
#16972
SKRIPSI/JUR.TI.PS.MULTIMEDIA 009 MUT p 2023 ISBN:19.665.021
Subjects:Multimedia Penelitian
PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAK) POLNES BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING --
MUTIARA TRIARIZKI FADHILAH / / /Samarinda 2023
xix; 151H; ILUS; 29 CM Bahasa:Ind
ABSTRACT
Samarinda State Polytechnic (POLNES) is a state university that provides various
digital services to support education, such as the Academic Information System
(SIAK). This study aims to make it easier for users to get academic services and
information on the SIAK POLNES application. The method used in this research is
Design Thinking method, namely a solution-based human-centered approach that
will be used to solve problems. Data collection techniques for problems
experienced user using a questionnaire, which was then defined and filtered by the
author based on priority scale and produced 9 main problems to be resolved. This
research uses maze design and System Usability Scale as a test Usability Testing to
40 respondents to the prototype plan that has been made. ResultsUsability Testing
on maze design and System Usability Scale shows that the prototype design can be
a solution and has met user needs. This is evidenced by the ease with which the
respondents completed the test scenario assignments on the prototype design, thus
obtaining a high percentage of success.
Keywords: User Interface, User Experience, Design Thinking, Academic
Information System, Usability Testing
ABSTRAK
Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) merupakan suatu perguruan tinggi negeri
yang menghadirkan berbagai layanan digital sebagai penunjang penyelenggaraan
pendidikan, seperti Sistem Informasi Akademik (SIAK). Penelitian ini bertujuan
untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan pelayanan dan informasi
akademik pada aplikasi SIAK POLNES. Metode yang digunakan pada penelitian
ini adalah metode Design Thinking, yaitu pendekatan yang berpusat pada manusia
berbasis solusi yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. Teknik
pengumpulan data permasalahan yang dialami user melalui kuesioner, yang
kemudian didefinisikan dan disaring penulis berdasarkan skala prioritas dan
menghasilkan 9 permasalahan utama untuk diselesaikan. Penelitian ini
menggunakan maze design dan System Usability Scale sebagai pengujian Usability
Testing kepada 40 responden terhadap rancangan prototype yang telah dibuat. Hasil
Usability Testing pada maze design dan System Usability Scale menunjukkan
bahwa rancangan prototype dapat menjadi solusi dan telah memenuhi kebutuhan
pengguna. Hal tersebut dibuktikan dengan kemudahan responden dalam
menyelesaikan tugas skenario pengujian pada rancangan prototype, sehingga
mendapat persentase keberhasilan yang tinggi.
Kata Kunci : User Interface, User Experience, Design Thinking, Sistem Informasi
Akademik, Usability Testing