
#17110
SKR/AKUNTANSI MANAJERIAL 028 SAR p 2023 ISBN:19 661 083
Subjects:Akuntansi Manajerial Kualitas pelayanan, pengetahuan dan promosi, keputusan
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGETAHUAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU SAMARINDA SEBERANG --Ed. 1
SARTIKA MINTIN KALUA / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
xv., 79 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan,
pengetahuan dan promosi terhadap keputusan menabung. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data primer melalui kuesioner. Variabel
independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan,
pengetahuan dan promosi. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah
keputusan menabung. Pada penelitian ini alat analisis yang digunakan adalah regresi
linear berganda dengan bantuan software Statistical Product and Service Solutions
(SPSS) Versi 26.0. Meliputi uji validitas dengan r hitung > r tabel sebesar (0,2272)
dan bernilai positif, uji reliabilitas dari kualitas pelayanan (X1), pengetahuan (X2),
promosi (X3) dan keputusan menabung (Y) memiliki nilai yang reliabel. Uji asumsi
klasik, uji regresi linear berganda, pengujian hipotesis melalui uji t untuk kualitas
pelayanan bernilai (4.121), pengetahuan bernilai (4.607) dan promosi bernilai (2.041)
dan uji F hitung bernilai (81.677), serta uji koefisien determinasi (R2) Adjusted R
Square bernilai (0.766) menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan,
pengetahuan dan promosi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan menabung pada Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Samarinda
Seberang.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, pengetahuan dan promosi, keputusan
menabungx
ABSTRACT
This study aims to analyze the effect of service quality, knowledge and
promotion on saving decisions. This study uses a quantitative approach, using
primary data through questionnaires. Te independent variables used in this
research are service quality, knowledge and promotion. While the dependent
variable in this study is the decision to save. In this study, the analytical tool used
was multiple linear regression with the help of Statistical Product and Service
Solutions (SPSS) software Version 26.0. Includes a validity test with r count > r
table of (0.2272) and a positive value, reliability tests of service quality (X1),
knowledge (X2), promotion (X3) and saving decisions (Y) have reliable values.
Classical assumption test, multiple linear regression test, hypothesis testing
through t test for service quality value (4.121), value knowledge (4.607) and
promotion value (2.041) and value arithmetic f test (81.677) and test the
coefficient of determination (R2) Adjusted R Square is worth (0.766) indicating
that the variables of service quality, knowledge and promotion have proven to
have a positive and significant effect on the decision to save at Bank Mandir
samarinda Seberang Sub-Branch Office.
Keywords : Quality of service, knowledge, promotion and saving decisions