#17050
SKRIPSI/JUR.TI.PS.MULTIMEDIA 038 ARY p 2023 ISBN:19 665 031
Subjects:Multimedia Penelitian
PEMBUATAN VIDEO SINEMATIK PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH OMZET DI THE COFFEEMAN MENGGUNAKAN TEKNIK COLOR GRADING --
ARYA AUFA URYANDI / / /Samarinda 2023
xii; 60 H; ILUS; 29 CM Bahasa:Ind
ABSTRAK
Kekurangan dari The Coffeeman selama ini adalah tempat yang tidak strategis serta
tidak adanya media promosi yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk
yang dijual. Oleh karena itu penulis membuat video sinematik promosi dengan latar
belakang di sebuah kedai kopi. Video sinematik yang dibuat menceritakan tentang
suasana kedai kopi dan menginformasikan kepada calon pembeli tentang produk
yang akan dijual di kedai kopi tersebut. Proses pembuatan video sinematik promosi
ini meliputi observasi tempat, pengambilan gambar, dan proses editing video.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempromosikan The Coffeeman kepada
Masyarakat luas sehingga dapat menarik calon pembeli untuk menjadikan pilihan
utama menikmati secangkir kopi di Kota Samarinda. Dalam video ini menggunakan
teknik sinematik dan color grading. Penggunaan Teknik sinematik diterapkan pada
proses pembuatan video pada tahap pra produksi, tahap produksi, dan tahap pasca
produksi. Teknik sinematik meliputi mise-en-scene, sinematografi, editing, dan
suara. Penggunaan color grading pada sebuah video sinematik untuk membangun
suasana atau mood penonton dan untuk meningkatkan nilai estetika dan kualitas
pada video. Pembuatan video sinematik promosi di The Coffeeman berdurasi 47
detik dan memuat sebanyak 33 scene. Penelitian ini menghasilkan sebuah video
promosi yang menerapkan teknik sinematik dan color grading, dan dipublikasikan
di media sosial melalui platform Youtube, ditonton sebanyak 102 kali, mendapatkan
29 likes, sedangkan melalui platform Instagram ditonton sebanyak 2.623 kali dan
mendapatkan 76 likes.
Kata kunci : video sinematik, omzet, Color Grading, The Coffeeman
ABSTRACT
The shortcomings of The Coffeeman so far are that the place is not strategic and
there is no promotional media that can be used to promote the products sold.
Therefore, the author made a promotional cinematic video with a background in a
coffee shop. The cinematic video created tells about the atmosphere of the coffee
shop and informs potential buyers about the products that will be sold at the coffee
shop. The process of making this promotional cinematic video includes place
observation, shooting, and video editing process. The purpose of this research is to
promote The Coffeeman to the wider community so that it can attract potential
buyers to make the first choice of enjoying a cup of coffee in Samarinda City. This
video uses cinematic techniques and color grading. The use of cinematic techniques
is applied to the process of making videos at the pre-production stage, production
stage, and post-production stage. Cinematic techniques include mise-en-scene,
cinematography, editing, and sound. The use of color grading in a cinematic video
is to build the atmosphere or mood of the audience and to increase the aesthetic
value and quality of the video. The creation of a promotional cinematic video at
The Coffeeman is 47 seconds long and contains 33 scenes. This research produces
a promotional video that applies cinematic techniques and color grading, and is
published on social media through the Youtube platform, watched 102 times,
getting 29 likes.
Keywords : cinematic video, omzet, Color Grading, The Coffeeman