
#16945
SKRIPSI/JUR.TS.PS.REKAYASA JALAN & JEMBATAN 028 RAI e 2023 ISBN:19643040
Subjects:Teknik Sipil Penelitian
EVALUASI NILAI KUAT TEKAN BETON PADA KONDISI EKSISTING DENGAN ALAT ULTRASONIC PULSE VELOCITY (UPV) DAN HAMMER TEST (Studi Kasus : Jembatan Pendekat Jalan Lambung Mangkurat ) --
RAISSA TSAMARA WIDYA PRAMESTHI / / /Samarinda 2023
xv; 85 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan pada Jembatan Lambung Mangkurat yang merupakan
sebuah jembatan komposit dengan bentang ±30 meter dengan tujuan untuk
mengetahui kualitas mutu mutu beton yang terpasang pada kondisi eksisting di
lapangan karena adanya peningkatan beban lalu lintas dan juga umur jembatan
yang telah berusia ±30 tahun. Bagian struktur yang akan dievaluasi pada
penelitian ini yaitu pada bagian abutment, pilar dan balok jembatan terhadap
standar spesifikasi umum 2018 (revisi 2) dengan kuat tekan beton bermutu sedang
yang berkisar 20?fc’<45 mPa. Metode pengujian yang digunakan ialah metode
pengujian yang tidak merusak (Non-Destructive Test) menggunakan alat Hammer
Test dan UPV, untuk pengujian UPV menggunakan metode tidak langsung
(Indirect). Karena alat UPV yang rentan terhadap tulangan, maka awal dari
pengujian ini menggunakan alat rebar detector. Hasil dari penelitian ini diperoleh
nilai kuat tekan beton pada salah satu pengujian masih memenuhi, namun
melebihi standar spesifikasi yang ditetapkan yaitu pengujian Hammer Test pada
bagian abutment memiliki nilai sebesar 46,03 mPa, pada bagian balok sebesar
66,41 mPa dan pada bagian pilar yang masih memenuhi standar spesifikasi
sebesar 20,76 mPa. Kemudian pengujian UPV didapat nilai pada bagian abutment
sebesar 22,37 mPa, pada bagian pilar sebesar 20,73 mPa dan pada bagian balok
sebesar 25,11 mPa, semuanya masih memenuhi standar spesifikasi.
Kata Kunci : Hammer Test, Ultrasonic Pulse Velocity, Non-Destructive Test
ABSTRACT
This research was conducted on the Lambung Mangkurat Bridge which is a
composite bridge with a span of ±30 meters with the aim of knowing the quality of
the concrete installed in the existing conditions in the field due to an increase in
traffic loads and also the age of the bridge which is ±30 years old. The structural
parts that will be evaluated in this study are the abutments, pillars and bridge
beams against the 2018 general specification standards (revision 2) with
compressive strength of medium quality concrete ranging from 20?fc'<45 mPa.
The test method used is a Non-Destructive Test method using the Hammer Test
and UPV tools, for UPV testing using the Indirect method. Because the UPV tool
is vulnerable to reinforcement, the start of this test uses a rebar detector. The
results of this study obtained that the compressive strength of concrete in one of
the tests still complied, but exceeded the specified standard specifications, namely
the Hammer Test on the abutments had a value of 46.03 mPa, on the beams it was
66.41 mPa and on the pillars that still meet the specification standard of 20.76
mPa. Then the UPV test obtained a value of 22.37 mPa for the abutment section,
20.73 mPa for the pillar section and 25.11 mPa for the beam section, all of which
still meet the specification standards.
Keywords : Hammer Test, Ultrasonic Pulse Velocity, Non-Destructive Test