
#16918
SKRIPSI/JUR.TS.PS.REKAYASA JALAN & JEMBATAN 001 AND p 2023 ISBN:19 643 051
Subjects:Teknik Sipil Penelitian
PENANGANAN KERUSAKAN JALAN DAN MENGHITUNG RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) BERDASARKAN NILAI INTERNASIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus : Jl. Poros Samarinda – Bontang Km. 16+000 – 21+000) --
ANDI MUTHIAH FADHILAH / / /Samarinda 2023
xvi; 96 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind
ABSTRAK
Beberapa km pada Jl. Poros Samarinda – Bontang mengalami kerusakan Penelitian ini
bertujuan untuk mencari dan mengetahui jenis kerusakan, tingkat kerusakan pada Jl.
Poros Samarinda – Bontang. Metode pengumpulan data dengan observasi dan
dokumentasi. Metode analisa PCI merupakan metode untuk mengevaluasi kerusakan
perkerasan secara visual. Sedangkan analisa IRI diperoleh dari mengukur nilai ketidak
rataan dengan menggunakan mobil khusus. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah :
metode PCI kondisi perkerasan jalan kondisi perkerasan jalan ratting sempurna sebesar
2%, ratting sangat baik sebesar 12%, ratting baik sebesar 20%, ratting sedang sebesar
28%, ratting buruk sebesar 28%, dan ratting sangat buruk sebesar 10 %. Dan menurut IRI
baik sebesar 2%, sedang sebesar 52%, rusak berat sebesar 16%, dan rusak ringan sebesar
30%. Sehingga dapat disimpulkan program pemeliharaan yang harus dilakukan pada ruas
jalan Poros Samarinda – Bontang adalah pemeliharaan rehabilitasi dan rekonstruksi guna
menunjang kinerja ruas jalan tersebut. Nilai biaya yang diperlukan untuk perbaikan jalan
berdasarkan hasil perhitungan rencana anggaran biaya untuk perbaikan jalan metode PCI
adalah sebesar Rp. 10.414.624.000,00. Metode IRI adalah sebesar Rp. 10.388.565.000,00.
Kata Kunci : kerusakan jalan, PCI, IRI dan Rencana Anggaran Biaya
BSTRACT
Several km on Jl. The Samarinda – Bontang shaft was damaged. This study aims to find
and determine the type of damage, the level of damage on Jl. Samarinda – Bontang axis.
Methods of data collection by observation and documentation. The PCI analysis method
is a method for visually evaluating pavement damage. While the IRI analysis is obtained
from measuring the unevenness value using a special car. The results of this study are:
the PCI method for road pavement conditions a rating excellent of 2%, a very good rat-
ing of 12%, a good rating of 20%, a fair rating of 28%, a poor rating of 28%, and very
poor rating by 10%. And according to IRI good 2%, moderate by 52%, heavily damaged
by 16%, and lightly damaged by 30%. So that it can be concluded that the maintenance
program that must be carried out on the Samarinda - Bontang Shaft road is the rehabili-
tation and reconstruction maintenance to support the performance of the road section.
The value of the costs required for road repairs based on the results of the calculation of
the planned budget for road repairs using the PCI method is Rp. 10.414.624.000,00. The
IRI method is Rp. 10.388.565.000,00.
Keywords: road damage, PCI, IRI and Budget Plan