#17597
TESIS ADMINISTRASI BISNIS/002 RIF a 2024 ISBN:226811005
Subjects:PEMASARAN INOVASI DAN TEKNOLOGI KEPUASAN KONSUMEN
STUDI KOMPARASI ANTESEDEN KEPUASAN KONSUMEN SHOPEE & TOKOPEDIA DI KOTA SAMARINDA --Ed.1
AMELIA DWISAFIRA / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2024
xviii., 210 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind
ABSTRAK
STUDI KOMPARASI ANTESEDEN KEPUASAN KONSUMEN SHOPEE &
TOKOPEDIA DI KOTA SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi
Harga, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Kualitas Informasi terhadap
Kepercayaan, Keputusan Pembelian, dan Kepuasan pada konsumen Shopee & Tokopedia
di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan path analysis yang diolah dengan software SPSS Statistic 23 dan
Structural Equation Modelling (SEM) dengan software AMOS 23. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 340 responden yang merupakan
konsumen Shopee & Tokopedia. Sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi 170
responden untuk konsumen Shopee dan 170 responden untuk konsumen Tokopedia.
Dalam penelitian ini dilakukan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan
reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji structural model fit. Berdasarkan model struktural
dapat dibuktikan bahwa Persepsi Risiko berpengaruh negatif signifikan terhadap
Kepercayaan pada Konsumen Shopee & Tokopedia. Persepsi Harga berpengaruh positif
signifikan terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian pada konsumen Shopee &
Tokopedia. Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap
Kepercayaan pada konsumen Tokopedia dan berpengaruh positif signifikan terhadap
Keputusan Pembelian pada konsumen Shopee. Kepercayaan berpengaruh positif
signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen Tokopedia dan berpengaruh
positif signifikan terhadap Kepuasan pada konsumen Shopee. Keputusan Pembelian
berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan pada konsumen Shopee & Tokopedia.
Kata Kunci: Persepsi Risiko, Persepsi Harga, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi
Kualitas Informasi, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Kepuasan.vii
ABSTRACT
COMPARATIVE STUDY OF ANTECEDENTS OF SHOPEE & TOKOPEDIA
CUSTOMER SATISFACTION IN SAMARINDA CITY
This research aims to analyze the influence of Perception of Risk, Perception of
Price, Perception of Ease of Use, and Perception of Information Quality on Trust,
Purchasing Decisions, and Satisfaction among Shopee & Tokopedia consumers in
Samarinda City. This research uses a quantitative approach using path analysis processed
with SPSS Statistics 23 software and Structural Equation Modeling (SEM) with AMOS
23 software. The sample used in this research was 340 respondents who were Shopee &
Tokopedia consumers. The sample in this study was divided into 170 respondents for
Shopee consumers and 170 respondents for Tokopedia consumers.
In this research, instrument tests were carried out consisting of validity and
reliability tests, classical assumption tests, and structural model fit tests. Based on the
structural model, it can be proven that risk perception has a significant negative effect on
trust in Shopee & Tokopedia consumers. Price Perception has a significant positive effect
on Trust and Purchasing Decisions among Shopee & Tokopedia consumers. Perception
of Ease of Use has a significant positive effect on Trust in Tokopedia consumers and a
significant positive effect on Purchase Decisions among Shopee consumers. Trust has a
significant positive effect on Purchasing Decisions among Tokopedia consumers and a
significant positive effect on Satisfaction among Shopee consumers. Purchasing
decisions have a significant positive effect on satisfaction with Shopee & Tokopedia
consumers.
Keywords:Perception of Risk, Perception of Price, Perception of Ease of Use, Perception
Information Quality, Trust, Purchase Decisions, Satisfaction.