#17464
SKR/AKUTANSI 071 MUH p 2023 ISBN:19661019
Subjects:akuntansi keuangan perbankan konformitas, iklan, gaya hidup, minat beli.
PENGARUH KONFORMITAS, IKLAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI ONLINE MELALUI E-COMMERCE PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA --Ed. 1
Muhammmad Rival / / /Samarinda 2023
Bahasa:Ind
PENGARUH KONFORMITAS, IKLAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP
MINAT BELI ONLINE MELALUI E-COMMERCE PADA MAHASISWA
JURUSAN AKUNTASI POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
Nama : Muhammad Rival
NIM : 19 661 019
Dosen Pembimbing : 1. Zulfikar, S.E, M.SA (Humbis)., CAP
2. Yunus Tandirerung, S.E., M.SA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas, iklan,
dan gaya hidup terhadap minat beli online melalui e-commerce pada mahasiswa
Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method), dengan jenis data primer
melalui kuesioner dan wawancara. Responden pada penelitian ini adalah
mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda yang terdiri atas 120 responden.Variabel
Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah konformitas, iklan, dan
gaya hidup. Sedangkan variabel Dependen dalam penelitian ini adalah minat beli
online melalui e-commerce. Alat analisis digunakan adalah regresi linear berganda
dengan bantuan software Statistikal Product dan Services Solutions (SPSS) Versi
22. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel konformitas tidak berpengaruh dan
tidak signifikan terhadap minat beli online, variabel iklan juga tidak berpengaruh
dan tidak signifikan terhadap minat beli online, selanjutnya variabel gaya hidup
terbukti berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli online.Kemudian melalui
ui F ditemukan bahwa variabel konformitas, iklan dan gaya hidup secara simultan
terhadap minat beli online. Data Kuantitatif pada penelitian ini didukung oleh
hasil kualitatif, bahwa responden yang telah diwawancarai berpendapat bahwa
konformitas tidak berpengaruh terhadap minat beli online, iklan tidak berpengaruh
terhadap minat beli online, dan gaya hidup berpengaruh terhadap minat beli
online.Kemudian variabel konfromitas, iklan , dan gaya hidup berpengaruh secara
simultan terhadap minat beli online. Dengan demikian data kualitatif mendukung,
serta memperluas data kuantitatif yaitu dengan menambahkan faktor – faktor lain
yang mempengaruhi minat beli online melalui e-commerce pada mahasiswa
Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda.
Kata kunci : konformitas, iklan, gaya hidup, minat beli.ix
THE INFLUENCE OF CONFORMITY, ADVERTISING, AND
LIFESTYLE ON ONLINE BUYING INTEREST THROUGH ECOMMERCE TO STUDENTS MAJORING IN ACCOUNTING AT THE
SAMARINDA STATE POLYTHECNIC
Nama : Muhammad Rival
NIM : 19 661 019
Dosen Pembimbing : 1. Zulfikar, S.E, M.SA (Humbis)., CAP
2. Yunus Tandirerung, S.E., M.SA
ABSTRACT
This study aims to determine the influence of conformity, advertising and
lifestyle on online buying interest through e-commerce to students majoring in
accounting at the Samarinda State Polytechnic. This research uses a quantitative
and qualitative approach (mixed method), using primary data through
questionnaires dan interview. The respondents in this study were 120 students of
the Samarinda State Polytechnic. The Independent Variables used in this study
are conformity, advertising, and lifestyele. While the Dependent variable in this
study is online buying nterest through e-commerce. In this study, the analysis tool
used was multiple linear regression with the help of Statistikal Product dan
Services Solutions (SPSS) software Version 22.T test showed that conformity
variable is not influencing and significant to online buying interest, advertising
variable also not influencing and not significance to online buying interest, but
life style is influencing also singnificance to online buying interest . Futhermore,
conformity, advertising, and life style is simultaneously influencing and
significance to online buying interest. Quantitative data in this research is
supported with qualitative data, respondents that has been interviewed opinied
that conformity does not influencing online buying interest, advertising also
doesn’t influencing online buying interest, but life style is influencing online
buying interest. Confotmity, advertising,and life style simultaneously influencing
online buying interest.Kuantitative data that’s been supported with kualitatif data,
furthermore enhance, broaden the kuantitative data with mentioning other factors
that influencing online buying interest through e-commerce to students majoring
in accounting at the Samarinda State Polythecnic.
Keywords : conformity, advertising, and lifestyle, buying interest