Final_Project
#16432
TA/DESAIN PRODUK 007 ROB d 2022 ISBN:19.616.033

Subjects:desain produk DESAIN MAINAN ATM

    DESAIN MAINAN ATM DARI KARDUS SEBAGAI SARANA BELAJAR MENABUNG UNTUK ANAK --Ed.1

    ROBY PRIMUS KUSUMAWARDANI / / /
    Politeknik Negeri Samarinda SAMARINDA 2022
    xix., 97 hlm ., 20x29 cm., ilus. Bahasa:IND

    DESAIN MAINAN ATM DARI KARDUS SEBAGAI
    SARANA BELAJAR MENABUNG UNTUK ANAK
    Nama Mahasiswa : Roby Primus Kusumawardani
    Nim : 19616033
    Dosen Pembimbing : Dita Andansari. ST., M.Ds.
    ABSTRAK
    Di masa ini pengelolaan keuangan yang baik sangat diperlukan karena kita tidak
    tahu bagaimana keuangan kita kedepannya. Oleh karena itu penting bagi orang tua
    untuk mengajarkan anaknya untuk berhemat dan selalu ingat untuk menyimpan
    uangnya agar tidak boros. Dan dalam proses pengajaran menabung untuk anak perlu
    untuk membuat kegiatan tesebut menjadi menyenangkan bagi mereka. Oleh karena
    itu dibuatlah desain mainan dalam bentuk ATM ini yang akan membantu anak
    dalam proses menabung, karena akan membuat anak merasa senang ketika
    memainkan mainan tersebut. Dengan adanya hal tersebut maka pembuatan produk
    mainan ini menggunakan bahan yang ramah lingkungan serta dapat didaur ulang
    yaitu kardus. Dengan metode perancangan dari Vinod Ghoel yang terdiri dari tiga
    tahap yaitu pleriminary design, design development, final design dan development
    dengan langkah awal mulai dari perumusan masalah, menganalisis desain
    alternatife sampai ke pengembangan desain, hingga muncul desain akhir. Setelah
    itu dibuatlah metode perancangan desain mainan atm yang sudah dilakukan dengan
    mengumpulkan data, analisis data, konsep desain, alternatif desain, pengembangan
    desain dari alternatif desain terpilih, serta desain akhir. Perancangan ini
    menghasilkan sebuah produk berupa mainan ATM yang menyenangkan dan praktis
    digunakan dengan menggunakan bahan kardus yang dapat didaur ulang.
    Kata Kunci : Mainan, Atm, Menabung, Anak, Kardus
    ix
    ATM TOY DESIGN FROM CARDBOARDS AS A MEANS OF
    LEARNING SAVING FOR CHILDREN
    Nama Mahasiswa : Roby Primus Kusumawardani
    Nim : 19616033
    Dosen Pembimbing: : Dita Andansari, ST., M.Ds.
    ABSTRACT
    At this time good financial management is very necessary because we do not know
    how our finances will be in the future. Therefore, it is important for parents to teach
    their children to be frugal and always remember to save their money so they are
    not wasteful. And in the process of teaching saving to children, it is necessary to
    make the activity fun for them. Therefore, a toy design in the form of an ATM was
    made that will help children in the process of saving, because it will make children
    feel happy when playing the toy. With this, the manufacture of this toy product uses
    environmentally friendly and recyclable materials, namely cardboard. With the
    design method from Vinod Ghoel which consists of three stages, namely
    pleriminary design, design development, final design and development with initial
    steps starting from problem formulation, analyzing alternative designs to design
    development, until the final design appears. After that, the atm toy design design
    method was made which had been done by collecting data, data analysis, design
    concepts, alternative designs, developing designs from selected alternative designs,
    and final designs. This design produces a product in the form of an ATM toy that is
    fun and practical to use using recyclable cardboard.
    Keywords: Toys, Atm, Saving, Children, Cardboard