#16472
TA/DESAIN PRODUK 061 KEL r 2022 ISBN: 19.616.075
Subjects:akuntansi keuangan perbankan REDESAIN MEJA BELAJAR
REDESAIN MEJA BELAJAR UNTUK ANAK TK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) USIA 4-6 TAHUN --Ed. 1
KELVIN CHRISTIAN BOLUNG / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
xv., 106 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind
REDESAIN MEJA BELAJAR UNTUK ANAK TK
BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME)
USIA 4-6 TAHUN
Nama : Kelvin Christian Bolung
NIM : 19616075
Dosen Pembimbing 1 : Dr. Darius Shyafari, S.Hut., M.Si
Dosen Pembimbing 2 : Ramadhan SP, SDs., MDs
ABSTRAK
Autis yaitu anak yang dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya mengalami
kelainan atau penyimpangan fisik, mental, intelektual, sosial, dan emosional berbeda
dengan anak normal. Oleh karena itu dibutuhkan tempat khusus yang dapat mendidik
serta memberikan penanganan khusus bagi anak penyandang autis. Untuk
memberikan pendidikan yang berkualitas, diperlukan sarana dan prasarana yang
sesuai bagi anak penyandang autisme. Pada sekolah yang khusus untuk menangani
anak autis sekarang, sarana meja belajar yang digunakan kurang sesuai dengan
karakteristik dan kebutuhan anak. Tujuan yang ingin dicapai dalam perancangan meja
belajar anak autis yaitu untuk membantu anak dan pembimbing serta orang tua
melaksanakan proses terapi dan kreatifitas anak dengan mempertimbangkan beberapa
faktor yaitu keamanan, kenyamanan, dan keoptimalan proses belajar. Dalam
prosesnya dengan adanya metode perencanaan dan perancangan yang sudah
dilakukan antaranya pengumpulan data, analisis data, konsep desain, alternatif desain,
pengembangan desain dari alternatif terpilih, serta desain akhir. Didapatlah hasil akhir
perancangan meja belajar anak autis ini yang fungsinya sekaligus dapat sebagai
sarana terapi sensorik dan motorik anak serta sarana kreatifitas dengan penambahan
tempat atau area menggambar anak.
Kata kunci: meja belajar, autisme, sarana terapi dan kreatifitasxi
STUDY DESK REDESIGN FOR KINDERGARTEN
CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS (AUTISME)
AGES 4-6 YEARS
Name : Kelvin Christian Bolung
Reg Number : 19616075
Supervisor 1 : Dr. Darius Shyafari, S.Hut., M.Si
Supervisor 2 : Ramadhan SP, SDs., MDs
ABSTRAK
Autism is a child who is in the process of growth or development experiencing physical,
mental, intellectual, social and emotional abnormalities or deviations that are different
from normal children. Therefore we need a special place that can educate and provide
special treatment for children with autism. To provide quality education, appropriate
facilities and infrastructure are needed for children with autism. In schools that are
special for dealing with autistic children now, the learning desk facilities used are not in
accordance with the characteristics and needs of children. The goal to be achieved in
designing a study table for autistic children is to help children and their supervisors and
parents carry out the therapy process and children's creativity by considering several
factors, namely safety, comfort, and the optimization of the learning process. In the
process, planning and design methods have been carried out including data collection,
data analysis, design concepts, design alternatives, design development from selected
alternatives, and final designs. The final result of the design of this autistic child's study
table is that its function can also be used as a means of sensory and motor therapy for
children as well as a means of creativity by adding a place or area for children to draw.
Keywords: study desk, autism, therapy facilities and creativity