Final_Project
#16472
TA/DESAIN PRODUK 061 KEL r 2022 ISBN: 19.616.075

Subjects:akuntansi keuangan perbankan REDESAIN MEJA BELAJAR

    REDESAIN MEJA BELAJAR UNTUK ANAK TK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) USIA 4-6 TAHUN --Ed. 1

    KELVIN CHRISTIAN BOLUNG / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
    xv., 106 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind

    REDESAIN MEJA BELAJAR UNTUK ANAK TK
    BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME)
    USIA 4-6 TAHUN
    Nama : Kelvin Christian Bolung
    NIM : 19616075
    Dosen Pembimbing 1 : Dr. Darius Shyafari, S.Hut., M.Si
    Dosen Pembimbing 2 : Ramadhan SP, SDs., MDs
    ABSTRAK
    Autis yaitu anak yang dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya mengalami
    kelainan atau penyimpangan fisik, mental, intelektual, sosial, dan emosional berbeda
    dengan anak normal. Oleh karena itu dibutuhkan tempat khusus yang dapat mendidik
    serta memberikan penanganan khusus bagi anak penyandang autis. Untuk
    memberikan pendidikan yang berkualitas, diperlukan sarana dan prasarana yang
    sesuai bagi anak penyandang autisme. Pada sekolah yang khusus untuk menangani
    anak autis sekarang, sarana meja belajar yang digunakan kurang sesuai dengan
    karakteristik dan kebutuhan anak. Tujuan yang ingin dicapai dalam perancangan meja
    belajar anak autis yaitu untuk membantu anak dan pembimbing serta orang tua
    melaksanakan proses terapi dan kreatifitas anak dengan mempertimbangkan beberapa
    faktor yaitu keamanan, kenyamanan, dan keoptimalan proses belajar. Dalam
    prosesnya dengan adanya metode perencanaan dan perancangan yang sudah
    dilakukan antaranya pengumpulan data, analisis data, konsep desain, alternatif desain,
    pengembangan desain dari alternatif terpilih, serta desain akhir. Didapatlah hasil akhir
    perancangan meja belajar anak autis ini yang fungsinya sekaligus dapat sebagai
    sarana terapi sensorik dan motorik anak serta sarana kreatifitas dengan penambahan
    tempat atau area menggambar anak.
    Kata kunci: meja belajar, autisme, sarana terapi dan kreatifitasxi
    STUDY DESK REDESIGN FOR KINDERGARTEN
    CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS (AUTISME)
    AGES 4-6 YEARS
    Name : Kelvin Christian Bolung
    Reg Number : 19616075
    Supervisor 1 : Dr. Darius Shyafari, S.Hut., M.Si
    Supervisor 2 : Ramadhan SP, SDs., MDs
    ABSTRAK
    Autism is a child who is in the process of growth or development experiencing physical,
    mental, intellectual, social and emotional abnormalities or deviations that are different
    from normal children. Therefore we need a special place that can educate and provide
    special treatment for children with autism. To provide quality education, appropriate
    facilities and infrastructure are needed for children with autism. In schools that are
    special for dealing with autistic children now, the learning desk facilities used are not in
    accordance with the characteristics and needs of children. The goal to be achieved in
    designing a study table for autistic children is to help children and their supervisors and
    parents carry out the therapy process and children's creativity by considering several
    factors, namely safety, comfort, and the optimization of the learning process. In the
    process, planning and design methods have been carried out including data collection,
    data analysis, design concepts, design alternatives, design development from selected
    alternatives, and final designs. The final result of the design of this autistic child's study
    table is that its function can also be used as a means of sensory and motor therapy for
    children as well as a means of creativity by adding a place or area for children to draw.
    Keywords: study desk, autism, therapy facilities and creativity