
#17394
SKR/AKUNTANSI 164 TEN p 2023 ISBN:19 651 098
Subjects:Akuntansi Manajerial
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA DI KOTA SAMARINDA --Ed. 1
A. TENRI ALIF / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
xvi; 73 hlm.; 20x29 cm.; ilus. Bahasa:Ind
ABSTRAK
Menjadi produsen sangatlah penting untuk memahami kebutuhan,
keinginan dan permintaan konsumen. Hal ini akan memberikan masukan penting
perusahaan untuk merancang strategi pemasaran yang dilakukan untuk
menciptakan kepuasan pada konsumen dan dapat menarik pelanggan baru dan tetap
menjaga pelanggan yang lama tetap setia. Terdapat beberapa faktor yang
mempengaruhi kepuasan konsumen seperti Harga, Kualitas pelayanan, dan
Kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Harga,
Kualitas Pelayanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen sepedamotor
merek Yamaha di kota Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini
adalah masyarakat kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan
Accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 130 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner yang telah di uji validitas
dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) harga tidak berpengaruh
parsial terhadap kepuasan konsumen sepeda motor merek Yamaha di kota
samarinda. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh parsial terhadap kepuasan
konsumen sepeda motor merek Yamaha di kota Samarinda, (3) Kualitas produk
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sepeda motor merek Yamaha di kota
Samarinda. (4) harga, Kualitas pelayanan, dan kualitas produk berpengaruh
simultan terhadap kepuasan konsumen sepeda motor merek Yamaha di kota
Samarinda. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kepuasan
konsumen sepeda motor merek Yamaha di kota Samarinda maka perlu
meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk dengan memberikan harga
yang sesuai.
Kata - Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepuasan
Konsumen.
ABSTRACT
Keywords: Price, Service Quality, Product Quality and Consumer Satisfaction.
Being a producer is very important to understand the needs, wants and
demands of consumers. This will provide important input for companies to design
marketing strategies to create customer satisfaction and be able to attract new
customers and keep old customers loyal. There are several factors that affect
consumer satisfaction such as price, service quality, and product quality. This study
aims to determine the effect of price, service quality, and product quality on
customer satisfaction of Yamaha brand motorcycles in Samarinda city.
This research is a survey research. The population in this study is the
people of Samarinda city. The sampling technique used accidental sampling with
a total sample of 130 people. Data collection techniques use questionnaires or
questionnaires that have been tested for validity and reliability. The data analysis
technique used is multiple linear regression.
The results of this study indicate that: (1) price has no partial effect on
consumer satisfaction of Yamaha brand motorcycles in Samarinda. (2) Service
quality has a partial effect on customer satisfaction for Yamaha brand motorcycles
in Samarinda city, (3) Product quality has an effect on customer satisfaction for
Yamaha brand motorcycles in Samarinda city. (4) price, service quality, and
product quality have a simultaneous effect on consumer satisfaction of Yamaha
brand motorcycles in Samarinda city. The conclusion of this study is to increase
consumer satisfaction for Yamaha brand motorcycles in Samarinda city, it is
necessary to improve service quality and product quality by providing appropriate
prices.