Final_Project
#17144
TA/JUR.PS.TEKNIK KOMPUTER 022 MON p 2023 ISBN:20 615 016

Subjects:TEKNIK KOMPUTER Penelitian

    PENERAPAN PEMILIHAN MATA PELAJARAN PALING DIMINATI PADA KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN METODE AHP Studi Kasus : SMA Negeri 7 Samarinda --

    MONICA TRIJURIA / / /
    Samarinda 2023
    xvii; 64 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Kurikulum Merdeka merupakan sebuah pendekatan inovatif dalam dunia
    pendidikan yang memberikan kebebasan untuk memilih mata pelajaran yang paling
    diminati oleh siswa. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk
    mengidentifikasi dan memprioritaskan mata pelajaran yang paling diminati oleh
    siswa dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria yang relevan, seperti minat bakat,
    nilai akademik, peluang karir, dan ketersediaan sumber daya. Penelitian ini
    menggunakan kualitatif dengan melibatkan guru dan siswa sebagai responden.
    Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan
    bahwa alternatif A2 merupakan alternatif peringkat pertama sebagai mata pelajaran
    yang paling diminati oleh siswa di SMA Negeri 7 Samarinda. Penelitian ini
    diharapkan dapat menjadi suatu pertimbangan bagi SMAN 7 Samarinda dalam
    menentukan prioritas mata pelajaran yang akan ditawarkan di sekolah.
    Kata kunci : Mata pelajaran, metode Analytical Hierarchy Process (AHP), SMA
    Negeri 7 Samarinda
    ABSTRACT
    Merdeka Curriculum is an innovative approach in the world of education
    that gives students the freedom to choose the subjects they are most interested in.
    The Analytical Hierarchy Process (AHP) method is used to identify and prioritize
    subjects that students are most interested in by considering relevant criteria, such
    as talent interests, academic grades, career opportunities, and availability of
    resources. This research uses qualitative by involving teachers and students as
    respondents. Based on the results of the research that has been done, it can be
    concluded that the A2 alternative is the first ranked alternative as the subject most
    in demand by students at SMA Negeri 7 Samarinda. This research is expected to be
    a consideration for SMAN 7 Samarinda in determining priority subjects to be
    offered at school.
    Keywords: Subjects, Analytical Hierarchy Process (AHP) method, SMA Negeri 7
    Samarinda