Final_Project
#7770
Tma 035 LAP ACH p 2013 ISBN:10610017

Subjects:Teknik Alat Berat Perancangan alat berat

    PERANCANGAN ALAT SIMULASI DIFFERENTAL TYPE CONVENTIONAL MITSUBISHI PS 100 --

    Achmi Affandi / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2013
    95 hlm Bahasa:Idn

    A IIS'VRAK

    AchmiAffandi. 13. Perancangan Ala/ Sitnulasi Differential T)pe Conventional PS 100,

    TugasAkhir, JurusanTeknikMesin, Program Studi •reknikAlatBerat, PoliteknikNegeri

    Samarinda.

    DenganmemanjatkanpujisyukurkehadiratTuhnn Y ME. yang telahmelimpahkan

    berkatrahmatdanhidayahnyakepadapenulissehinggadapatmenyelesaikanpenyusunan

    laporantugasakhir. LatarbelakangpcmbuatanInporantugasakhiriniadalahterdapat

    faktor—faktor yang mcmbuatkurangnyapengetahuan para mahasiswaakanpendalaman

    isimateridalampraktikumSistcm drivetrain. Faktor —faktoritumeliputiperalatankerja

    yang kurangmemadai, bahanpraktikum yang sangatkurang, dankarena differential

    merupakansalahsatukomponen yang kritikalpadasistem drivetrain yang apabilaterjadi

    kerusakanpadakomponenterscbutmakatenaga yang diteruskandari propeller shaft

    kerodakanandankirimcnjadikurangmaksimal, pernyataantersebutmenjadi

    pertimbanganpenulisuntukmenentukanjudultugasakhiryaituperancanganalat

    simulasi differential type conventional mitsubiships 100.

    Putaranporosengkoldarimesinmelaluitransmisioleh propeller shaft diperkecil

    sesuaidengantenaga yang diteruskan drive pinion ke ring gear,sebaliknyamomennya

    bertambahdanarahtransmisiberubahtegaklurusterhadaparahasalnya. Duabuah pinion

    gear (gigi pinion) danduabuah side gear (rodagigisisi) diletakkandalamdifferensial

    case menjadisatudengan ring gear, sehinggabiladifferensial case berputar, differensial

    pinion yang terikatpadadifferensial case melaluidifferensial pinion shaft (poros pinion

    differensial) ikutberputarmenyebabkan side gear (rodagigisisi) juga berputar. Side gear

    dihubungkankeporosrodabelakangdanmemindahkantenagaputarkeroda-rodaserta

    mengakibatkanperbedaanputaranrodaketikakendaraanberbelok. Putaranporosmenjadi

    rendahkarenatenagaputar propeller shaft telahdireduksioleh drive pinion yang

    berkaitandengan ring gear yang konstruksigiginyalebihbanyak. Adapuntujuan

    mereduksikecepatanadalahuntukmemperbesarmomenpuntirsehinggagayaputarnya

    menjadibesardanmampumengangkatbebanberat.

    Differential inimemilikiperbandingan ratio gear sebesar 5,7 atau 5 kali putaran

    drive pinion berbanding I putaran bevel gear. Dudukan differential dibebanidengan

    beban 570 kg, nilaitegangan yang terjadipadadudukan 1,7025 N/mm2 nilaitegangan

    yang diijinkandenganmemakainilai safety factor 2, adalah 18,5 N/mm2 tegangan yang

    terjadilebihkecildibandingkantegangan yang diijinkan, makadudukandapat di

    katakana amanuntuk di gunakan.

    Kata kunci: Differential, Bevel Gear, Drive Pinion, Side Gear, Pinion Gear, Dudukan.