
#17432
SKR/AKUNTANSI 067 UMI p 2023 ISBN:19 661 005
Subjects:akuntansi keuangan perbankan Keputusan Pembelian, Kemudahan, Keamanan dan Kepercayaanix
PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA --Ed. 1
UMI SALAMAH / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
xviii; 96 hlm.; 20x29 cm.; ilus. Bahasa:Ind
PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN KEPERCAYAAN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
MELALUI APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA
POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
Nama Mahasiswa : Umi Salamah
NIM : 19.661.005
Dosen Pembimbing : 1. Achmad Rudzali, S.Si., M.Si
2. Chottam, S.E., M.Si
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan, keamanan,
dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Shopee pada
Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui kuesioner. Responden pada
penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda dengan kualifikasi
mahasiswa yang pernah menggunakan aplikasi Shopee. Variabel independen
penelitian ini yaitu Kemudahan, Keamanan, dan Kepercayaan, sedangkan variabel
dependen penelitian ini yaitu Keputusan Pembelian. Alat analisis yang digunakan
yaitu regresi linear berganda dengan bantuan Software Statistical Product and
Services Solutions (SPSS) versi 20. Penelitian ini menggunakan analisis regresi
linear berganda dengan persamaan Y = 4,788 + (0,324X1) + (0,156X2) +
(0,256X3). Koefisien regresi variabel Kemudahan (X1) memiliki nilai signifikan
0,000 <0,05 dengan nilai ttabel >thitung. Lalu variabel keamanan (X2) memiliki nilai
signifikan 1.29>0,05 dengan nilai thitung
Hasil penelitian juga menunjukan bahwa nilai fhitung lebih besar nilainya dari ftabel
sebesar (28,835 > 2,070) didukung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 Ho
diterima dan H4 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Kemudahan,
Keamanan, dan Kepercayaan secara simultan memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap Keputusan Pembelian pengguna Shopee.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Kemudahan, Keamanan dan Kepercayaan
THE INFLUENCE OF CONVENIENCE, SECURITY AND
TRUST ON PURCHASING DECISIONS THROUGH THE
SHOPEE APPLICATION ON SAMARINDA STATE
POLYTECHNIC STUDENTS
Nama : Umi Salamah
NIM : 19,661,005
Dosen Pembimbing: : 1. Achmad Rudzali, S.Si., M.Si
2. Chottam, SE., M.Si
ABSTRACT
This study aims to determine the influence of convenience, securit, and trust
on purchasing decisions through the Shopee application on Samarinda State
Polytechnic Students. This study uses a quantitative approach using primary data
through questionnaires. The respondents in this study were students of the
Samarinda State Polytechnic with student qualifications who had used the Shopee
application. The independent variables of this study are Convenience, Security
and Trust, while the dependent variables of this study are Purchasing Decisions.
The analysis tool used is multiple linear regression with the help of Software
Statistical Product and Services Solutions (SPSS) version 20. This study used
multiple linear regression analysis with the equation Y = 4.788 + (0.324X1) +
(0.156X2) + (0.256X3). The regression coefficient of the Ease variable (X1) has a
significant value of 0.000 <0.05 with the value of ttable >tcalculate. Then the
security variable (X2) has a significant value of 1.29>0.05 with a value of
tcount
accepted while for H2 they are rejected. The results also showed that the value of
fcalculate was greater than the ftable of (28.835 > 2.070) supported by a
significance value of 0.000 < 0.05 Ho accepted and H4 accepted so that it can be
concluded that the variables of Convenience, Security, and Trust simultaneously
have a positive and significant influence on the Purchase Decision of Shopee
users
Keyword: Purchasing Decisions, Convenience, Security and Trust