Final_Project
#16456
TA/DESAIN PRODUK 047 RIZ d 2022 ISBN:19.616.051

Subjects:desain produk meja belajar taman kanak kanak

    DESAIN MEJA BELAJAR TAMAN KANAK -KANAK MATERIAL KARDUS --Ed. 1

    RIZKY RYANDHANI / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
    xv., 85 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind

    DESAIN MEJA BELAJAR TAMAN KANAK-KANAK
    MATERIAL KARDUS
    Nama Mahasiswa : Rizky Ryandhani
    Nim : 19616051
    Dosen Pembimbing 1 : Royke Vincentius F., S.T., M.Ds
    Dosen Pembimbing 2 : Ramadhan S.Pernyata, SDs., MDs
    ABSTRAK
    Anak usia dini adalah kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan
    perkembangan yang bersifat unik. Anak Taman kanak-kanak merupakan kelompok
    dari anak-anak usia dini. Pada usia ini, anak memiliki banyak rasa ingin tahu yang
    besar untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Anak Taman kanak-kanak juga
    memiliki berbagai kebutuhan yang mendukung aktifitas pembelajaran nya dalam
    mengekspolarasi rasa ingin taunya seperti alat bermain ditaman maupun meja
    belajar yang membantu proses pembelajaran berlangsung. Masalah yang terjadi
    saat ini tentang pengembangan dalam merancang meja belajar anak yang mana
    jarangnya penggunaan material kardus dalam pembuatan sebuah meja belajar yang
    menarik dan inovasi. Untuk membuat produk tersebut tipe kardus yang digunakan
    adalah double wall dikarenakan tingkat ketahanan kardus double wall lebih kuat
    untuk digunakan sebagai alat futnitur. Melalui metode perancangan menurut Vinod
    Goel, yang diawali dengan perumusan masalah, tinjauan pustaka, analisis data,
    analisis desain, pengembangan alternatif desain serta desain akhir yang meliputi
    gambar teknik, 3D modelling, prototype, portfolio dan poster.Dengan metode
    tersebut maka dirancanglah sebuah meja belajar anak tk yang dapat membantu
    proses pembelajaran serta mengajarkan anak-anak supaya dapat belajar mendaur
    ulang barang-barang bekas seperti kardus.
    Kata Kunci : anak usia dini, meja, belajar, kardus.ix
    DESIGN OF KINDERGARTEN CHILDREND’S
    STUDY TABLE CARDBOARD MATERIALS
    Student Name : Rizky Ryandhani
    Reg Number : 19616051
    Supervisor 1 : Royke Vincentius F., S.T., M.Ds
    Supervisor 2 : Ramadhan S,Permata , SDs., MDs
    ABSTRACT
    Early childhood is a group of children who are in a unique process of growth and
    development. Kindergarten is a group of early childhood children. At this age,
    children have a great curiosity to explore the surrounding environment.
    Kindergarten children also have various needs that support their learning
    activities in exploring their curiosity, such as playground equipment in the garden
    and study tables that help the learning process take place. The problem that
    occurs today is about development in designing a children's study table where the
    use of cardboard material is rare in making an interesting and innovative study
    table. To make this product, the type of cardboard used is double wall because the
    level of resistance of double wall cardboard is stronger to be used as a furniture
    tool. Through the design method according to Vinod Goel, which begins with
    problem formulation, literature review, data analysis, design analysis,
    development of alternative designs and final designs which include technical
    drawings, 3D modeling, prototypes, portfolios and posters. Kindergarten children
    who can help the learning process and teach children to learn to recycle used
    goods such as cardboard.
    Keywords: early childhood, desk, study, cardboard.