#17484
SKRIPSI / AKUNTANSI 091 YUN p 2023 ISBN:19.661.061
Subjects:Akuntansi Keuangan dan Perbankan Kualitas Layanan, Keamanan, Kepercayaan, Kepuasan Nasabah.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEAMANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN BRI MOBILE PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), TBK DI KOTA SAMARINDA TAHUN 2023 --Ed.1
YUNIAR ANGRAENI / / /Politeknik Negeri Samarinda SAMARINDA 2023
xvi;67 hlm; ilus ; 29 cm Bahasa:IND
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEAMANAN, DAN
KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM
MENGGUNAKAN BRI MOBILE PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA
(PERSERO), TBK DI KOTA SAMARINDA TAHUN 2023
Nama : Yuniar Angraeni
NIM : 19 661 061
Dosen Pembimbing : Dr. H. Sabri Nurdin, S.E., M.M
Marwanto, S.E., Akt., M.Si.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara objektif
tentang Pengaruh Kualitas Layanan, Keamanan, dan Kepercayaan Terhadap
Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan BRI Mobile Pada PT Bank Rakyat
Indonesia (Persero), Tbk Di Kota Samarinda Tahun 2023.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear
berganda dengan rumus persamaan Y = 4,568 + 0,239 X1 + 0,399 X2 + 0,288 X3 .
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai Fhitung lebih besar nilainya dari Ftabel
sebesar (91,849 > 2,70) didukung dengan nilai sig 0,000 < 0,05, maka kualitas
layanan (X1), keamanan (X2), kepercayaan (X3) secara simultan memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y). Nilai R yang
diperoleh pada model regresi berganda sebesar 0,861 atau 86,1% dilihat pada
tabel interpretasi koefisien korelasi, maka secara keseluruhan variabel bebas
memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat terhadap kepuasan nasabah. Nilai
koefesien determinasi (R2
) yang diperoleh pada model regresi berganda sebesar
0,734 atau 73,4% artinya bahwa variabel bebas memiliki pengaruh terhadap
kepuasan nasabah sebesar 0,734 atau 73,4% dan sisanya sebesar 26,6%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Secara
parsial uji t dapat diketahui bahwa variabel kualitas layanan, keamanan, dan
kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.
‘Kata Kunci: Kualitas Layanan, Keamanan, Kepercayaan, Kepuasan Nasabah.
ix
THE EFFECT OF QUALITY OF SERVICE, SECURITY AND TRUST ON
CUSTOMER SATISFACTION IN USING BRI MOBILE AT PT BANK
RAKYAT INDONESIA (PERSERO), TBK IN THE CITY OF SAMARINDA IN
2023
Name : Yuniar Angraeni
NIM : 19 661 061
Supervisor : Dr. H. Sabri Nurdin, S.E., M.M
Marwanto, S.E., Akt., M.Si.
ABSTRACT
This study aims to objectively determine the effect of service quality,
security, and trust on customer satisfaction in using BRI Mobile at PT Bank
Rakyat Indonesia (Persero), Tbk in Samarinda City in 2023.
The analytical tool used in this study is multiple linear regression with the
equation Y = 4.568 + 0.239 X1 + 0.399 X2 + 0.288 X3 . The results of the study
concluded that the value of Fcount was greater than Ftable of (91.849 > 2.70)
supported by a sig value of 0.000 <0.05, then quality of service (X1), security
(X2), trust (X3) simultaneously had a positive influence and significant to
customer satisfaction (Y). The R value obtained in the multiple regression model
is 0.861 or 86.1% seen in the correlation coefficient interpretation table, so
overall the independent variables have a very strong relationship with customer
satisfaction. The coefficient of determination (R2
) obtained in the multiple
regression model is 0.734 or 73.4%, meaning that the independent variable has
an influence on customer satisfaction of 0.734 or 73.4% and the remaining 26.6%
is influenced by other factors that are not included in the this research. Partially
the t test can be seen that the variables of service quality, security, and trust have
a positive and significant effect on customer satisfaction.
'Keywords: service quality, security, trust, customer satisfaction.