
#17535
TA/D3 PW/P.WISATA 006 BAYU t 2023 ISBN: 20623028
Subjects:PERJALANAN WISATA Pelayanan, Banquet, Pernikahan
TATA CARA BANQUET DALAM MENANGANI EVENT WEDDING DI HOTEL ROYALAMBARRUKMO YOGYAKARTA (STUDI KASUS PERNIKAHAN KAESANG & ERINA) --Ed. 1
AYUDYAH PARANGGI TOPAWIJAYA / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
xii;48 hlm ; ilus ; 29 cm Bahasa:Ind
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Tata Cara Banquet Dalam Menangani Event Wedding Di
Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta (Studi Kasus Pernikahan Kaesang dan
Erina). Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana proses
pelaksananan event Wedding di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta khususnya
pada saat Pernikahan Kaesang dan Erina. Pada Pernikahan ini memakai pelayanan
American Service dan Russian Service yang di dukung juga dengan pelayanan ala
Karaton Yogyakarta. Maka dari itu setiap individu yang berada industri perhotelan
harus memberikan good quality service, terutama di Hotel Royal Ambarrukmo
Yogyakarta yang terbilang masih khas dengan tradisi Jawa dan menerapkan
beberapa tradisi yang ada, dan di imbangi dengan pelayanan yang baik dan benar
untuk memberikan kesan terbaik kepada tamu.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode
wawancara beberapa pihak yang terkait seperti Manager Operation Banquet,
Captain Banquet dan Staff Banquet. Selanjutnya dalam studi pustaka menjadi
teknik pengambilan data untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan
tugas akhir.
Kata kunci: ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Tata Cara Banquet Dalam Menangani Event Wedding Di
Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta (Studi Kasus Pernikahan Kaesang dan
Erina). Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana proses
pelaksananan event Wedding di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta khususnya
pada saat Pernikahan Kaesang dan Erina. Pada Pernikahan ini memakai pelayanan
American Service dan Russian Service yang di dukung juga dengan pelayanan ala
Karaton Yogyakarta. Maka dari itu setiap individu yang berada industri perhotelan
harus memberikan good quality service, terutama di Hotel Royal Ambarrukmo
Yogyakarta yang terbilang masih khas dengan tradisi Jawa dan menerapkan
beberapa tradisi yang ada, dan di imbangi dengan pelayanan yang baik dan benar
untuk memberikan kesan terbaik kepada tamu.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode
wawancara beberapa pihak yang terkait seperti Manager Operation Banquet,
Captain Banquet dan Staff Banquet. Selanjutnya dalam studi pustaka menjadi
teknik pengambilan data untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan
tugas akhir.
Kata kunci: Pelayanan, Banquet, Pernikahan
ABSTRACT
This research is entitled Banquet Procedures in Measuring Wedding Events at
the Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta (Case Study of Kaesang and Erina's
Marriage). The purpose of this research is to find out how the wedding event is held at
the Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta, especially during Kaesang and Erina's
wedding. At this wedding, American Service and Russian Service were used which
were also supported by Yogyakarta Palace-style services. Therefore every individual in
the hospitality industry must provide good quality service, especially at the Royal
Ambarrukmo Yogyakarta Hotel which is still typical of Javanese traditions and applies
several existing traditions, and is balanced with good and correct service to give the
best impression to customers and visitor .
In this study using qualitative research methods by interviewing several related
parties such as the Banquet Operations Manager, the Banquet Captain and the Banquet
Staff. Furthermore, in the literature study it becomes a data collection technique to
obtain information related to the final project.
Keywords: Service, Banquet, Wedding
ABSTRACT
This research is entitled Banquet Procedures in Measuring Wedding Events at
the Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta (Case Study of Kaesang and Erina's
Marriage). The purpose of this research is to find out how the wedding event is held at
the Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta, especially during Kaesang and Erina's
wedding. At this wedding, American Service and Russian Service were used which
were also supported by Yogyakarta Palace-style services. Therefore every individual in
the hospitality industry must provide good quality service, especially at the Royal
Ambarrukmo Yogyakarta Hotel which is still typical of Javanese traditions and applies
several existing traditions, and is balanced with good and correct service to give the
best impression to customers and visitor .
In this study using qualitative research methods by interviewing several related
parties such as the Banquet Operations Manager, the Banquet Captain and the Banquet
Staff. Furthermore, in the literature study it becomes a data collection technique to
obtain information related to the final project.
Keywords: Service, Banquet, Wedding