Final_Project
#17527
TA/D3 PW/PERHOTELAN DEW p 2023 ISBN:19.623.059

Subjects:Perhotelan Penilaian Konsumen, Kualitas Pelayanan, Guest Comment

    PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYARAN PADA RESTORAN HOTEL MERCURE MENGGUNAKAN METODE GUEST COMMENT --Ed. 1

    DEWI AGUSNAWATI / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
    xiv;32 hlm ; ilus ; 29 cm Bahasa:Ind

    PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS
    PELAYANAN MELALUI GUEST COMMENT PADA
    RESTORAN HOTEL MERCURE SAMARINDA
    Nama Mahasiswa : Dewi Agusnawati
    NIM : 19623059
    Dosen Pembimbing : 1) I Wayan Sudarmayasa, SST.Par, M.Par
    2) Musdalifah, SE, M.Si
    ABSTRAK
    Industri jasa restoran hotel di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat
    dikarenakan pertumbuhan konsumsi masyarakat yang juga meningkatIndustri jasa
    restoran hotel di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat dikarenakan
    pertumbuhan konsumsi masyarakat yang juga meningkat. Seiring dengan
    pertumbuhan tersebut maka persaingan industri jasa restoran hotel semakin ketat.
    Tingginya peluang bisnis di bidang restoran tersebut merupakan tantangan bagi
    restoran yang telah beroperasi terlebih dahulu, karena selain menghadapi
    persaingan dengan sesama restoran yang telah ada juga harus menghadapi pesaing
    yang berasal dari pendatang baru. Persaingan dengan memperhatikan kualitas
    tersebut tidak terlepas dari hakikat kualitas yang merupak suatu indikator penting
    bagi persaingan dalam industri, hal ini dikarenakan produk atau jasa yang
    berkualitas akan memiliki sejumlah keistimewaan yang mampu meningkatkan
    kepuasan konsumen atas pengunaan produk itu. Penelitian ini bertujuan untuk
    mengetahui penilaian konsumen terhadap kualitas pelayanan melalui guest
    comment pada Restoran Hotel Mercure. Teknik pengumpulan data yang
    digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan Guest Comment, penelitian
    dilaksanakan pada 7 April 2022 – 17 Juli 2022. Adapun hasil penelitian ini adalah
    mayoritas jawaban responden terhadap kualitas pelayanan memilih sangat
    memuaskan dengan jumlah rata-rata 28,8 dan jumlah rata-rata terendah jatuh pada
    kurang memuaskan sebesar 0,33. Dan pada unsur dari guest comment yang paling
    banyak mendapatkan penilaian kurang memuaskan sebanyak dua (2) dan cukup
    baik empat (4) yaitu pada variasi menu. Kemudian penulis mengkategorisasikan
    saran yang ada dan mendapatkan hasil bahwa responden ingin lebih diperbanyak
    variasi menu, mempertahankan juga meningkatkan kualitas layanan, dan
    mempertahankan kualitas makanan.
    Kata Kunci : Penilaian Konsumen, Kualitas Pelayanan, Guest Comment

    CONSUMER ASSESSMENT OF SERVICE QUALITY
    THROUGH GUEST COMMENT AT MERCURE HOTEL
    RESTAURANT SAMARINDA
    Student Name : Dewi Agusnawati
    NIM : 19623059
    Advisor : 1) I Wayan Sudarmayasa, SST.Par, M.Par
    2) Musdalifah, SE, M.Si
    ABSTRACT
    The hotel restaurant service industry in Indonesia is experiencing rapid growth
    due to the increasing growth in public consumption. The hotel restaurant service
    industry in Indonesia is experiencing rapid growth due to the increasing growth
    in public consumption. Along with this growth, competition in the hotel restaurant
    service industry is getting tighter. The high business opportunity in the restaurant
    sector is a challenge for restaurants that have been operating beforehand,
    because in addition to facing competition from other existing restaurants, they
    also have to face competitors from newcomers. Competition with regard to quality
    is inseparable from the nature of quality which is an important indicator for
    competition in the industry, this is because a quality product or service will have
    a number of features that can increase consumer satisfaction with the use of the
    product. This study aims to determine consumer perceptions of service quality
    through guest comments at the Mercure Hotel Restaurant. The data collection
    technique used was observation, interview and Guest Comment techniques. The
    research was conducted on 7 April 2022 – 17 July 2022. The results of this study
    are that the majority of respondents' answers to service quality chose very
    satisfactory with an average number of 28.8 and the lowest average number fell
    on unsatisfactory of 0.33. And on the elements of the guest comments that
    received the most unsatisfactory ratings of two (2) and four (4) quite good,
    namely on menu variations. Then the authors categorize the existing suggestions
    and get the result that respondents want more menu variations, maintain also
    improve service quality, and maintain food quality.
    Keywords: Consumer Evaluation, Service Quality, Guest Comments