![](mod/glis/img/book_cover/no_photo_large.gif)
#16946
SKRIPSI/JUR.TS.PS.REKAYASA JALAN & JEMBATAN 029 MUH p 2023 ISBN:19 643 015
Subjects:Teknik Sipil Penelitian
PERHITUNGAN TIANG PANCANG TUNGGAL AKIBAT BEBAN HORIZONTAL DENGAN METODE P-Y PADA KONSTRUKSI JETTY SOMBER KOTA BALIKPAPAN --
Muhammad Ramadhan Saputra / / /Samarinda 2023
xviii; 61 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind
ABSTRAK
Dalam menunjang sebagai mobilisasi logistik dan alat-alat berat menggunakan
kapal Landing Craft-Tank (LCT) PT. Pertamina Trans Kontinental melaksanakan
pembangunan jetty di wilayah Somber Kota Balikpapan. Dalam pembangunan
jetty tidak bisa lepas dari penggunaan tiang pancang sebagai fondasi yang
menyangga struktur bagian atas. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan fondasi
tiang pancang tunggal akibat beban horizontal serta defleksi yang diterima oleh
tiang pancang pada jetty Somber Kota Balikpapan dengan menggunakan software
SAP 2000. Salah satu metode yang lebih teliti dengan memperhitungkan
kekakuan tiang dan interaksinya dengan tanah atau SSI (Soil Structure
Interaction) adalah metode kurva p-y untuk beban horizontal, selain itu dapat juga
dihitung menggunakan tumpuan spring pada tanah. Dari hasil perhitungan beban
horizontal yang diterima oleh tiang pancang dari beban hidup yang bekerja yaitu
sebesar 4,955 ton. Dalam pemodelan menggunakan software SAP 2000 diperoleh
defleksi maksimum yang terjadi sebesar 0,0028 m. Kemudian, defleksi yang
terjadi di atas kepala tiang sebesar -0,298 m serta momen maksimum yang terjadi
sebesar 365,412 kNm. Berdasarkan hasil penelitian tiang pancang tunggal dapat
menerima dan menahan beban horizontal yang terjadi serta defleksi izin lebih
besar daripada defleksi maksimum yang terjadi.
Kata kunci : Beban horizontal, kurva p-y, tumpuan spring, defleksi.
ABSTRACT
In supporting the mobilization of logistics and heavy equipment using the Landing
Craft-Tank (LCT) PT. Pertamina Trans Kontinental is carrying out the construction
of a jetty in the Somber area of Balikpapan City. In the construction of the jetty
cannot be separated from the use of piles as the foundation that supports the upper
structure. In this study, calculations for single pile foundations due to horizontal
loads and deflections received by the piles on the Somber jetty in Balikpapan City
were carried out using SAP 2000 software. One of the more accurate methods is to
take into account the stiffness of the piles and their interaction with the soil or SSI
(Soil Structure Interaction) is the p-y curve method for horizontal loads, but it can
also be calculated using a spring bearing on the ground. From the results of the
calculation of the horizontal load received by the pile from the live load that is
equal to 4.955 tons. In modeling using SAP 2000 software, the maximum deflection
that occurs is 0.0028 m. Then, the deflection that occurs above the head of the pile
is -0.298 m and the maximum moment that occurs is 365.412 kNm. Based on the
research results, single piles can accept and withstand horizontal loads that occur
and the allowable deflection is greater than the maximum deflection that occurs.
Keywords: Horizontal loads, p-y curves, support spring, deflection.