#17478
SKR/AKUNTANSI 088 WAR f 2023 ISBN:19 661 069
Subjects:akuntansi keuangan perbankan Produk, Pelayanan, Fasilitas dan Minat Menabungi
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT NASABAH MENABUNG PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero), Tbk KOTA SAMARINDA --Ed. 1
WARTI SUSAN SAID / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
xviii; 66 hlm.; 20x29 cm.; ilus. Bahasa:Ind
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT NASABAH
MENABUNG PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero), Tbk
KOTA SAMARINDA
Nama : Warti Susan Said
NIM : 19 661 069
Dosen Pembimbing : 1. Dr. H. Omar Dhanny, S.E., M.Kom.
2. Amiruddin, S.E., M.M.
ABSTRAK
Pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan dikarenakan adanya covid-19 pada
tahun 2020. Pada saat ini, pemerintah melakukan pemulihan ekonomi di Indonesia dengan
melakukan kerja sama terhadap bank untuk mengoptimalkan berbagai kebijakan moneter
untuk mendukung pemulihan ekonomi. bank harus melakukan strategi dan beberapa
inovasi dalam bank tersebut untuk mendapatkan nasabah yang akan berminat dalam
menabung. Dengan meningkatnya perkembangan industri perbankan yang semakin pesat
ini ditandai juga dengan adanya Bank Rakyat Indonesia menuntut bank konvensional untuk
tahu apa kebutuhan dan bagaimana perilaku nasabah, sehingga nasabah tidak akan
berpindah ke bank lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan hubungan antara
produk, pelayanan, dan fasilitas terhadap minat nasabah menabung PT Bank Rakyat
Indonesia, Tbk Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang berupa
nilai atau skor atas jawaban yang diberikan oleh responden terhadap pernyataan-pernyataan
yang ada dalam kuisioner. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
teknik kuesioner yang diukur dengan Skala Likert. Metode analisis data diuji dengan
Statistical Product And Service Solution (SPSS). Jumlah sampel penelitian sebanyak 107
responden.Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi
klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji R2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial produk, pelayanan, dan
fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menabung. Secara
simultan produk,pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
nasabah menabung.
Kata Kunci : Produk, Pelayanan, Fasilitas dan Minat Menabungix
PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero), Tbk SAMARINDA CITY
FACTORS AFFECTING CUSTOMER INTEREST IN SAVING
Name : Warti Susan Said
Id Number : 19 661 069
Supervisor : 1. Dr. H. Omar Dhanny, S.E., M.Kom.
2. Amiruddin, S.E., M.M.
ABSTRACT
Economic growth has decreased due to COVID-19 in 2020. Currently, the
government is carrying out economic recovery in Indonesia by collaborating with banks to
optimize various monetary policies to support economic recovery. Banks must carry out
strategies and several innovations within the bank to attract customers who will be
interested in saving. With the increasingly rapid development of the banking industry, this
is also indicated by the presence of Bank Rakyat Indonesia, which requires conventional
banks to know what the needs and behaviors of customers are so that customers will not
move to other banks.
This study aims to analyze and prove the relationship between products, services,
and facilities and customers' interest in saving at PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk city
Samarinda. This study uses quantitative data in the form of values or scores for the answers
given by respondents to the statements in the questionnaire. Data collection techniques in
this study used a questionnaire technique, which was measured by a Likert scale. The data
analysis method was tested with the Statistical Product and Service Solution (SPSS). The
number of research samples is 107. The analytical tools used are the validity test, reliability
test, classic assumption test, multiple linear regression analysis test, t test, F test, and R2
test.
The results of the study show that products, services, and facilities have a positive
and significant impact on customers' interest in saving. Simultaneously, products, services,
and facilities have a positive and significant effect on customers' interest in saving.
Keywords: Products, Services, Facilities and Interest in Saving