Skripsi
#17394
SKR/AKUNTANSI 164 TEN p 2023 ISBN:19 651 098

Subjects:Akuntansi Manajerial

    PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA DI KOTA SAMARINDA --Ed. 1

    A. TENRI ALIF / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
    xvi; 73 hlm.; 20x29 cm.; ilus. Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Menjadi produsen sangatlah penting untuk memahami kebutuhan,
    keinginan dan permintaan konsumen. Hal ini akan memberikan masukan penting
    perusahaan untuk merancang strategi pemasaran yang dilakukan untuk
    menciptakan kepuasan pada konsumen dan dapat menarik pelanggan baru dan tetap
    menjaga pelanggan yang lama tetap setia. Terdapat beberapa faktor yang
    mempengaruhi kepuasan konsumen seperti Harga, Kualitas pelayanan, dan
    Kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Harga,
    Kualitas Pelayanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen sepedamotor
    merek Yamaha di kota Samarinda.
    Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini
    adalah masyarakat kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan
    Accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 130 orang. Teknik
    pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner yang telah di uji validitas
    dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) harga tidak berpengaruh
    parsial terhadap kepuasan konsumen sepeda motor merek Yamaha di kota
    samarinda. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh parsial terhadap kepuasan
    konsumen sepeda motor merek Yamaha di kota Samarinda, (3) Kualitas produk
    berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sepeda motor merek Yamaha di kota
    Samarinda. (4) harga, Kualitas pelayanan, dan kualitas produk berpengaruh
    simultan terhadap kepuasan konsumen sepeda motor merek Yamaha di kota
    Samarinda. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kepuasan
    konsumen sepeda motor merek Yamaha di kota Samarinda maka perlu
    meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk dengan memberikan harga
    yang sesuai.
    Kata - Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepuasan
    Konsumen.
    ABSTRACT
    Keywords: Price, Service Quality, Product Quality and Consumer Satisfaction.
    Being a producer is very important to understand the needs, wants and
    demands of consumers. This will provide important input for companies to design
    marketing strategies to create customer satisfaction and be able to attract new
    customers and keep old customers loyal. There are several factors that affect
    consumer satisfaction such as price, service quality, and product quality. This study
    aims to determine the effect of price, service quality, and product quality on
    customer satisfaction of Yamaha brand motorcycles in Samarinda city.
    This research is a survey research. The population in this study is the
    people of Samarinda city. The sampling technique used accidental sampling with
    a total sample of 130 people. Data collection techniques use questionnaires or
    questionnaires that have been tested for validity and reliability. The data analysis
    technique used is multiple linear regression.
    The results of this study indicate that: (1) price has no partial effect on
    consumer satisfaction of Yamaha brand motorcycles in Samarinda. (2) Service
    quality has a partial effect on customer satisfaction for Yamaha brand motorcycles
    in Samarinda city, (3) Product quality has an effect on customer satisfaction for
    Yamaha brand motorcycles in Samarinda city. (4) price, service quality, and
    product quality have a simultaneous effect on consumer satisfaction of Yamaha
    brand motorcycles in Samarinda city. The conclusion of this study is to increase
    consumer satisfaction for Yamaha brand motorcycles in Samarinda city, it is
    necessary to improve service quality and product quality by providing appropriate
    prices.