
#17130
SKR/AKUNTANSI 007AIN p 2023 ISBN: 19.651.010
Subjects:akuntansi PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL
PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Masyarakat Sekitar PT Sungai Berlian Mahakam Kec. Muara Badak Kab. Kutai Kartanegara) --Ed.1
AININ RAHMAH SARI / / /Politeknik Negeri Samarinda SAMARINDA 2023
xvii; 91 h; ilus; 23 cm Bahasa:IND
PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
(CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN
(Studi Kasus Pada Masyarakat Sekitar PT Sungai Berlian Mahakam)
Nama Mahasiswa : Ainin Rahmah Sari
NIM : 19651010
Dosen Pembimbing : 1. Fariyanti S.E., M.Si
2. Fatahul Rahman S.E., M.Si., Ak., CA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui Pengaruh Penerapan
Corporate Social Responsibility (CSR) khususnya pada sosial dan lingkungan secara parsial
maupun simultan terhadap Citra Perusahaan pada PT Sungai Berlian Mahakam. Melalui berbagai
aktivitasnya tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) merupakan kepedulian perusahaan terhadap
kepentingan pihak-pihak lain secara lebih luas daripada hanya sekedar kepentingan itu sendiri.
Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) merujuk pada semua hubungan yang terjadi antara
sebuah perusahaan dengan semua stakeholder, Corporate Social Responsibility (CSR) juga
merupakan salah satu cara merawat lingkungan eksternal perusahaan yang berkaitan dengan
lingkungan, standar masyarakat, partisipasi pembangunan, dan bentuk tanggung jawab sosial
lingkungan lainnya. Tanggung jawab perusahaan juga menjadi bentuk kewajiban perusahaan
dalam rangka kelembagaan perusahaan yang taat hukum dan bermuara pada kebutuhan dan
kepentingan pemangku kepentingan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Data
penelitian ini diperoleh melalui kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda dengan bantuan IBM SPSS versi 22 untuk mengetahui pengaruh variabel independen
terhadap variabel dependen, kemudian sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Desa Tanah
Datar yang berjumlah 96 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bidang sosial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan dan bidang lingkungan tidak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Aspek Sosial, Aspek Lingkungan, Citra
Perusahaan
viii
THE INFLUENCE OF THE IMPLEMENTATION OF CORPORATE
SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) ON CORPORATE IMAGE
(Case Study In Communities Around PT Sungai Berlian Mahakam)
Name : Ainin Rahmah Sari
Student ID Number : 19651010
Supervisor Lecturer : 1. Fariyanti S.E., M.Si.
2. Fatahul Rahman S.E., M.Si., Ak., CA.
ABSTRACT
This study aims to identify and determine the influence of the implementation of Corporate
Social Responsibility (CSR), especially on social and environmental aspects partially or
simultaneously on corporate image at PT Sungai Berlian Mahakam. Through its various activities,
corporate social responsibility (CSR) is the company's concern for the interests of other parties
more broadly than just the interests themselves. Corporate social responsibility (CSR) refers to all
relationships that occur between a company and all stakeholders, Corporate Social Responsibility
(CSR) is also a way of caring for the company's external environment related to the environment,
community standards, development participation, and other forms of responsibility. other social
environment. Corporate responsibility is also a form of corporate obligation in the framework of
corporate institutions that are law-abiding and lead to the needs and interests of the company's
stakeholders. This research uses quantitative methods. Data collection techniques were carried
out by observation, questionnaires and literature studies. The research data was obtained through
a questionnaire. The analysis used was multiple linear regression analysis with the help of IBM
SPSS version 22 to determine the effect of the independent variables on the dependent variable,
then the sample in this study was the people of Tanah Datar Village who are around the company.
The results of this research indicate that the social sector has a positive and significant effect on
corporate image and the environmental sector has no positive and significant effect on corporate
image.
Keywords : Corporate Social Responsibility, Social Aspects, Environmental Aspects, Corporate
Image