Skripsi
#16936
SKRIPSI/JUR.TS.PS.REKAYASA JALAN & JEMBATAN 019 AHM a2023 ISBN:19643027

Subjects:Teknik Sipil Penelitian

    ANALISA STABILITAS SHEET PILE SEBAGAI PERKUATAN TEBING SUNGAI (STUDI KASUS: SUNGAI KARANG MUMUS PADA STA 0+040-STA 0+160 KOTA SAMARINDA) --

    AHMAD BAIHAQI BAFANDI / / /
    Samarinda 2023
    xvii; 87 H; ILUS; 29 CM Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Pelaksanaan pembangunan pekerjaan turap berjangkar di tepi sungai
    Karang Mumus yang bertujuan untuk menahan beban lateral serta meningkatkan
    daya dukung sungai agar tidak terjadi gerusan/longsoran. Namun terjadi keruntuhan
    pada turap berjangkar yang telah dibangun, maka dilakukan analisis dengan tujuan
    mengetahui penyebab keruntuhan tersebut. Analisis metode perhitungan
    menggunakan teori Rankine untuk mengetahui nilai tekanan tanah, serta
    menggunakan program Plaxis 2D V20 untuk mengetahui angka aman dan
    displacement yang terjadi pada turap. Hasil yang didapatkan berdasarkan analisis
    yang dilakukan, digunakan turap wika tipe W-350 B dengan panjang turap 14 m,
    dan panjang angkur 15 m diperoleh nilai tekanan tanah aktif sebesar 547,54 kN,
    dan tekanan tanah pasif sebesar 1455,981 kN mengalami defleksi sebesar 0,094 m.
    Nilai defleksi yang terjadi pada turap sepanjang 14 m lebih besar dari nilai defleksi
    yang di syaratkan yaitu 0,07 m jadi dianggap turap tidak aman. Maka dilakukan
    analisis ulang dengan penambahan panjang menjadi 16 m, didapatkan defleksi
    sebesar 0,078 m, lebih kecil dari syaratnya yaitu sebesar 0,08 m, serta diperoleh
    nilai SF 3,281 > 1,5 maka dapat disimpulkan bahwa setelah penambahan panjang,
    tebing sungai menjadi stabil.
    Kata kunci : Turap Berjangkar, Plaxis 2D, Stabilitas Turap
    ABSTRACT
    The construction of anchored sheet piles on the Karang Mumus riverbank
    aims to withstand lateral loads and increase the carrying capacity of the river so
    that scouring / landslides do not occur. However, there was a collapse in the
    anchored sheet pile that had been built, so the analysis was carried out with the
    aim of knowing the cause of the collapse. The analysis of the calculation method
    uses Rankine theory to determine the value of soil pressure, and uses the Plaxis 2D
    V20 program to determine the safety factor and displacement that occurs on the
    sheet pile. The results based on the analysis results : using the Wika type W-350 B
    sheet pile with 14 m length, and anchor length of 15 m. The value of active soil
    pressure is 547.54 kN, and passive soil pressure of 1455.981 kN, this sheet pile
    deflection value is 0.094m. The deflection value that occurs on the 14 m long pile
    is greater than the required deflection value of 0.07 m so it is considered unsafe.
    Then the re-analysis was carried out with an additional length of 16 m, obtained a
    deflection of 0.078 m, smaller than the requirement of 0.08 m, and obtained a SF
    value of 3.281 > 1,5 then it can be concluded that after adding the length, the river
    bank becomes more stable.
    Keywords : Anchored Sheet Pile, Plaxis 2D, Sheet Pile Stability