#16474
TA/DESAIN PRODUK 059 IMA d 2022 ISBN:19.616.076
Subjects:desain produk DESAIN MEJA MONOPOLI NUSANTARA
DESAIN MEJA MONOPOLI NUSANTARA --Ed. 1
IMAM HADI SAPUTRA / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
xv., 79 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind
DESAIN MEJA MONOPOLI NUSANTARA
Nama : Imam Hadi Saputra
Nim : 19616076
Dosen Pembimbing : Etwin Fibrianie S, ST., MT
ABSTRAK
Monopoli adalah hak eksklusif seseorang, perusahaan atau sebuah negara untuk
menjual komoditas tertentu.Permainan monopili yang memiliki nama lain The
Landlord’s Game awalnya diciptakan oleh Elizabeth Magie pada tahun 1904.
Monopoli di ciptakan sebagai sarana edukasi masyarakat memahami sistem jual
beli tanah dan strategi bagaimana tuan tanah memperkaya dirnya dan menjatuhkan
kekayaan para penyewa tanah miliknya. Tema yang di angkat untuk permainan
monopoli ini adalah nusantara serta mengangkat daerah serta budaya indonesia
dan merancang dengan hukuman yang berbeda dari permainan aslinya.
Permainan ini biasanya hanya menggunanakan kertas saja sehingga
penggunakan bermain dengan cara membungkuk kali ini penelita akan
membuat meja monopoli dengan bahan kayu ringan yang diharapkan bisa di
pindah-pindahkan dengan mudah oleh pengguna saat ingin membawa,
mengganti tempat bermain. Metode perancangan yang digunakan adalah metode
perancangan menurut Vinod Goel, yang diawali dengan perumusan masalah,
tinjauan pustaka, analisis dan spesifikasi desain. Dari perancangan produk ini di
peroleh perancangan meja agar para pemain tidak terlalu membungkuk ketika
sedang bermain.
Kata kunci : Monopoli, Sejarah permainan monopoli, Nusantara, Mejaxi
DESIGN MONOPOLY NUSANTARA TABLE
Name : Imam Hadi Saputra
Nim : 19616076
Supervisor : Etwin Fibrianie S, ST., MT
ABSTRACT
Monopoly is the exclusive right of a person, company or country to sell certain
commodities. The game monopoly which has another name The Landlord's Game
was originally created by Elizabeth Magie in 1904. Monopoly was created as a
means of educating the public to understand the system of buying and selling land
and strategies for how landlords enrich himself and bring down the wealth of the
tenants of his land. The theme raised for this monopoly game is the archipelago
and raises the region and Indonesian culture and designs with different
punishments from the original game. This game usually only uses paper, so users
who play by bending this time will make a monopoly table with light wood which is
expected to be moved around easily by users when they want to carry, change
places to play. The design method used is the design method according to Vinod
Goel, which begins with problem formulation, literature review, analysis and
design specifications. From the design of this product, a table design is obtained so
that the players don't bend too much while playing.
Keywords : Monopoly, History of monopoly game, Nusantara, Table