#17052
SKRIPSI/JUR.TI.PS.MULTIMEDIA 040 RIZ i 2023 ISBN:19 665 035
Subjects:Multimedia Penelitian
IMPLEMENTASI TEKNIK CINEMATOGRAPHY DALAM PEMBUATAN VIDEO REPRESENTASI SELF-LOVE --
RIZKIA ADINDA PUTRI / / /Samarinda 2023
xvii: 88 h; ilus; 29 CM Bahasa:Ind
ABSTRAK
Pada zaman yang semakin modern dan maju saat ini, terdapat banyak cara
untuk menyampaikan pesan atau makna, namun kebanyakan dari cara tersebut
kurang menarik bagi masyarakat umum. Oleh karena itu, dibutuhkan media
penyampaian yang lebih praktis dan efisien seperti pembuatan video musik,
yang merupakan media yang paling efektif di era digital.
Self love atau mencintai sendiri merupakan hal yang masih cukup tabu di
kalangan masyarakat, khususnya remaja. masih banyak sekali orang yang
menderita sendirian dan tidak punya tempat bersandar yang pada akhirnya
memilih untuk mencari pelarian kearah yang negatif. Kasus seperti ini kerap
sekali terjadi di negara maju maupun berkembang. Disinilah yang kemudian
menjadi salah satu masalah utama terkait dengan masalah sosial tersebut,
Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan pesan self-love yang
ingin disampaikan melalui lagu dan video klip tersebut. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dalam proses pembuatan video klip love yourself ini
terdapat tiga proses yakni : proses pra-produksi dimana sutradara terlebih
dahulu menyiapkan storyboard guna mempermudah proses syuting, kemudian
mengumpulkan dokumentasi yang telah ada, selanjutnya proses produksi yaitu
data dokumentasi mulai memasuki tahap pemotongan video yang akan di
gunakan untuk keperluan editing.
Lalu yang terakhir adalah proses pasca produksi, dimana hasil video akan
dievaluasi kembali.
Kata kunci : Video Musik, Self-Love, Promosi, Sinematik, Penyuntingan
ABSTRACT
In this increasingly modern and advanced era, there are many ways to convey
messages or meanings, but most of these methods are less appealing to the general
public. Therefore, a more practical and efficient medium of communication is
needed, such as the creation of music videos, which is the most effective medium
in the digital age.
Self-love, or loving oneself, is still a somewhat taboo topic among society,
especially among teenagers. Many people still suffer alone and have no support,
leading them to seek negative escapes. Such cases often occur in both developed
and developing countries. This is one of the main problems related to social
issues.
The purpose of this research is to convey the message of self-love through the
song and music video. The results of this research indicate that the process of
creating this "Love Yourself" music video involves three stages: the pre-
production process, where the director prepares a storyboard to facilitate the
shooting process and collects existing documentation, followed by the production
process, where the documented data enters the video editing phase. Lastly, there is
the post-production process, where the final video is reevaluated.
Keyword: Music video, Self-Love, Promotion, Cinematic, Editing