#17518
TA/D3 PW/PERHOTELAN 015 DEL a 2023 ISBN:20623041
Subjects:perhotelan Keputusan Menginap, Loyalitas Tamu, Dimensi Kualitas Pelayanan
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR TAMU YANG MEMUTUSKAN UNTUK MENGINAP KEMBALI DI HOTEL BUMI SENYIUR SAMARINDA --Ed. 1
DELLA HERLINA / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
xii;36 hlm ;ilus ; 29 cm Bahasa:Ind
ABSTRAK
Meningkatnya kebutuhan akan jasa akomodasi perhotelan menyebabkan
semakin banyaknya hotel-hotel baru yang bermunculan serta menjadi kesempatan
bagi hotel-hotel ini untuk memberikan penawaran terbaik kepada pelanggan
sebagai tamu yang akan menginap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
aspek yang mempengaruhi tamu dalam memutuskan untuk menginap kembali di
Hotel Bumi Senyiur Samarinda di tengah maraknya hotel-hotel baru yang
bermunculan.
Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara
menyebarkan google form (online) yang berisi pernyataan-pernyataan terkain hal
yang mempengaruhi keputusan tamu untuk menginap di Hotel Bumi Senyiur
Samarinda. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan
metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalitas tamu dapat diketahui dari
berapa kali tamu pernah menginap di Hotel Bumi Senyiur Samarinda sehingga
tamu memiliki pembanding dalam memilih hotel tempat menginap dan mencapai
keputusan pembelian. Maka, dapat dinyatakan tamu memutuskan untuk menginap
kembali di Hotel Bumi Senyiur Samarinda karena pengaruh dari indikatorindikator dimensi kualitas pelayanan yang telah terpenuhi.
Kata Kunci: Keputusan Menginap, Loyalitas Tamu, Dimensi Kualitas Pelayanan
ABSTRACT
The increasing demand for hospitality accommodation services has led to
the emergence of numerous new hotels, providing them with opportunities to offer
the best deals to customers as guests who will be staying. This research aims to
identify the factors that influence guests in deciding to stay again at Hotel Bumi
Senyiur Samarinda amidst the proliferation of new hotels.
In this study, data collection was conducted by distributing an online
Google Form containing statements regarding factors influencing guests'
decisions to stay at Hotel Bumi Senyiur Samarinda. The collected data was then
analyzed using qualitative descriptive analysis methods.
The result of this study findings indicate that guest loyalty can be
determined by the number of times guests have stayed at Hotel Bumi Senyiur
Samarinda, as guests have a basis for comparison when choosing a hotel for their
stay and making purchasing decisions. Therefore, it can be stated that guests
decide to stay again at Hotel Bumi Senyiur Samarinda due to the influence of
indicators related to the dimensions of service quality that have been fulfilled.
Keywords: Stay Decision, Guest Loyalty, Dimensions of Service Quality