Skripsi
#16943
SKRIPSI/JUR.TS.PS.REKAYASA JALAN & JEMBATAN 026 ATH p 2023 ISBN:19643047

Subjects:Teknik Sipil Penelitian

    PERANCANGAN PROGRAM PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN KAKU UNTUK LALU LINTAS BERAT MENGGUNAKAN VBA MACRO EXCEL BERDASARKAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 --

    ATHA SYANDANA FIRDAUS SAFA / / /
    Samarinda 2023
    vi; 78 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Saat ini proses perhitungan tebal perkerasan kaku dilakukan secara manual
    yang membutuhkan waktu yang lama dan memiliki risiko tingkat kesalahan yang
    tinggi. Maka, pembuatan program perhitungan perkerasan kaku menggunakan
    VBA Macro Excel diperlukan untuk mempercepat proses perhitungan dan
    menghasilkan data yang akurat. Pada penelitian ini akan dibuat program
    perhitungan tebal perkerasan kaku dengan 3 tipe perkerasan yakni beton
    bersambung tanpa tulangan, beton bersambung dengan tulangan, dan beton
    menerus dengan tulangan. Standar perhitungan berdasarkan Manual Desain
    Perkerasan Jalan 2017 oleh Bina Marga. Berdasarkan penelitian yang telah
    dilakukan, Program yang telah dibuat memiliki tampilan yang mudah dipakai orang
    awam serta memiliki hasil yang baik dengan tebal plat beton, lapis drainase, dan
    lapis beton kurus yang sama dengan perhitungan manual: plat beton (305 mm, 295
    mm, dan 275 mm), lapis beton kurus (100 mm), dan lapis drainase (150 mm).
    Jumlah dowel dan tiebar juga serupa, kecuali pada validasi 2 terdapat perbedaan
    tidak signifikan. Dengan perbedaan rata-rata ?10% dari 3 hasil validasi, program
    ini dapat digunakan.
    Kata kunci : Perencanaan Perkerasan Kaku, Manual Desain Perkerasan Jalan 2017,
    Microsoft Excel, Visual Basic for Application, Macro, Perancangan Program.
    ABSTRACT
    Currently, the process of manually calculating the thickness of rigid pavement
    is time-consuming and carries a high risk of errors. Therefore, the development of
    a calculation program for rigid pavement using VBA Macro Excel is necessary to
    expedite the calculation process and ensure accurate data. This research aims to
    create a calculation program for the thickness of rigid pavement, considering three
    pavement types: jointed plain concrete, jointed reinforced concrete, and
    continuously reinforced concrete. The calculation standards are based on the
    Manual Road Pavement Design 2017 by Bina Marga. Based on the conducted
    research, the program that has been developed features a user-friendly interface
    suitable for novice users. It also yields favorable results, providing the same
    thickness values for concrete pavement, drainage layer, and lean concrete layer as
    the manual calculations: concrete pavement (305 mm, 295 mm, and 275 mm), lean
    concrete layer (100 mm), and drainage layer (150 mm). The number of dowels and
    tie bars also align, except for a negligible difference observed during validation 2.
    With an average difference ?10% from the three validation results, this program
    can be considered reliable and suitable for use.
    Keywords: Rigid Pavement Design, Manual Road Pavement Design 2017,
    Microsoft Excel, Visual Basic for Applications, Macro, Program Development.