others
#17597
TESIS ADMINISTRASI BISNIS/002 RIF a 2024 ISBN:226811005

Subjects:PEMASARAN INOVASI DAN TEKNOLOGI KEPUASAN KONSUMEN

    STUDI KOMPARASI ANTESEDEN KEPUASAN KONSUMEN SHOPEE & TOKOPEDIA DI KOTA SAMARINDA --Ed.1

    AMELIA DWISAFIRA / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2024
    xviii., 210 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    STUDI KOMPARASI ANTESEDEN KEPUASAN KONSUMEN SHOPEE &
    TOKOPEDIA DI KOTA SAMARINDA
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi
    Harga, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Kualitas Informasi terhadap
    Kepercayaan, Keputusan Pembelian, dan Kepuasan pada konsumen Shopee & Tokopedia
    di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
    menggunakan path analysis yang diolah dengan software SPSS Statistic 23 dan
    Structural Equation Modelling (SEM) dengan software AMOS 23. Sampel yang
    digunakan dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 340 responden yang merupakan
    konsumen Shopee & Tokopedia. Sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi 170
    responden untuk konsumen Shopee dan 170 responden untuk konsumen Tokopedia.
    Dalam penelitian ini dilakukan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan
    reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji structural model fit. Berdasarkan model struktural
    dapat dibuktikan bahwa Persepsi Risiko berpengaruh negatif signifikan terhadap
    Kepercayaan pada Konsumen Shopee & Tokopedia. Persepsi Harga berpengaruh positif
    signifikan terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian pada konsumen Shopee &
    Tokopedia. Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap
    Kepercayaan pada konsumen Tokopedia dan berpengaruh positif signifikan terhadap
    Keputusan Pembelian pada konsumen Shopee. Kepercayaan berpengaruh positif
    signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen Tokopedia dan berpengaruh
    positif signifikan terhadap Kepuasan pada konsumen Shopee. Keputusan Pembelian
    berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan pada konsumen Shopee & Tokopedia.
    Kata Kunci: Persepsi Risiko, Persepsi Harga, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi
    Kualitas Informasi, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Kepuasan.vii
    ABSTRACT
    COMPARATIVE STUDY OF ANTECEDENTS OF SHOPEE & TOKOPEDIA
    CUSTOMER SATISFACTION IN SAMARINDA CITY
    This research aims to analyze the influence of Perception of Risk, Perception of
    Price, Perception of Ease of Use, and Perception of Information Quality on Trust,
    Purchasing Decisions, and Satisfaction among Shopee & Tokopedia consumers in
    Samarinda City. This research uses a quantitative approach using path analysis processed
    with SPSS Statistics 23 software and Structural Equation Modeling (SEM) with AMOS
    23 software. The sample used in this research was 340 respondents who were Shopee &
    Tokopedia consumers. The sample in this study was divided into 170 respondents for
    Shopee consumers and 170 respondents for Tokopedia consumers.
    In this research, instrument tests were carried out consisting of validity and
    reliability tests, classical assumption tests, and structural model fit tests. Based on the
    structural model, it can be proven that risk perception has a significant negative effect on
    trust in Shopee & Tokopedia consumers. Price Perception has a significant positive effect
    on Trust and Purchasing Decisions among Shopee & Tokopedia consumers. Perception
    of Ease of Use has a significant positive effect on Trust in Tokopedia consumers and a
    significant positive effect on Purchase Decisions among Shopee consumers. Trust has a
    significant positive effect on Purchasing Decisions among Tokopedia consumers and a
    significant positive effect on Satisfaction among Shopee consumers. Purchasing
    decisions have a significant positive effect on satisfaction with Shopee & Tokopedia
    consumers.
    Keywords:Perception of Risk, Perception of Price, Perception of Ease of Use, Perception
    Information Quality, Trust, Purchase Decisions, Satisfaction.