Skripsi
#17312
SKR/AKUNTANSI 139 NAS p 2023 ISBN:19651029

Subjects:Akuntansi Manajerial PERSEPSI PELAKU UMKM; PENGETAHUAN AKUNTANSI

    PENGARUH PERSEPSI PELAKU UMKM, PENGETAHUAN AKUNTANSI, SKALA USAHA, DAN PELATIHAN AKUNTANSI TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI --Ed. 1

    Nasya Ramadhani Eka Putri / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
    xv., 79 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh
    persepsi pelaku UMKM, pengetahuan akuntansi, skala usaha dan pelatihan
    akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi. Populasi dalam penelitian ini
    adalah UMKM yang tersebar di Kota Samarinda. Sampel dalam penelitian ini
    adalah 114 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
    metode simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah
    analisis statistik deskriptif dengan metode regresi berganda dengan software IBM
    SPSS Version 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pelaku
    UMKM berpengaruh signifikan dengan nilai sig sebesar 0,024 dan nilai t hitung
    sebesar 2,286, pengetahuan akuntansi berpengaruh signifikan dengan nilai sig
    sebesar 0,007 dan nilai t hitung sebesar 2,763, skala usaha berpengaruh signifikan
    dengan nilai sig sebesar 0,001 dan nilai t hitung sebesar -3,442, dan pelatihan
    akuntansi berpengaruh signifikan dengan nilai sig sebesar 0,000 dan nilai t hitung
    sebesar 5,818.
    Kata-kata kunci : Persepsi Pelaku UMKM, Pengetahuan Akuntansi, Skala usaha,
    Pelatihan akuntansi dan Penggunaan Informasi Akuntansi.ix

    ABSTRACT
    This study aims to analyze and describe the influence of perceptions of
    MSME actors, accounting knowledge, business scale and accounting training on
    the use of accounting information. The population in this study is MSMEs spread
    across Samarinda City. The sample in this study was 114 respondents. The
    method used in this study is the simple random sampling method. The data
    analysis technique used is descriptive statistical analysis with multiple regression
    method with IBM SPSS Version 25 software. The results of this study show that
    the perception of MSME actors has a significant effect with a sig value of 0.024
    and The calculated t value is 2.286, accounting knowledge has a significant effect
    with a GIS value of 0.007 and a calculated t value of 2.763, a business scale has a
    significant effect with a GIS value of 0.001 and a calculated t value of -3.442, and
    accounting training has a significant effect with a GIS value of 0.000 and a
    calculated t value of 5.818.
    Key words: Perception of MSME Actors, Accounting Knowledge, Business scale,
    Accounting training and Use of Accounting Information.