Skripsi
#16972
SKRIPSI/JUR.TI.PS.MULTIMEDIA 009 MUT p 2023 ISBN:19.665.021

Subjects:Multimedia Penelitian

    PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAK) POLNES BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING --

    MUTIARA TRIARIZKI FADHILAH / / /
    Samarinda 2023
    xix; 151H; ILUS; 29 CM Bahasa:Ind

    ABSTRACT
    Samarinda State Polytechnic (POLNES) is a state university that provides various
    digital services to support education, such as the Academic Information System
    (SIAK). This study aims to make it easier for users to get academic services and
    information on the SIAK POLNES application. The method used in this research is
    Design Thinking method, namely a solution-based human-centered approach that
    will be used to solve problems. Data collection techniques for problems
    experienced user using a questionnaire, which was then defined and filtered by the
    author based on priority scale and produced 9 main problems to be resolved. This
    research uses maze design and System Usability Scale as a test Usability Testing to
    40 respondents to the prototype plan that has been made. ResultsUsability Testing
    on maze design and System Usability Scale shows that the prototype design can be
    a solution and has met user needs. This is evidenced by the ease with which the
    respondents completed the test scenario assignments on the prototype design, thus
    obtaining a high percentage of success.
    Keywords: User Interface, User Experience, Design Thinking, Academic
    Information System, Usability Testing
    ABSTRAK
    Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) merupakan suatu perguruan tinggi negeri
    yang menghadirkan berbagai layanan digital sebagai penunjang penyelenggaraan
    pendidikan, seperti Sistem Informasi Akademik (SIAK). Penelitian ini bertujuan
    untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan pelayanan dan informasi
    akademik pada aplikasi SIAK POLNES. Metode yang digunakan pada penelitian
    ini adalah metode Design Thinking, yaitu pendekatan yang berpusat pada manusia
    berbasis solusi yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. Teknik
    pengumpulan data permasalahan yang dialami user melalui kuesioner, yang
    kemudian didefinisikan dan disaring penulis berdasarkan skala prioritas dan
    menghasilkan 9 permasalahan utama untuk diselesaikan. Penelitian ini
    menggunakan maze design dan System Usability Scale sebagai pengujian Usability
    Testing kepada 40 responden terhadap rancangan prototype yang telah dibuat. Hasil
    Usability Testing pada maze design dan System Usability Scale menunjukkan
    bahwa rancangan prototype dapat menjadi solusi dan telah memenuhi kebutuhan
    pengguna. Hal tersebut dibuktikan dengan kemudahan responden dalam
    menyelesaikan tugas skenario pengujian pada rancangan prototype, sehingga
    mendapat persentase keberhasilan yang tinggi.
    Kata Kunci : User Interface, User Experience, Design Thinking, Sistem Informasi
    Akademik, Usability Testing