Skripsi
#16944
SKRIPSI/JUR.TS.PS.REKAYASA JALAN & JEMBATAN 027 KRI a 2023 ISBN:19 643 044

Subjects:Teknik Sipil Penelitian

    ANALISIS RATING FACTOR JEMBATAN BARU KOTA SAMARINDA --

    KRISNA BAYU SEGARA / / /
    Samarinda 2023
    xiv; 47 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Jembatan Baru merupakan jembatan yang berterletak di kota Samarinda dan
    merupakan jembatan yang menghubungkan jalan K.H. Agus Salim dengan jalan
    Gatot Subroto dan jalan A.M. Sangaji. Seiring berjalannya umur sebuah jembatan,
    kemampuan sebuah jembatan dalam menahan beban yang dipikulnya juga ikut
    berkurang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memeriksa nilai sisa
    kapasitas jembatan baru dengan menggunakan metode Rating Factor. Analisis ini
    berpedoman pada Penentuan Nilai Sisa Kapasitas Jembatan dari Dirjen Bina Marga
    024/BM/2011 untuk memeriksa nilai sisa kapasitas struktur atas dan pembebanan
    jembatan berdasarkan SNI 1725-2016 untuk standar pembebanan yang digunakan.
    Nilai RF dihitung untuk masing-masing elemen yang mengalami gaya aksial dan
    momen lentur terbesar. Hasil nilai RF terbesar dan terkecil yang didapatkan adalah
    2146,94 dan 0,62 yang dimana jika terdapat nilai RF < 1 merujuk kepada pedoman
    024/BM/2011 jembatan tersebut telah mengalami pengurangan nilai sisa kapasitas
    dalam menahan beban yang bekerja padanya sehingga perlu dilakukan pengujian
    tingkat lanjut yaitu uji beban statik
    Kata kunci : Kapasitas Jembatan, Struktur Atas Jembatan, Rating Factor
    ABSTRACT
    Jembatan Baru is a bridge located in the city of Samarinda, connecting K.H. Agus
    Salim Street with Gatot Subroto Street and A.M. Sangaji Street. As a bridge ages,
    its ability to bear the load it carries diminishes. Therefore, this research aims to
    examine the remaining capacity value of the Jembatan Baru using the Rating Factor
    method. This analysis refers to the Penentuan Nilai Sisa Kapasitas Jembatan by the
    Directorate General of Highways 024/BM/2011 to assess the remaining capacity
    value of the upper structure and the Bridge Loading based on SNI 1725-2016 for
    the applied loading standards. The RF value is calculated for each element
    experiencing axial forces and bending moments. The maximum and minimum RF
    values obtained are 2146.94 and 0.62, respectively. If there are RF values < 1,
    referring to guideline 024/BM/2011, the bridge has experienced a reduction in its
    remaining capacity to withstand the applied load. Therefore, further testing is
    necessary, specifically the static load test.
    Keyword : Bridge Capacity, Bridge Upper Structure, Rating Factor