Skripsi
#17593
SKRIPSI/JUR.ADB.PS.MANAJEMEN PERMASARAN 026 BES a 2024 ISBN:20 652 077

Subjects:Manajemen Pemasaran Gaya Hidup

    ANALISIS PENGARUH LIFESTYLE DAN KNOWLEDGE SERTA LOCAL BRAND TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI ATTITUDE PADA PENGGUNA VIVA COSMETICS DI KOTA SAMARINDA --

    BESSE JUMARNI / / /
    Samarinda 2024
    xiii; 112 h; ilus; 29 cm Bahasa:ind

    ABSTRACT
    This research explores the role and impact of Viva Cosmetics as a local brand in
    the cosmetic industry. It delves into the branding strategies employed by Viva Cosmetics
    as a representation of a local brand and how it influences consumers' perceptions of
    local cosmetic products. The study also investigates the influence of lifestyle on
    consumer preferences for Viva Cosmetics products by analyzing lifestyle factors
    affecting purchase intentions. Additionally, it explores consumer purchase intentions
    regarding cosmetic products, focusing on consumers' knowledge of the Viva Cosmetics
    brand.
    The research adopts a survey method with a sample of 144 individuals
    distributed in the Samarinda region, using Accidental Sampling technique. This involves
    distributing questionnaire links through personal chats on social media to residents of
    Samarinda who have used Viva Cosmetics products. Statistical testing using SEM tools
    is conducted on the research findings. Through consumer data analysis and literature
    review, the study aims to understand the extent to which local branding and lifestyle play
    a role in shaping consumer knowledge and purchase intentions towards Viva Cosmetics
    products. The results are expected to contribute to an understanding of the dynamics of
    the local cosmetic market, support the development of marketing strategies for local
    brands, and provide in-depth insights into the interaction between lifestyle, knowledge,
    and consumer preferences in the beauty industry context.
    Keywords: Lifestyle, Knowledge, Local Brand, Attitude,and Purchase Intention
    RINGKASAN
    ANALISIS PENGARUH LIFESTYLE DAN KNOWLEDGE SERTA LOCAL BRAND
    TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI ATTITUDE PADA
    PENGGUNA VIVA COSMETICS DI KOTA SAMARINDA
    BESSE JUMARNI
    Penelitian ini membahas peran dan dampak merek lokal Viva Cosmetics dalam
    konteks industri kosmetik. Mengeksplorasi strategi branding yang diterapkan oleh Viva
    Cosmetics sebagai representasi merek lokal, serta bagaimana hal tersebut
    memengaruhi persepsi konsumen terhadap produk kosmetik lokal. Penelitian ini juga
    menginvestigasi pengaruh gaya hidup terhadap preferensi konsumen terhadap produk
    Viva Cosmetics, dengan menganalisis faktor-faktor gaya hidup yang mempengaruhi niat
    pembelian. Selain itu, mengeksplorasi niat pembelian konsumen terhadap produk
    kosmetik, dengan fokus pada pengetahuan konsumen tentang merek Viva Cosmetics.
    Penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel 144 yang tersebar di
    wilayah Samarinda, dengan menggunakan teknik Accidental Sampling, yaitu dengan
    memberikan link kuesioner melalui personal chat dengan menggunakan social media
    kepada masyarakat Kota Samarinda yang pernah menggunakan produk Viva
    Cosmetics. Hasil penelitian ini dilakukan uji statistik dengan alat bantu SEM. Melalui
    analisis data konsumen dan tinjauan literatur, penelitian ini bertujuan untuk memahami
    sejauh mana merek lokal dan gaya hidup memainkan peran dalam membentuk
    pengetahuan dan niat pembelian konsumen terhadap produk Viva Cosmetics. Hasil
    penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang
    dinamika pasar kosmetik lokal, mendukung perkembangan strategi pemasaran bagi
    merek lokal, serta memberikan wawasan mendalam tentang interaksi antara gaya
    hidup, pengetahuan, dan preferensi konsumen dalam konteks industri kecantikan.
    Kata Kunci: Gaya hidup, Pengetahuan, Merek Lokal, Sikap, dan Minat Beli