Final_Project
#17518
TA/D3 PW/PERHOTELAN 015 DEL a 2023 ISBN:20623041

Subjects:perhotelan Keputusan Menginap, Loyalitas Tamu, Dimensi Kualitas Pelayanan

    ANALISIS FAKTOR-FAKTOR TAMU YANG MEMUTUSKAN UNTUK MENGINAP KEMBALI DI HOTEL BUMI SENYIUR SAMARINDA --Ed. 1

    DELLA HERLINA / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
    xii;36 hlm ;ilus ; 29 cm Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Meningkatnya kebutuhan akan jasa akomodasi perhotelan menyebabkan
    semakin banyaknya hotel-hotel baru yang bermunculan serta menjadi kesempatan
    bagi hotel-hotel ini untuk memberikan penawaran terbaik kepada pelanggan
    sebagai tamu yang akan menginap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
    aspek yang mempengaruhi tamu dalam memutuskan untuk menginap kembali di
    Hotel Bumi Senyiur Samarinda di tengah maraknya hotel-hotel baru yang
    bermunculan.
    Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara
    menyebarkan google form (online) yang berisi pernyataan-pernyataan terkain hal
    yang mempengaruhi keputusan tamu untuk menginap di Hotel Bumi Senyiur
    Samarinda. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan
    metode deskriptif kualitatif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalitas tamu dapat diketahui dari
    berapa kali tamu pernah menginap di Hotel Bumi Senyiur Samarinda sehingga
    tamu memiliki pembanding dalam memilih hotel tempat menginap dan mencapai
    keputusan pembelian. Maka, dapat dinyatakan tamu memutuskan untuk menginap
    kembali di Hotel Bumi Senyiur Samarinda karena pengaruh dari indikatorindikator dimensi kualitas pelayanan yang telah terpenuhi.
    Kata Kunci: Keputusan Menginap, Loyalitas Tamu, Dimensi Kualitas Pelayanan

    ABSTRACT
    The increasing demand for hospitality accommodation services has led to
    the emergence of numerous new hotels, providing them with opportunities to offer
    the best deals to customers as guests who will be staying. This research aims to
    identify the factors that influence guests in deciding to stay again at Hotel Bumi
    Senyiur Samarinda amidst the proliferation of new hotels.
    In this study, data collection was conducted by distributing an online
    Google Form containing statements regarding factors influencing guests'
    decisions to stay at Hotel Bumi Senyiur Samarinda. The collected data was then
    analyzed using qualitative descriptive analysis methods.
    The result of this study findings indicate that guest loyalty can be
    determined by the number of times guests have stayed at Hotel Bumi Senyiur
    Samarinda, as guests have a basis for comparison when choosing a hotel for their
    stay and making purchasing decisions. Therefore, it can be stated that guests
    decide to stay again at Hotel Bumi Senyiur Samarinda due to the influence of
    indicators related to the dimensions of service quality that have been fulfilled.
    Keywords: Stay Decision, Guest Loyalty, Dimensions of Service Quality