Skripsi
#17052
SKRIPSI/JUR.TI.PS.MULTIMEDIA 040 RIZ i 2023 ISBN:19 665 035

Subjects:Multimedia Penelitian

    IMPLEMENTASI TEKNIK CINEMATOGRAPHY DALAM PEMBUATAN VIDEO REPRESENTASI SELF-LOVE --

    RIZKIA ADINDA PUTRI / / /
    Samarinda 2023
    xvii: 88 h; ilus; 29 CM Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Pada zaman yang semakin modern dan maju saat ini, terdapat banyak cara
    untuk menyampaikan pesan atau makna, namun kebanyakan dari cara tersebut
    kurang menarik bagi masyarakat umum. Oleh karena itu, dibutuhkan media
    penyampaian yang lebih praktis dan efisien seperti pembuatan video musik,
    yang merupakan media yang paling efektif di era digital.
    Self love atau mencintai sendiri merupakan hal yang masih cukup tabu di
    kalangan masyarakat, khususnya remaja. masih banyak sekali orang yang
    menderita sendirian dan tidak punya tempat bersandar yang pada akhirnya
    memilih untuk mencari pelarian kearah yang negatif. Kasus seperti ini kerap
    sekali terjadi di negara maju maupun berkembang. Disinilah yang kemudian
    menjadi salah satu masalah utama terkait dengan masalah sosial tersebut,
    Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan pesan self-love yang
    ingin disampaikan melalui lagu dan video klip tersebut. Hasil penelitian ini
    menunjukkan bahwa dalam proses pembuatan video klip love yourself ini
    terdapat tiga proses yakni : proses pra-produksi dimana sutradara terlebih
    dahulu menyiapkan storyboard guna mempermudah proses syuting, kemudian
    mengumpulkan dokumentasi yang telah ada, selanjutnya proses produksi yaitu
    data dokumentasi mulai memasuki tahap pemotongan video yang akan di
    gunakan untuk keperluan editing.
    Lalu yang terakhir adalah proses pasca produksi, dimana hasil video akan
    dievaluasi kembali.
    Kata kunci : Video Musik, Self-Love, Promosi, Sinematik, Penyuntingan
    ABSTRACT
    In this increasingly modern and advanced era, there are many ways to convey
    messages or meanings, but most of these methods are less appealing to the general
    public. Therefore, a more practical and efficient medium of communication is
    needed, such as the creation of music videos, which is the most effective medium
    in the digital age.
    Self-love, or loving oneself, is still a somewhat taboo topic among society,
    especially among teenagers. Many people still suffer alone and have no support,
    leading them to seek negative escapes. Such cases often occur in both developed
    and developing countries. This is one of the main problems related to social
    issues.
    The purpose of this research is to convey the message of self-love through the
    song and music video. The results of this research indicate that the process of
    creating this "Love Yourself" music video involves three stages: the pre-
    production process, where the director prepares a storyboard to facilitate the
    shooting process and collects existing documentation, followed by the production
    process, where the documented data enters the video editing phase. Lastly, there is
    the post-production process, where the final video is reevaluated.
    Keyword: Music video, Self-Love, Promotion, Cinematic, Editing