#17487
TA/D3 AKUNTANSI 002 SIT a 2023 ISBN:20 621 036
Subjects:D3 Akuntansi
ANALISIS LABA KOTOR PENJUALAN PADA USAHA SATE AYAM SURAMADU TAHUN 2021 - 2022 --Ed. 1
Siti Zulaiha / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
xiv., 41 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind
ABSTRAK
Siti Zulaiha, “Analisis Laba Kotor Penjualan pada Usaha Sate Ayam Suramadu
Tahun 2021 - 2022”. Di bawah bimbingan dari Bapak Dr. H. Sabri Nurdin, S.E., M.M.
selaku pembimbing pertama dan Bapak Aris Tri Cahyono, S.E., M.SA., Ak selaku
pembimbing kedua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa selisih
laba kotor dan penyebab terjadinya selisih laba kotor pada usaha Sate Ayam Suramadu
tahun 2021-2021. Metode yang digunakan dalam memperoleh dan mengumpulkan data
yang diperlukan untuk Tugas Akhir ini adalah observasi. Kemudian alat analisis yang
digunakan bersumber dari alat analisis laba kotor Bustami dan Nurlela, yaitu Selisih Laba
Kotor, Selisih Harga Jual, Selisih Harga dari Harga Pokok Penjualan, Selisih Kuantitas
Penjualan, Selisih Kuantitas Harga Pokok Penjualan, Selisih Penjualan, Selisih Harga
Pokok Penjualan, Selisih Kuantitas Bersih, Selisih Komposisi Penjualan, Selisih
Kuantitas Penjualan Final dan Skema Analisis Laba Kotor. Hasil dari penelitian
menunjukan bahwa penyebab perubahan laba kotor dikarenakan selisih penjualan
terutama pada elemen selisih kuantitas penjualan.Ini adalah sebuah keuntungan bagi
usaha.
Kata Kunci : Harga, Laba Kotor, Penjualanxiii
ABSTRACT
Siti Zulaiha, "Analysis of Gross Profit Sales in the Suramadu Chicken Satay
Business in 2021 - 2022". Under the guidance of Dr. H. Sabri Nurdin, S.E., M.M. as the
first supervisor and Mr. Aris Tri Cahyono, S.E., M.SA., Ak as the second supervisor. The
purpose of this study is to find out what the difference in gross profit is and the causes of
the difference in gross profit in the Suramadu Chicken Sate business in 2021-2022. The
method used in obtaining and collecting the data needed for this Final Project is
observation. Then the analysis tool used comes from Bustami and Nurlela's gross profit
analysis tool, namely the difference in gross profit, the difference in selling prices, the
difference in price from the cost of goods sold, the difference in quantity sold, the
difference in quantity of cost of goods sold, the difference in sales, the difference in the
cost of goods sold, the difference Net Quantity, Difference in Composition of Sales,
Difference in Final Sales Quantity and Gross Profit Analysis Scheme. The results of the
study show that the cause of changes in gross profit is due to differences in sales,
especially in the element of difference in sales quantity. This is an advantage for the
business.
Keywords : Gross Profit, Sales, Price