
#17121
SKR/AKUNTANSI 064 NUR p 2023 ISBN:19 661 009
Subjects:Akuntansi Perbankan Fitur layanan, manfaat dan keamananix
PENGARUH FITUR LAYANAN, MANFAAT DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENGGUNAKAN APLIKASI DALAM GENGGAMAN (DG)BANKALTIMTARA CABANG TENGGARONG --Ed.1
NURKHOLIK MAJID / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
xvi; 71 hlm.; 20x29 cm.; ilus.; CD. Bahasa:Ind
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Fitur Layanan, Manfaat
dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Aplikasi Dalam
Denggaman (DG) Bankaltimtara cabang Tenggarong. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data primer melalui kuesioner.
Responden pada penelitian ini adalah nasabah Bankaltimtara cabang Tenggarong
dengan kualifikasi yang menggunakan Aplikasi Dalam Genggaman (DG)
Bankaltimtara. Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Fitur layanan, Manfaat dan Keamanan. Sedangkan variabel dependen dalam
penelitian ini adalah Kepuasan Nasabah. Pada penelitian ini alat analisis yang
digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan Software Statistical
Product and Servies Solutions (SPSS) versi 20. Penelitian ini menggunakan analisis
regresi linear berganda dengan persamaan Y = 3,672+0,332 X1 + 0,545 X2 + 0,166
X3. Koefisien regresi variabel fitur layanan (X1) memiliki nilai thitung > ttabel (4,523
> 1,977) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Variabel manfaat (X2) memiliki nilai
thitung > ttabel (9,021 > 1,977) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Variabel
keamanan (X3) memiliki nilai thitung > ttabel (2,797 > 1,977) dengan nilai signifikan
0,006 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H1, H2 dan H3 diterima. Hasil
penelitian ini juga menunjukan bahwa nilai fhitung lebih besar nilainya dari ftable
sebesar (53,745 > 3,060) didukung dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka H0
diterima dan H4 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel fitur layanan,
manfaat dan keamanan secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan nasabah menggunakan Aplikasi Dalam Genggaman (DG)
Bankaltimtara Cabang Tenggarong.
Kata kunci: Fitur layanan, manfaat dan keamananix
ABSTRACT
This study aims to determine the Effect of Service Features, Benefits and
Security on Customer Satisfaction Using the Application in Denggaman (DG)
Bankaltimtara Tenggarong branch. This study used a quantitative approach, using
primary data through questionnaires. The respondents in this study were
Bankaltimtara Tenggarong branch customers with qualifications who used the
Bankaltimtara In Hand Application (DG). The Independent Variables used in this
study were Service Features, Benefits and Safety. While the dependent variable in
this study is Customer Satisfaction. In this study, the analysis tool used was multiple
linear regression with the help of Software Statistical Product and Servies Solutions
(SPSS) version 20. This study used multiple linear regression analysis with the
equation Y = 3.672 + 0.332 X1 + 0.545 X2 + 0.166 X3. The regression coefficient
of the service feature variable (X1) has a calculated value of ttable > (4.523 >
1.977) with a significant value of 0.000 < 0.05. The benefit variable (X2) has a
calculated value of > ttable (9.021 > 1.977) with a significant value of 0.000 <
0.05. The security variable (X3) has a calculated value of > ttable (2.797 > 1.977)
with a significant value of 0.006 < 0.05. Then it can be concluded that H1, H2 and
H3 are accepted. The results of this study also show that the value of fcalculate is
greater than the ftable of (53.745 > 3.060) supported by a significant value of 0.000
< 0.05, then H0 is accepted and H4 is accepted so that it can be concluded that the
variables of service features, benefits and security simultaneously have a positive
and significant influence on customer satisfaction using the Bankaltimtara
Tenggarong Branch In Hand Application (DG).
Keywords: Fitur service, benefits and safety