Skripsi
#16929
SKRIPSI/JUR.TS.PS.REKAYASA JALAN & JEMBATAN 012 HEL a 2023 ISBN:19643002

Subjects:Teknik Sipil Penelitian

    ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA JALAN TOL DAN JALANPOROS SAMARINDA-BALIKPAPAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR --

    HELGA DZAKWAN / / /
    Samarinda 2023
    xi; 75 H; ILUS; 29 CM Bahasa:Ind

    INTISARI
    Pembangunan ruas-ruas jalan tol di Indonesia pada dasarnya diselenggarakan
    dalam orientasi kebijakan yang membagikan alternatif jawaban dari terjadinya
    dinamika pertumbuhan ekonomi antar wilayah serta daerah. Selain itu,
    pembangunan jalan tol menciptakan sistem transportasi yang mudah serta efektif
    sehingga kendala pergerakan yang terjadi pada jaringan prasarana jalur poros.
    Penelitian ini tentang seberapa besar penghematan biaya dan kelayakan ekonomi
    Biaya Operasional Kendaraan dari kedua jalan tersebut, penelitian ini diawali
    dengan studi pustaka yang berupa pengumpulan data literatur dan penelitian
    terkait tentang Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dengan
    menggunakan metode Pd-T-15-2005-B dan Pacific Consultant International
    (PCI). Selanjutnya dilakukan survey observasi secara langsung di lapangan, yaitu
    Mobil Pribadi (Light Vehicle), Truk dan Bis (Heavy Vehicle). Berdasarkan hasil
    penelitian didapatkan kesimpulan bahwa besar biaya operasional pada kedua jalan
    tersebut lebih hemat melewati jalan poros daripada jalan tol. Metode Pd-T 2005-B
    2005 dengan BOK mobil pribadi Rp.218.444, dengan BOK Truk Rp.435.749,
    dengan BOK Bis Rp.580.653. Dan jalan tol dengan BOK mobil pribadi
    Rp.434.210, dengan BOK Truk Rp.986.337, dengan BOK Bis Rp.808.008.
    Metode PCI dengan adalah BOK mobil pribadi Rp.418.116, dengan BOK Truk
    Rp.621.983, dengan BOK Bis Rp.692.842. Dan jalan Tol dengan BOK mobil
    pribadi Rp.552.651, dengan BOK Truk Rp.712.246, dengan BOK Bis
    Rp.740.445.
    Kata kunci : Biaya Operasional Kendaraan, Kecepatan Rata rata, PCI
    ABSTRACT
    The development of toll roads in Indonesia is essentially carried out with a policy
    orientation that provides alternative solutions to the dynamics of economic
    growth between regions and areas. In addition, toll road development creates an
    easy and effective transportation system, thereby overcoming the constraints of
    movement that occur on the main road infrastructure network. This research
    focuses on the cost savings and economic feasibility of Vehicle Operational Costs
    (VOC) for both types of roads. The research begins with a literature review,
    which involves collecting literature and related studies on Vehicle Operational
    Costs using the Pd-T-15-2005-B method and Pacific Consultant International
    (PCI) method. Subsequently, direct observation surveys are conducted in the field,
    involving Private Cars (Light Vehicles), Trucks, and Buses (Heavy Vehicles).
    Based on the research findings, it can be concluded that the operational costs on
    the main road are lower than the toll road. Using the Pd-T 2005-B 2005 method,
    the VOC for private cars is Rp. 218,444, for trucks is Rp. 435,749, and for buses
    is Rp. 580,653. On the toll road, the VOC for private cars is Rp. 434,210, for
    trucks is Rp. 986,337, and for buses is Rp. 808,008. Using the PCI method, the
    VOC for private cars is Rp. 418,116, for trucks is Rp. 621,983, and for buses is
    Rp. 692,842. On the toll road, the VOC for private cars is Rp. 552,651, for trucks
    is Rp. 712,246, and for buses is Rp. 740,445.
    Keyword : Average Speed, PCI, Vehicle Operational Costs.