Final_Project
#16462
TA/DESAIN PRODUK 041 RAI d 2022 ISBN:19616044

Subjects:desain produk mainan puzzle alat peraga pendidikan

    DESAIN MAINAN PUZZLE ALAT PERAGA PENDIDIKAN BERTEMA PENGENALAN HEWAN --Ed. 1

    RAISHA BELLA PUTRI LIANY / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
    xx., 95 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind

    MAINAN PUZZLE ALAT PERAGA PENDIDIKAN BERTEMA PENGENALAN HEWAN

    Nama Mahasiswa : Raisha Bella Putri Liany
    NIM : 19616044
    Dosen Pembimbing : - Rony H, S.T.,M.Sn.
    - Dita Andansari ST., MDs





    ABSTRAK


    Permainan edukasi mulai tenggelam dikalahkan oleh permainan daring yang lebih mudah ditemui dan dimainkan. Dalam sebuah permainan terdapat alat yang berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan informasi. Bagi anak-anak menyaksikan hewan adalah suatu kesenangan sendiri, rasa penasaran mereka senantiasa akan menciptakan rasa ingin tahu dan penasaran. Tidak banyak anak yang tahu dengan berbagai macam jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Mengenalkan bermacam-macam tipe hewan terhadap anak-anak adalah suatu proses yang yang benar-benar harus digaris bawahi. Maka dari itu, diperlukan sebuah rancangan sarana belajar tentang pengenalan hewan untuk anak-anak yang dapat melibatkan anak berperan aktif pada saat proses pembelajaran sehingga membuat anak lebih mudah dan cepat memahami pelajaran yang diajarkan. Dengan menggunakan metode Vinod Goel, proses perancangan ini meliputi tiga tahapan yakni Preliminary Design berupa eksisting, perumusan masalah, analisis data, spesifikasi desain, Design Development berupa sketsa dan pengembangan desain, dan Final Design. Hasil perancangan ini diperoleh desain permainan puzzle yang diperuntukkan bagi anak berusia 3-6 tahun, dan fungsi puzzle ini agar anak-anak bisa mengetahui berbagai jenis hewan dan warna. Puzzle ini juga di desain dengan gaya minimalis modern yang dipadu padankan dengan warna coklat khaki serta warna bidak puzzle berwarna merah, kuning dan biru dengan harapan dapat menarik minat anak-anak untuk memainkannya.


    Kata Kunci : Sarana Belajar, Hewan, Anak-Anak
    PUZZLE TOY FOR EDUCATION ANIMALS INTRODUCTION THEME



    Student Name : Raisha Bella Putri Liany
    Reg.Number : 19616044
    Mentor Lecturer : - Rony H, S.T.,M.Sn.
    - Dita Andansari ST.,MDs




    ABSTRACT



    Educational gamed are starting to sink, being defeated by online games that are easier to find and play. In a game there is a tool that serves as a means to convey information. For childrens looking for animals is a pleasure in itself, their curiosity will always create many curiosity again. Not many children nowadays are aware of the various types of animals that exist on this earth. For that, this is where it is important to introduce animals to children. Introducing various types of animals to children is a process that really needs to be underlined.
    Therefore, it is necessary to design a learning tool about the introduction of animals for children that can involve children playing an active role during the learning process so that it makes children easier and faster to understand the lessons being taught. By using the Vinod Goel method, this design process includes three stages, namely Preliminary Design in the form of existing, problem formulation, data analysis, design specifications, Design Development in the form of sketches and design development, and Final Design. From the results of the analysist, this puzzle is for 3-6 years old children, and the function of this puzzle is so that children known any animals and colours. This puzzle also designed with minimalist modern style, with khaki brown, red, yellow and blue colours with expectations can attract children’s interest to play.
    Keywords: Learning Facilities, Animals, Children