
#16943
SKRIPSI/JUR.TS.PS.REKAYASA JALAN & JEMBATAN 026 ATH p 2023 ISBN:19643047
Subjects:Teknik Sipil Penelitian
PERANCANGAN PROGRAM PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN KAKU UNTUK LALU LINTAS BERAT MENGGUNAKAN VBA MACRO EXCEL BERDASARKAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 --
ATHA SYANDANA FIRDAUS SAFA / / /Samarinda 2023
vi; 78 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind
ABSTRAK
Saat ini proses perhitungan tebal perkerasan kaku dilakukan secara manual
yang membutuhkan waktu yang lama dan memiliki risiko tingkat kesalahan yang
tinggi. Maka, pembuatan program perhitungan perkerasan kaku menggunakan
VBA Macro Excel diperlukan untuk mempercepat proses perhitungan dan
menghasilkan data yang akurat. Pada penelitian ini akan dibuat program
perhitungan tebal perkerasan kaku dengan 3 tipe perkerasan yakni beton
bersambung tanpa tulangan, beton bersambung dengan tulangan, dan beton
menerus dengan tulangan. Standar perhitungan berdasarkan Manual Desain
Perkerasan Jalan 2017 oleh Bina Marga. Berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan, Program yang telah dibuat memiliki tampilan yang mudah dipakai orang
awam serta memiliki hasil yang baik dengan tebal plat beton, lapis drainase, dan
lapis beton kurus yang sama dengan perhitungan manual: plat beton (305 mm, 295
mm, dan 275 mm), lapis beton kurus (100 mm), dan lapis drainase (150 mm).
Jumlah dowel dan tiebar juga serupa, kecuali pada validasi 2 terdapat perbedaan
tidak signifikan. Dengan perbedaan rata-rata ?10% dari 3 hasil validasi, program
ini dapat digunakan.
Kata kunci : Perencanaan Perkerasan Kaku, Manual Desain Perkerasan Jalan 2017,
Microsoft Excel, Visual Basic for Application, Macro, Perancangan Program.
ABSTRACT
Currently, the process of manually calculating the thickness of rigid pavement
is time-consuming and carries a high risk of errors. Therefore, the development of
a calculation program for rigid pavement using VBA Macro Excel is necessary to
expedite the calculation process and ensure accurate data. This research aims to
create a calculation program for the thickness of rigid pavement, considering three
pavement types: jointed plain concrete, jointed reinforced concrete, and
continuously reinforced concrete. The calculation standards are based on the
Manual Road Pavement Design 2017 by Bina Marga. Based on the conducted
research, the program that has been developed features a user-friendly interface
suitable for novice users. It also yields favorable results, providing the same
thickness values for concrete pavement, drainage layer, and lean concrete layer as
the manual calculations: concrete pavement (305 mm, 295 mm, and 275 mm), lean
concrete layer (100 mm), and drainage layer (150 mm). The number of dowels and
tie bars also align, except for a negligible difference observed during validation 2.
With an average difference ?10% from the three validation results, this program
can be considered reliable and suitable for use.
Keywords: Rigid Pavement Design, Manual Road Pavement Design 2017,
Microsoft Excel, Visual Basic for Applications, Macro, Program Development.