Skripsi
#16946
SKRIPSI/JUR.TS.PS.REKAYASA JALAN & JEMBATAN 029 MUH p 2023 ISBN:19 643 015

Subjects:Teknik Sipil Penelitian

    PERHITUNGAN TIANG PANCANG TUNGGAL AKIBAT BEBAN HORIZONTAL DENGAN METODE P-Y PADA KONSTRUKSI JETTY SOMBER KOTA BALIKPAPAN --

    Muhammad Ramadhan Saputra / / /
    Samarinda 2023
    xviii; 61 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Dalam menunjang sebagai mobilisasi logistik dan alat-alat berat menggunakan
    kapal Landing Craft-Tank (LCT) PT. Pertamina Trans Kontinental melaksanakan
    pembangunan jetty di wilayah Somber Kota Balikpapan. Dalam pembangunan
    jetty tidak bisa lepas dari penggunaan tiang pancang sebagai fondasi yang
    menyangga struktur bagian atas. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan fondasi
    tiang pancang tunggal akibat beban horizontal serta defleksi yang diterima oleh
    tiang pancang pada jetty Somber Kota Balikpapan dengan menggunakan software
    SAP 2000. Salah satu metode yang lebih teliti dengan memperhitungkan
    kekakuan tiang dan interaksinya dengan tanah atau SSI (Soil Structure
    Interaction) adalah metode kurva p-y untuk beban horizontal, selain itu dapat juga
    dihitung menggunakan tumpuan spring pada tanah. Dari hasil perhitungan beban
    horizontal yang diterima oleh tiang pancang dari beban hidup yang bekerja yaitu
    sebesar 4,955 ton. Dalam pemodelan menggunakan software SAP 2000 diperoleh
    defleksi maksimum yang terjadi sebesar 0,0028 m. Kemudian, defleksi yang
    terjadi di atas kepala tiang sebesar -0,298 m serta momen maksimum yang terjadi
    sebesar 365,412 kNm. Berdasarkan hasil penelitian tiang pancang tunggal dapat
    menerima dan menahan beban horizontal yang terjadi serta defleksi izin lebih
    besar daripada defleksi maksimum yang terjadi.
    Kata kunci : Beban horizontal, kurva p-y, tumpuan spring, defleksi.
    ABSTRACT
    In supporting the mobilization of logistics and heavy equipment using the Landing
    Craft-Tank (LCT) PT. Pertamina Trans Kontinental is carrying out the construction
    of a jetty in the Somber area of Balikpapan City. In the construction of the jetty
    cannot be separated from the use of piles as the foundation that supports the upper
    structure. In this study, calculations for single pile foundations due to horizontal
    loads and deflections received by the piles on the Somber jetty in Balikpapan City
    were carried out using SAP 2000 software. One of the more accurate methods is to
    take into account the stiffness of the piles and their interaction with the soil or SSI
    (Soil Structure Interaction) is the p-y curve method for horizontal loads, but it can
    also be calculated using a spring bearing on the ground. From the results of the
    calculation of the horizontal load received by the pile from the live load that is
    equal to 4.955 tons. In modeling using SAP 2000 software, the maximum deflection
    that occurs is 0.0028 m. Then, the deflection that occurs above the head of the pile
    is -0.298 m and the maximum moment that occurs is 365.412 kNm. Based on the
    research results, single piles can accept and withstand horizontal loads that occur
    and the allowable deflection is greater than the maximum deflection that occurs.
    Keywords: Horizontal loads, p-y curves, support spring, deflection.