#17144
TA/JUR.PS.TEKNIK KOMPUTER 022 MON p 2023 ISBN:20 615 016
Subjects:TEKNIK KOMPUTER Penelitian
PENERAPAN PEMILIHAN MATA PELAJARAN PALING DIMINATI PADA KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN METODE AHP Studi Kasus : SMA Negeri 7 Samarinda --
MONICA TRIJURIA / / /Samarinda 2023
xvii; 64 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind
ABSTRAK
Kurikulum Merdeka merupakan sebuah pendekatan inovatif dalam dunia
pendidikan yang memberikan kebebasan untuk memilih mata pelajaran yang paling
diminati oleh siswa. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk
mengidentifikasi dan memprioritaskan mata pelajaran yang paling diminati oleh
siswa dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria yang relevan, seperti minat bakat,
nilai akademik, peluang karir, dan ketersediaan sumber daya. Penelitian ini
menggunakan kualitatif dengan melibatkan guru dan siswa sebagai responden.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan
bahwa alternatif A2 merupakan alternatif peringkat pertama sebagai mata pelajaran
yang paling diminati oleh siswa di SMA Negeri 7 Samarinda. Penelitian ini
diharapkan dapat menjadi suatu pertimbangan bagi SMAN 7 Samarinda dalam
menentukan prioritas mata pelajaran yang akan ditawarkan di sekolah.
Kata kunci : Mata pelajaran, metode Analytical Hierarchy Process (AHP), SMA
Negeri 7 Samarinda
ABSTRACT
Merdeka Curriculum is an innovative approach in the world of education
that gives students the freedom to choose the subjects they are most interested in.
The Analytical Hierarchy Process (AHP) method is used to identify and prioritize
subjects that students are most interested in by considering relevant criteria, such
as talent interests, academic grades, career opportunities, and availability of
resources. This research uses qualitative by involving teachers and students as
respondents. Based on the results of the research that has been done, it can be
concluded that the A2 alternative is the first ranked alternative as the subject most
in demand by students at SMA Negeri 7 Samarinda. This research is expected to be
a consideration for SMAN 7 Samarinda in determining priority subjects to be
offered at school.
Keywords: Subjects, Analytical Hierarchy Process (AHP) method, SMA Negeri 7
Samarinda