#17312
SKR/AKUNTANSI 139 NAS p 2023 ISBN:19651029
Subjects:Akuntansi Manajerial PERSEPSI PELAKU UMKM; PENGETAHUAN AKUNTANSI
PENGARUH PERSEPSI PELAKU UMKM, PENGETAHUAN AKUNTANSI, SKALA USAHA, DAN PELATIHAN AKUNTANSI TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI --Ed. 1
Nasya Ramadhani Eka Putri / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
xv., 79 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh
persepsi pelaku UMKM, pengetahuan akuntansi, skala usaha dan pelatihan
akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi. Populasi dalam penelitian ini
adalah UMKM yang tersebar di Kota Samarinda. Sampel dalam penelitian ini
adalah 114 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis statistik deskriptif dengan metode regresi berganda dengan software IBM
SPSS Version 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pelaku
UMKM berpengaruh signifikan dengan nilai sig sebesar 0,024 dan nilai t hitung
sebesar 2,286, pengetahuan akuntansi berpengaruh signifikan dengan nilai sig
sebesar 0,007 dan nilai t hitung sebesar 2,763, skala usaha berpengaruh signifikan
dengan nilai sig sebesar 0,001 dan nilai t hitung sebesar -3,442, dan pelatihan
akuntansi berpengaruh signifikan dengan nilai sig sebesar 0,000 dan nilai t hitung
sebesar 5,818.
Kata-kata kunci : Persepsi Pelaku UMKM, Pengetahuan Akuntansi, Skala usaha,
Pelatihan akuntansi dan Penggunaan Informasi Akuntansi.ix
ABSTRACT
This study aims to analyze and describe the influence of perceptions of
MSME actors, accounting knowledge, business scale and accounting training on
the use of accounting information. The population in this study is MSMEs spread
across Samarinda City. The sample in this study was 114 respondents. The
method used in this study is the simple random sampling method. The data
analysis technique used is descriptive statistical analysis with multiple regression
method with IBM SPSS Version 25 software. The results of this study show that
the perception of MSME actors has a significant effect with a sig value of 0.024
and The calculated t value is 2.286, accounting knowledge has a significant effect
with a GIS value of 0.007 and a calculated t value of 2.763, a business scale has a
significant effect with a GIS value of 0.001 and a calculated t value of -3.442, and
accounting training has a significant effect with a GIS value of 0.000 and a
calculated t value of 5.818.
Key words: Perception of MSME Actors, Accounting Knowledge, Business scale,
Accounting training and Use of Accounting Information.