Final_Project
#16473
TA/DESAIN PRODUK 060 REZ d 2022 ISBN:19 616 064

Subjects:desain produk DESAIN MAINAN KERETA

    DESAIN MAINAN KERETA DORONG UNTUK ANAK BELAJAR MEBERESKAN MAINANNYA --Ed. 1

    REZHA DWI WAHYU NUSANTARA / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
    xv., 79 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind

    MAINAN KERETA DORONG UNTUK ANAK BELAJAR
    MEMBERESKAN MAINAN NYA
    Nama : Rezha Dwi Wahyu Nusantara
    NIM : 19616064
    Dosen Pembimbing : - Dita Andansari., ST., M.Ds, ST., M.T,
    - Ramadhan SP, SDs., MDs
    ABSTRAK
    Bermain bagi tingkatan anak usia dini, merupakan dunianya. Banyak sekali manfaat
    yang didapatkan dari kegiatan bermain, salah satunya adalah pengembangan
    kreativitas anak usia dini. Bermain dalam bentuk apapun, baik aktif maupun pasif,
    baik dengan alat maupun tanpa alat dapat menunjang ktreativitas anak dalam
    menciptakan hal-hal yang baru. Sarana mainan kereta dorong, bermanfaat untuk
    imajinasi anak saat dia sedang bermain di lingkungan atau halamannya, juga akan
    membantu pertumbuhan dan perkembangan otot-otot anak usia 4-6 tahun, melatih
    motorik halus saat bermain. Terkadang anak-anak pada usia segitu ia perlu
    mengenal lingkungan bermainnya dan mulai belajar membereskan mainan-mainan
    yang berserakan atau berhamburan agar ia dapat bermain dengan baik dan
    meningkatkan pola pikir yang baik untuk ia sendiri. Dalam prosesnya dengan
    adanya metode perencanaan dan perancangan yang sudah dilakukan diantaranya
    pengumpulan data, analisis data, konsep desain, alternative desain, pengembangan
    desain dari alternatif yang dipilih, serta desain akhir. Didapatlah hasil akhir
    perancangan mainan kereta dorong untuk anak belajar membereskan mainannya
    dengan menambahkan permainan tambahan yang dapat melatih motorik halus
    mereka.
    Kata kunci: permainan anak-anak, kreativitas anak, sarana permainan
    pembelajaran.ix
    STROLLER TOYS FOR CHILDREN LEARN TO
    CLEAN UP THEIR TOYS
    Name : Rezha Dwi Wahyu Nusantara
    Student ID : 19616064
    Advisor : - Dita Andansari., ST., M.Ds, ST., M.T,
    - Ramadhan SP, SDs., MDs
    ABSTRACT
    Play for early childhood is his world. There are so many benefits obtained from play
    activities, one of which is the development of early childhood creativity. Playing in
    any form, both active and passive, both with tools and without tools can support
    children’s creativity in creating new things. Means of a stroller toy, useful for the
    imagination of the child while he is playing in his environment or yard, will also
    help the growth and development of the muscles of a child aged 4-6 years, train fine
    motor skills while playing. Sometimes children at such an age need to get to know
    their play environment and start learning to clean up scattered or scattered toys so
    that they can play well and improve a good mindset for themselves. In the process,
    the planning and design methods that have been carried out include data collection,
    data analysis, design concepts, alternative designs, design development of the
    selected alternatives, and the final design. The final result of designing a stroller toy
    for children to learn to clean up their toys by adding additional games that can train
    their fine motor skills.
    Keywords : children’s games, children’s creativity, means of learning games.