Skripsi
#17478
SKR/AKUNTANSI 088 WAR f 2023 ISBN:19 661 069

Subjects:akuntansi keuangan perbankan Produk, Pelayanan, Fasilitas dan Minat Menabungi

    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT NASABAH MENABUNG PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero), Tbk KOTA SAMARINDA --Ed. 1

    WARTI SUSAN SAID / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
    xviii; 66 hlm.; 20x29 cm.; ilus. Bahasa:Ind

    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT NASABAH
    MENABUNG PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero), Tbk
    KOTA SAMARINDA
    Nama : Warti Susan Said
    NIM : 19 661 069
    Dosen Pembimbing : 1. Dr. H. Omar Dhanny, S.E., M.Kom.
    2. Amiruddin, S.E., M.M.

    ABSTRAK
    Pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan dikarenakan adanya covid-19 pada
    tahun 2020. Pada saat ini, pemerintah melakukan pemulihan ekonomi di Indonesia dengan
    melakukan kerja sama terhadap bank untuk mengoptimalkan berbagai kebijakan moneter
    untuk mendukung pemulihan ekonomi. bank harus melakukan strategi dan beberapa
    inovasi dalam bank tersebut untuk mendapatkan nasabah yang akan berminat dalam
    menabung. Dengan meningkatnya perkembangan industri perbankan yang semakin pesat
    ini ditandai juga dengan adanya Bank Rakyat Indonesia menuntut bank konvensional untuk
    tahu apa kebutuhan dan bagaimana perilaku nasabah, sehingga nasabah tidak akan
    berpindah ke bank lainnya.
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan hubungan antara
    produk, pelayanan, dan fasilitas terhadap minat nasabah menabung PT Bank Rakyat
    Indonesia, Tbk Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang berupa
    nilai atau skor atas jawaban yang diberikan oleh responden terhadap pernyataan-pernyataan
    yang ada dalam kuisioner. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
    teknik kuesioner yang diukur dengan Skala Likert. Metode analisis data diuji dengan
    Statistical Product And Service Solution (SPSS). Jumlah sampel penelitian sebanyak 107
    responden.Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi
    klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji R2.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial produk, pelayanan, dan
    fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menabung. Secara
    simultan produk,pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
    nasabah menabung.
    Kata Kunci : Produk, Pelayanan, Fasilitas dan Minat Menabungix

    PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero), Tbk SAMARINDA CITY
    FACTORS AFFECTING CUSTOMER INTEREST IN SAVING
    Name : Warti Susan Said
    Id Number : 19 661 069
    Supervisor : 1. Dr. H. Omar Dhanny, S.E., M.Kom.
    2. Amiruddin, S.E., M.M.

    ABSTRACT
    Economic growth has decreased due to COVID-19 in 2020. Currently, the
    government is carrying out economic recovery in Indonesia by collaborating with banks to
    optimize various monetary policies to support economic recovery. Banks must carry out
    strategies and several innovations within the bank to attract customers who will be
    interested in saving. With the increasingly rapid development of the banking industry, this
    is also indicated by the presence of Bank Rakyat Indonesia, which requires conventional
    banks to know what the needs and behaviors of customers are so that customers will not
    move to other banks.
    This study aims to analyze and prove the relationship between products, services,
    and facilities and customers' interest in saving at PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk city
    Samarinda. This study uses quantitative data in the form of values or scores for the answers
    given by respondents to the statements in the questionnaire. Data collection techniques in
    this study used a questionnaire technique, which was measured by a Likert scale. The data
    analysis method was tested with the Statistical Product and Service Solution (SPSS). The
    number of research samples is 107. The analytical tools used are the validity test, reliability
    test, classic assumption test, multiple linear regression analysis test, t test, F test, and R2
    test.
    The results of the study show that products, services, and facilities have a positive
    and significant impact on customers' interest in saving. Simultaneously, products, services,
    and facilities have a positive and significant effect on customers' interest in saving.
    Keywords: Products, Services, Facilities and Interest in Saving