#17240
TA/JUR.KEMARITIMAN 068 WAH f 2023 ISBN:20624064
Subjects:Kemaritiman Penelitian
FAKTOR PENGHAMBAT KEBERANGKATAN KAPAL TUG BOAT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN KEAGENAN PADA PT WASESA LINE CABANG BALIKPAPAN --
WAHYU SURAHMAN / / /Samarinda 2023
xiv; 39 h; ilus 29 cm Bahasa:Ind
ABSTRAK
Clearance Out kapal merupakan kegiatan berlayarnya sebuah kapal port clearance atau
surat persetujuan berlayar. Menurut (Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 82
Tahun 2014) Surat Persetujuan Berlayar adalah dokumen negara yang dikeluarkan oleh
Syahbandar kepada setiap kapal yang akan berlayar. Faktor penghambat keberangkatan
kapal tug boat terhadap kinerja perusahaan keagenan pada PT Wasesa Line cabang
Balikpapan menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
faktor penghambat keberangkatan kapal tug boat di PT Wa s e s a L i n e Balikpapan
dan untuk mengetahui biaya kerugian jasa labuh yang dikenakan kapal tug boat yang
terhambat berangkat di PT Wasesa Line Cabang Balikpapan. Rumusan masalah
penelitian ini adalah Apa saja faktor penghambat keberangkatan kapal tug boat di PT
W a s e s a L i n e Balikpapan dan Berapa biaya kerugian jasa labuh yang dikenakan kapal
tug boat yang terhambat berangkat di PT Wasesa Line Cabang Balikpapan. Data
penelitian ini adalah berupa dokumen dan pernyataan narasumber yang memuat relevansi
dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian ini adalah bahwa faktor penghambat
keterlambatan keberangkatan pada TB. Putra Rupat III adalah adanya dokumen sertifikat
dari Kesyahbandaran dan dokumen shipper yang belum terseleaikan. Upaya mencegah
keterlambatan keberangkatan pada TB. Putra Rupat III adalah Memperpanjang Sertifikat
Safe Manning Yang Tidak Berlaku Secara Tepat Waktu dan Menjalin Komunikasi Secara
Intensif Antara Pihak Keagenan dan Shipper.
ABSTRACT
Ship Clearance Out is the activity of sailing a port clearance ship or sailing approval
letter. According to (Regulation of the Minister of Transportation Number PM 82 of
2014) Sailing Approval Letters are state documents issued by Syahbandar to every ship
that will sail. The inhibiting factors for tug boat departures on agency company
performance at PT Wasesa Line Balikpapan branch are the focus of this research. This
study aims to determine the inhibiting factors for the departure of tug boats at PT Wasesa
Line Balikpapan and to determine the costs of docking services that are subject to delays
for tug boats departing at PT Wasesa Line Balikpapan Branch. The formulation of the
research problem is What are the inhibiting factors for the departure of tug boats at PT
Wasesa Line Balikpapan and What are the fees for anchoring services incurred by tug
boats that are hampered from departing at PT Wasesa Line Balikpapan Branch. The
research data is in the form of documents and statements of informants which contain
relevance to the research problem. The results of this study are that the inhibiting factor
for late departure is TB. Rupat III's son is that there are certificate documents from the
Kesyahbandaran and shipper documents that have not been completed. Efforts to prevent
delays in departure on TB ships. Putra Rupat III is extending the Safe Manning
Certificate which is not valid in a timely manner and establishing intensive
communication between the agency and the shipper.