#17482
SKRIPSI / AKUNTANSI 090 NIN p 2023 ISBN:19 661 008
Subjects:Akuntansi Keuangan dan Perbankan kualitas pelayanan, kenyamanan, promosi, dan kepuasan pelanggan
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KENYAMANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE MAXIM PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA --Ed.1
NINDY AULIA / / /Politeknik Negeri Samarinda SAMARINDA 2023
xvi;81 hlm ; ilus ; 29 cm Bahasa:IND
ENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KENYAMANAN, DAN PROMOSI
TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE MAXIM
PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
ABSTRAK
Adanya kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat untuk mencari transportasi,
di mana dulunya masyarakat harus ke pangkalan ojek/ terminal/ pangkalan
transportasi umum lainnya jika ingin berpergian. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kenyamanan, dan promosi terhadap
kepuasan pelanggan transportasi online Maxim pada mahasiswa Politeknik Negeri
Samarinda. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode
kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner
terhadap 100 responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji
hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel kenyamanan berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Sementara variabel promosi
tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil
penelitian ini juga menujukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, kenyamanan, dan
promosi secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan transportasi online Maxim.
Kata kunci : kualitas pelayanan, kenyamanan, promosi, dan kepuasan pelanggan
ix
THE EFFECT OF SERVICE QUALITY, COMFORT, AND PROMOTION ON
MAXIM ONLINE TRANSPORTATION CUSTOMER SATISFACTION FOR
SAMARINDA STATE POLYTECHNIC STUDENTS
ABSTRACT
There are difficulties faced by the community to find transportation, where in
the past people had to go to ojek bases / terminals / other public transportation bases if
they wanted to travel. This study aims to determine the effect of service quality, comfort,
and promotion on customer satisfaction of Maxim online transportation in Samarinda
State Polytechnic students. The research method used in this study is quantitative method.
The data collection technique was carried out by distributing questionnaires to 100
respondents. Data analysis using multiple linear regression and hypothesis testing using
the help of SPSS version 20. The results showed that service quality variables had a
positive and significant effect on customer satisfaction, comfort variables had a positive
and significant effect on customer satisfaction, while promotion variables did not have a
positive and significant effect on customer satisfaction. The results of this study also show
that the variables of service quality, comfort, and promotion simultaneously have a
positive and significant influence on customer satisfaction of Maxim online
transportation.
Keywords: service quality, comfort, promotion, and customer satisfaction