaputar propeller shaft telahdireduksioleh drive pinion yang
berkaitandengan ring gear yang konstruksigiginyalebihbanyak. Adapuntujuan
mereduksikecepatanadalahuntukmemperbesarmomenpuntirsehinggagayaputarnya
menjadibesardanmampumengangkatbebanberat.
Differential inimemilikiperbandingan ratio gear sebesar 5,7 atau 5 kali putaran
drive pinion berbanding I putaran bevel gear. Dudukan differential dibebanidengan
beban 570 kg, nilaitegangan yang terjadipadadudukan 1,7025 N/mm2 nilaitegangan
yang diijinkandenganmemakainilai safety factor 2, adalah 18,5 N/mm2 tegangan yang
terjadilebihkecildibandingkantegangan yang diijinkan, makadudukandapat di
katakana amanuntuk di gunakan.
Kata kunci: Differential, Bevel Gear, Drive Pinion, Side Gear, Pinion Gear, Dudukan.