#16944
SKRIPSI/JUR.TS.PS.REKAYASA JALAN & JEMBATAN 027 KRI a 2023 ISBN:19 643 044
Subjects:Teknik Sipil Penelitian
ANALISIS RATING FACTOR JEMBATAN BARU KOTA SAMARINDA --
KRISNA BAYU SEGARA / / /Samarinda 2023
xiv; 47 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind
ABSTRAK
Jembatan Baru merupakan jembatan yang berterletak di kota Samarinda dan
merupakan jembatan yang menghubungkan jalan K.H. Agus Salim dengan jalan
Gatot Subroto dan jalan A.M. Sangaji. Seiring berjalannya umur sebuah jembatan,
kemampuan sebuah jembatan dalam menahan beban yang dipikulnya juga ikut
berkurang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memeriksa nilai sisa
kapasitas jembatan baru dengan menggunakan metode Rating Factor. Analisis ini
berpedoman pada Penentuan Nilai Sisa Kapasitas Jembatan dari Dirjen Bina Marga
024/BM/2011 untuk memeriksa nilai sisa kapasitas struktur atas dan pembebanan
jembatan berdasarkan SNI 1725-2016 untuk standar pembebanan yang digunakan.
Nilai RF dihitung untuk masing-masing elemen yang mengalami gaya aksial dan
momen lentur terbesar. Hasil nilai RF terbesar dan terkecil yang didapatkan adalah
2146,94 dan 0,62 yang dimana jika terdapat nilai RF < 1 merujuk kepada pedoman
024/BM/2011 jembatan tersebut telah mengalami pengurangan nilai sisa kapasitas
dalam menahan beban yang bekerja padanya sehingga perlu dilakukan pengujian
tingkat lanjut yaitu uji beban statik
Kata kunci : Kapasitas Jembatan, Struktur Atas Jembatan, Rating Factor
ABSTRACT
Jembatan Baru is a bridge located in the city of Samarinda, connecting K.H. Agus
Salim Street with Gatot Subroto Street and A.M. Sangaji Street. As a bridge ages,
its ability to bear the load it carries diminishes. Therefore, this research aims to
examine the remaining capacity value of the Jembatan Baru using the Rating Factor
method. This analysis refers to the Penentuan Nilai Sisa Kapasitas Jembatan by the
Directorate General of Highways 024/BM/2011 to assess the remaining capacity
value of the upper structure and the Bridge Loading based on SNI 1725-2016 for
the applied loading standards. The RF value is calculated for each element
experiencing axial forces and bending moments. The maximum and minimum RF
values obtained are 2146.94 and 0.62, respectively. If there are RF values < 1,
referring to guideline 024/BM/2011, the bridge has experienced a reduction in its
remaining capacity to withstand the applied load. Therefore, further testing is
necessary, specifically the static load test.
Keyword : Bridge Capacity, Bridge Upper Structure, Rating Factor