Skripsi
#16933
SKRIPSI/JUR.TS.PS.REKAYASA JALAN & JEMBATAN 016 TAS e 2023 ISBN:19643034

Subjects:Teknik Sipil Penelitian

    EVALUASI KAPASITAS JEMBATAN RANGKA TIPE WARREN TRUSS (Studi Kasus : Jembatan Baru Jl. KH. Agus Salim, Samarinda) --

    TASYA AMIROHSARI FAISYAL / / /
    Samarinda 2023
    xii; 111 H; ILUS; 29 CM Bahasa:Ind

    ABSTRACT
    Baru Bridge at Jl. KH. Agus Salim located, Samarinda city, Kalimantan
    Timur. This Bridge serves as a link between the Jl. Gatot Subroto and Jl. KH.
    Agus Salim. Based on the results of the evaluated of the Baru Bridge Jl. KH. Agus
    Salim, with class A type apart from being frequently traversed by vehicles loaded
    with over capacity and also the lower structure, namely the condition of the
    abutments is damaged, the underwind bonds of the bridge are corrosion, and
    some of the side frames have exfoliation profile bar so that periodic maintenance
    is needed such us painting again every bridge profile frame. Following up on this
    matter, in this study it is necessary to analyze the bridge using the SAP2000 with
    the loading used in accordance with SNI 1725-2016 and universal testing steel
    with SNI 07-2529-1991 regulations. After being analyzed, there is a diagonal
    truss that has a ratio of 1,028 which is close to the standard, namely a ratio of 1
    in the tension of a bridge truss profile, so it is necessary to strengthen the bridge
    by adding a double angle profile of 130 x130 x 12 mm and double angle profile of
    150 x 200 x 10 mm. With the addition of profiles, the stress ratio value on the
    diagonal frame is reduced by 0,857.
    Keywords : Evaluation Capacity Bridge, Universal Testing, Stress Ratio, Dasign
    Profile.
    BSTRAK
    Jembatan Baru Jl. KH. Agus Salim merupakan salah satu jembatan yang
    berada di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Jembatan ini berfungsi sebagai
    penghubung antara Jl. Gatot Subroto dan Jl. KH. Agus Salim. Berdasar hasil
    evaluasi Jembatan Baru Jl. KH. Agus Salim, dengan tipe kelas A selain sering kali
    dilalui oleh kendaraan bermuatan melebihi kapasitas dan juga struktur bawah
    yaitu kondisi abutmen mengalami kerusakan, ikatan angin bawah jembatan
    mengalami korosi, serta sebagian rangka samping sudah mengalami pengelupasan
    sehingga dibutuhkan perawatan secara berkala seperti pengecatan pada setiap
    rangka profil jembatan. Penelitian ini diperlukan analisa jembatan menggunakan
    aplikasi SAP2000 dengan pembebanan yang digunakan sesuai peraturan SNI
    1725-2016 dan pengujian uji tarik baja sesuai peraturan SNI 07-2529-1991.
    Setelah dianalisa terdapat rangka batang diagonal yang mengalami ratio 1,028
    standar ratio yaitu 1 pada tegangan suatu profil rangka jembatan, sehingga
    diperlukan perkuatan jembatan dengan menambahkan profil double siku 130 x
    130 x 12 mm dan profil double siku 150 x 200 x 10 mm. Dengan penambahan
    profil, nilai stress ratio pada rangka diagonal tersebut berkurang sebesar 0,857.
    Kata kunci : Evaluasi Kapasitas Jembatan, Uji Tarik Baja, Stress Ratio, Desain
    Perkuatan.