Skripsi
#17130
SKR/AKUNTANSI 007AIN p 2023 ISBN: 19.651.010

Subjects:akuntansi PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL

    PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Masyarakat Sekitar PT Sungai Berlian Mahakam Kec. Muara Badak Kab. Kutai Kartanegara) --Ed.1

    AININ RAHMAH SARI / / /
    Politeknik Negeri Samarinda SAMARINDA 2023
    xvii; 91 h; ilus; 23 cm Bahasa:IND

    PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
    (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN
    (Studi Kasus Pada Masyarakat Sekitar PT Sungai Berlian Mahakam)
    Nama Mahasiswa : Ainin Rahmah Sari
    NIM : 19651010
    Dosen Pembimbing : 1. Fariyanti S.E., M.Si
    2. Fatahul Rahman S.E., M.Si., Ak., CA
    ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui Pengaruh Penerapan
    Corporate Social Responsibility (CSR) khususnya pada sosial dan lingkungan secara parsial
    maupun simultan terhadap Citra Perusahaan pada PT Sungai Berlian Mahakam. Melalui berbagai
    aktivitasnya tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) merupakan kepedulian perusahaan terhadap
    kepentingan pihak-pihak lain secara lebih luas daripada hanya sekedar kepentingan itu sendiri.
    Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) merujuk pada semua hubungan yang terjadi antara
    sebuah perusahaan dengan semua stakeholder, Corporate Social Responsibility (CSR) juga
    merupakan salah satu cara merawat lingkungan eksternal perusahaan yang berkaitan dengan
    lingkungan, standar masyarakat, partisipasi pembangunan, dan bentuk tanggung jawab sosial
    lingkungan lainnya. Tanggung jawab perusahaan juga menjadi bentuk kewajiban perusahaan
    dalam rangka kelembagaan perusahaan yang taat hukum dan bermuara pada kebutuhan dan
    kepentingan pemangku kepentingan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
    Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Data
    penelitian ini diperoleh melalui kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier
    berganda dengan bantuan IBM SPSS versi 22 untuk mengetahui pengaruh variabel independen
    terhadap variabel dependen, kemudian sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Desa Tanah
    Datar yang berjumlah 96 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bidang sosial
    berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan dan bidang lingkungan tidak
    berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan.
    Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Aspek Sosial, Aspek Lingkungan, Citra
    Perusahaan
    viii
    THE INFLUENCE OF THE IMPLEMENTATION OF CORPORATE
    SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) ON CORPORATE IMAGE
    (Case Study In Communities Around PT Sungai Berlian Mahakam)
    Name : Ainin Rahmah Sari
    Student ID Number : 19651010
    Supervisor Lecturer : 1. Fariyanti S.E., M.Si.
    2. Fatahul Rahman S.E., M.Si., Ak., CA.
    ABSTRACT
    This study aims to identify and determine the influence of the implementation of Corporate
    Social Responsibility (CSR), especially on social and environmental aspects partially or
    simultaneously on corporate image at PT Sungai Berlian Mahakam. Through its various activities,
    corporate social responsibility (CSR) is the company's concern for the interests of other parties
    more broadly than just the interests themselves. Corporate social responsibility (CSR) refers to all
    relationships that occur between a company and all stakeholders, Corporate Social Responsibility
    (CSR) is also a way of caring for the company's external environment related to the environment,
    community standards, development participation, and other forms of responsibility. other social
    environment. Corporate responsibility is also a form of corporate obligation in the framework of
    corporate institutions that are law-abiding and lead to the needs and interests of the company's
    stakeholders. This research uses quantitative methods. Data collection techniques were carried
    out by observation, questionnaires and literature studies. The research data was obtained through
    a questionnaire. The analysis used was multiple linear regression analysis with the help of IBM
    SPSS version 22 to determine the effect of the independent variables on the dependent variable,
    then the sample in this study was the people of Tanah Datar Village who are around the company.
    The results of this research indicate that the social sector has a positive and significant effect on
    corporate image and the environmental sector has no positive and significant effect on corporate
    image.
    Keywords : Corporate Social Responsibility, Social Aspects, Environmental Aspects, Corporate
    Image