Skripsi
#17464
SKR/AKUTANSI 071 MUH p 2023 ISBN:19661019

Subjects:akuntansi keuangan perbankan konformitas, iklan, gaya hidup, minat beli.

    PENGARUH KONFORMITAS, IKLAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI ONLINE MELALUI E-COMMERCE PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA --Ed. 1

    Muhammmad Rival / / /
    Samarinda 2023
    Bahasa:Ind

    PENGARUH KONFORMITAS, IKLAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP
    MINAT BELI ONLINE MELALUI E-COMMERCE PADA MAHASISWA
    JURUSAN AKUNTASI POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
    Nama : Muhammad Rival
    NIM : 19 661 019
    Dosen Pembimbing : 1. Zulfikar, S.E, M.SA (Humbis)., CAP
    2. Yunus Tandirerung, S.E., M.SA
    ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas, iklan,
    dan gaya hidup terhadap minat beli online melalui e-commerce pada mahasiswa
    Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda. Penelitian ini menggunakan
    pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method), dengan jenis data primer
    melalui kuesioner dan wawancara. Responden pada penelitian ini adalah
    mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda yang terdiri atas 120 responden.Variabel
    Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah konformitas, iklan, dan
    gaya hidup. Sedangkan variabel Dependen dalam penelitian ini adalah minat beli
    online melalui e-commerce. Alat analisis digunakan adalah regresi linear berganda
    dengan bantuan software Statistikal Product dan Services Solutions (SPSS) Versi
    22. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel konformitas tidak berpengaruh dan
    tidak signifikan terhadap minat beli online, variabel iklan juga tidak berpengaruh
    dan tidak signifikan terhadap minat beli online, selanjutnya variabel gaya hidup
    terbukti berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli online.Kemudian melalui
    ui F ditemukan bahwa variabel konformitas, iklan dan gaya hidup secara simultan
    terhadap minat beli online. Data Kuantitatif pada penelitian ini didukung oleh
    hasil kualitatif, bahwa responden yang telah diwawancarai berpendapat bahwa
    konformitas tidak berpengaruh terhadap minat beli online, iklan tidak berpengaruh
    terhadap minat beli online, dan gaya hidup berpengaruh terhadap minat beli
    online.Kemudian variabel konfromitas, iklan , dan gaya hidup berpengaruh secara
    simultan terhadap minat beli online. Dengan demikian data kualitatif mendukung,
    serta memperluas data kuantitatif yaitu dengan menambahkan faktor – faktor lain
    yang mempengaruhi minat beli online melalui e-commerce pada mahasiswa
    Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda.
    Kata kunci : konformitas, iklan, gaya hidup, minat beli.ix
    THE INFLUENCE OF CONFORMITY, ADVERTISING, AND
    LIFESTYLE ON ONLINE BUYING INTEREST THROUGH ECOMMERCE TO STUDENTS MAJORING IN ACCOUNTING AT THE
    SAMARINDA STATE POLYTHECNIC
    Nama : Muhammad Rival
    NIM : 19 661 019
    Dosen Pembimbing : 1. Zulfikar, S.E, M.SA (Humbis)., CAP
    2. Yunus Tandirerung, S.E., M.SA

    ABSTRACT
    This study aims to determine the influence of conformity, advertising and
    lifestyle on online buying interest through e-commerce to students majoring in
    accounting at the Samarinda State Polytechnic. This research uses a quantitative
    and qualitative approach (mixed method), using primary data through
    questionnaires dan interview. The respondents in this study were 120 students of
    the Samarinda State Polytechnic. The Independent Variables used in this study
    are conformity, advertising, and lifestyele. While the Dependent variable in this
    study is online buying nterest through e-commerce. In this study, the analysis tool
    used was multiple linear regression with the help of Statistikal Product dan
    Services Solutions (SPSS) software Version 22.T test showed that conformity
    variable is not influencing and significant to online buying interest, advertising
    variable also not influencing and not significance to online buying interest, but
    life style is influencing also singnificance to online buying interest . Futhermore,
    conformity, advertising, and life style is simultaneously influencing and
    significance to online buying interest. Quantitative data in this research is
    supported with qualitative data, respondents that has been interviewed opinied
    that conformity does not influencing online buying interest, advertising also
    doesn’t influencing online buying interest, but life style is influencing online
    buying interest. Confotmity, advertising,and life style simultaneously influencing
    online buying interest.Kuantitative data that’s been supported with kualitatif data,
    furthermore enhance, broaden the kuantitative data with mentioning other factors
    that influencing online buying interest through e-commerce to students majoring
    in accounting at the Samarinda State Polythecnic.
    Keywords : conformity, advertising, and lifestyle, buying interest