#16825
TA/TMA 031 DES a 2023 ISBN:20610041
Subjects:Teknik Mesin Alat Berat ENGINE OVERHEAT
ANALISA ENGINE OVERHEAT UNIT BULLDOZER D155A-6 KOMATSU --Ed. 1
DESTAM SEPTIAN SINDA / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2023
xii., 54 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind
ABSTRAK
Destam Septian Sinda, 20610041, Tugas Akhir 2023, (Analisa Engine Overheat
Unit Bulldozer D155A-6) Tujuan dari analisa engine overheat adalah untuk
mengetahui dan mengatasi akar masalah dalam rangka meningkatkan PA (Physical
Availability) unit. Pendekatan ini dilakukan dengan observasi langsung di lapangan.
Analisa masalah atau trouble shooting dilakukan dengan pendekatan 8 step trouble
shooting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab terjadinya engine
overheat adalah ketidaktercapaian nilai putaran fan pada unit yang disebabkan oleh
tidak idealnya internal leakage yang terjadi pada komponen fan motor, yaitu 5000
cc/ 30 detik, padahal standar yang ideal adalah maksimal 2000-3000 cc/ menit.
Maka kita dapat mengurangi tingkat frekuensi unschedule breakdown dapat
dilakukan dengan penggantian komponen sesuai rekomendasi, dalam hal ini untuk
fan motor life time komponen ± HM 15000 sedangkan unit sudah mencapai HM
22382. Tujuan penggantian komponen sesuai dengan life time komponen dengan
ini diharapkan komponen dapat meningkatkan dari unit ini sehingga jika terjadi
kerusakan serupa dapat diminimalisir.
Kata Kunci: engine overheat, fan motor, internal leakage, unschedule breakdownvii
ABSTRACT
Destam Septian Sinda, 20610041, Final Project Report 2023, (D155A-6 Bulldozer
Engine Overheat Unit Analysis) The purpose of the engine overheat analysis is to
identify and address the root of the problem in order to increase the PA (Physical
Availability) unit. This approach is carried out by direct observation in the field.
Problem analysis or trouble shooting is carried out using the 8 step trouble
shooting approach. The results showed that the cause of engine overheat was the
unachieved fan rotation value on the unit caused by internal leakage that occurred
in the fan motor component, which was 5000 cc/30 seconds, whereas the ideal
standard was a maximum of 2000-3000 cc/minute. Then we can reduce the
unscheduled breakdown frequency level by replacing the components according to
the recommendations, in this case for the fan motor the component life time is ±
HM 15000 while the unit has reached HM 22382. The purpose of component
replacement is in accordance with the component life time. this unit so that if a
similar damage occurs it can be minimized
Keywords: engine overheat, fan motor, internal leakage, unschedule breakdown