#16432
TA/DESAIN PRODUK 007 ROB d 2022 ISBN:19.616.033
Subjects:desain produk DESAIN MAINAN ATM
DESAIN MAINAN ATM DARI KARDUS SEBAGAI SARANA BELAJAR MENABUNG UNTUK ANAK --Ed.1
ROBY PRIMUS KUSUMAWARDANI / / /Politeknik Negeri Samarinda SAMARINDA 2022
xix., 97 hlm ., 20x29 cm., ilus. Bahasa:IND
DESAIN MAINAN ATM DARI KARDUS SEBAGAI
SARANA BELAJAR MENABUNG UNTUK ANAK
Nama Mahasiswa : Roby Primus Kusumawardani
Nim : 19616033
Dosen Pembimbing : Dita Andansari. ST., M.Ds.
ABSTRAK
Di masa ini pengelolaan keuangan yang baik sangat diperlukan karena kita tidak
tahu bagaimana keuangan kita kedepannya. Oleh karena itu penting bagi orang tua
untuk mengajarkan anaknya untuk berhemat dan selalu ingat untuk menyimpan
uangnya agar tidak boros. Dan dalam proses pengajaran menabung untuk anak perlu
untuk membuat kegiatan tesebut menjadi menyenangkan bagi mereka. Oleh karena
itu dibuatlah desain mainan dalam bentuk ATM ini yang akan membantu anak
dalam proses menabung, karena akan membuat anak merasa senang ketika
memainkan mainan tersebut. Dengan adanya hal tersebut maka pembuatan produk
mainan ini menggunakan bahan yang ramah lingkungan serta dapat didaur ulang
yaitu kardus. Dengan metode perancangan dari Vinod Ghoel yang terdiri dari tiga
tahap yaitu pleriminary design, design development, final design dan development
dengan langkah awal mulai dari perumusan masalah, menganalisis desain
alternatife sampai ke pengembangan desain, hingga muncul desain akhir. Setelah
itu dibuatlah metode perancangan desain mainan atm yang sudah dilakukan dengan
mengumpulkan data, analisis data, konsep desain, alternatif desain, pengembangan
desain dari alternatif desain terpilih, serta desain akhir. Perancangan ini
menghasilkan sebuah produk berupa mainan ATM yang menyenangkan dan praktis
digunakan dengan menggunakan bahan kardus yang dapat didaur ulang.
Kata Kunci : Mainan, Atm, Menabung, Anak, Kardus
ix
ATM TOY DESIGN FROM CARDBOARDS AS A MEANS OF
LEARNING SAVING FOR CHILDREN
Nama Mahasiswa : Roby Primus Kusumawardani
Nim : 19616033
Dosen Pembimbing: : Dita Andansari, ST., M.Ds.
ABSTRACT
At this time good financial management is very necessary because we do not know
how our finances will be in the future. Therefore, it is important for parents to teach
their children to be frugal and always remember to save their money so they are
not wasteful. And in the process of teaching saving to children, it is necessary to
make the activity fun for them. Therefore, a toy design in the form of an ATM was
made that will help children in the process of saving, because it will make children
feel happy when playing the toy. With this, the manufacture of this toy product uses
environmentally friendly and recyclable materials, namely cardboard. With the
design method from Vinod Ghoel which consists of three stages, namely
pleriminary design, design development, final design and development with initial
steps starting from problem formulation, analyzing alternative designs to design
development, until the final design appears. After that, the atm toy design design
method was made which had been done by collecting data, data analysis, design
concepts, alternative designs, developing designs from selected alternative designs,
and final designs. This design produces a product in the form of an ATM toy that is
fun and practical to use using recyclable cardboard.
Keywords: Toys, Atm, Saving, Children, Cardboard