#16935
SKRIPSI/JUR.TS.PS.REKAYASA JALAN & JEMBATAN 018 MUH p 2023 ISBN:19643072
Subjects:Teknik Sipil Penelitian
PENANGANAN KERUSAKAN JALAN BERDASARKAN NILAI PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) PADA RUAS JALAN BATAS KOTA TENGGARONG – SP. SENONI --
MUHAMMAD SETIAWAN PRABOWO / / /Samarinda 2023
xiv; 71 H; ILUS; 29 CM Bahasa:Ind
Abstrak
Jaringan jalan di Kabupaten Kutai Kartanegara terdapat kerusakan di ruas jalan
Batas Kota Tenggarong-Sp.Senoni. Guna mendukung program pemerintah dalam
menyediakan aksesibilitas dan kenyamanan pengendara maka diperlukan langkah
perbaikan pada ruas jalan yang mengalami kerusakan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui jenis dan kuantitas kerusakan di ruas jalan Batas Kota
Tenggarong-Sp.Senoni dan jenis penanganan yang tepat serta dilengkapi dengan
rencana anggaran biaya. Metode yang dipilih untuk melakukan penilaian kondisi
perkerasan jalan adalah metode Pavement Condition Index (PCI) Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan permintaan data ke dinas terkait.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa jenis kerusakan yang terjadi adalah
lubang (149 titik/84.66%), retak (22 titik/12.50%) dan amblas (5titik/2.84%).
Berdasarkan metode PCI diperoleh nilai rata-rata kondisi jalan adalah 64.88 dengan
kategori baik, sehingga jenis penanganan yang dilakukan adalah rehabilitasi.
Kegiatan yang dilakukan antara lain patching aspal dan overlay. Biaya yang
diperlukan untuk kegiatan penanganan tersebut adalah sebesar Rp.23.023.415.000,-
Kata kunci : Kerusakan jalan, Pavement Condition Index (PCI), Rencana Anggaran
Biaya
Abstract
The road network of Kutai Kartanegara Regency there is damage on the road
boundaries of Tenggarong City – Sp. Senoni section. In order to support
government programs in providing accessibility and comfortability for road users,
right corrective action are needed on damaged roads. This study aims is to
determine the type and quantity of damage on the boundaries of Tenggarong City
– Sp. Senoni road section and the type of appropriate handling and is equipped with
a budget plan. The method chosen for assessing road pavement condition is
Pavement Condition Index (PCI). Data collection is carried out by observation,
documentation and data request to the relevant agencies. The resultof this study
found that the types of damage occurred were holes (149 points/84.66%), cracks
(22 points/12.50%) and collapse (5 points/2.84%). Based on the PCI method, tha
average value of road condition is 64.88 which is a good category, so the type of
treatment carried out is rehabilitation. Activities carried out include asphalt
patching and overlay. The cost required for these handling activities are
Rp.23.023.415.000,-
Keywords : Road damage, Pavement Condition Index (PCI), Cost Budget Plan