Final_Project
#16428
TA/DESAIN PRODUK 038 ARY d 2022 ISBN:19.616.043

Subjects:desain produk desain sarana mainan

    DESAIN SARANA MAINAN BERHITUNG UNTUK ANAK DARI BAHAN KARDUS --Ed.1

    ARYA GYMNAS FATAHILAH / / /
    Politeknik Negeri Samarinda SAMARINDA 2022
    viii., 90 hlm ., 20x29 cm., ilus. Bahasa:IND

    DESAIN SARANA MAINAN BERHITUNG UNTUK
    ANAK DARI BAHAN KARDUS
    Nama Mahasiswa : Arya Gymnas Fatahilah
    NIM : 19616043
    Dosen Pembimbing 1 : Royke Vincentius F., ST., M.Ds
    Dosen Pembimbing 2 : Etwin Fibrianie S, ST., MT
    ABSTRAK
    Permainan berhitung adalah proses atau cara untuk memahami dan mencari tahu
    serta menemukan jawaban tentang operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
    dan pembagian serta mengenal angka melalui percobaan yang dilakukan dengan
    menyenangkan dan menarik melalui kegiatan bermain. Dalam sebuah permainan
    terdapat alat yang berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan informasi.
    Masalah yang terjadi saat ini tentang pengembangan dalam hal berhitung yaitu
    menurunnya ketertarikan anak terhadap pelajaran matematika bahwa berhitung
    merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan serta jarangnya penggunaan
    material kardus dalam pembuatan sebuah mainan. Dengan menggunakan metode
    yang dikembangkan oleh Vinod Goel, maka dirancang sebuah sarana belajar
    berhitung untuk anak anak berbahan kardus dan pemanfaatan jenis material yang
    berbeda dari mainan berhitung lainnya yang bertujuan agar anak berperan aktif pada
    saat proses pembelajaran sehingga anak lebih mudah dan cepat memahami
    pelajaran yang diajarkan serta pemanfaatan jenis material yang berbeda dari mainan
    berhitung lainnya.
    Kata Kunci : permainan, berhitung, kardus, anak.
    ix
    DESIGN OF COUNTING TOYS FOR CHILDREN FROM
    CARDBOARD MATERIALS
    Student Name : Arya Gymnas Fatahilah
    Reg Number : 19616043
    Advisor 1 : Royke Vincentius F., ST., M.Ds
    Advisor 2 : Etwin Fibrianie S, ST., MT
    ABSTRACT
    Counting games are processes or ways to understand and find out and find answers
    about addition, subtraction, multiplication, and division operations and recognize
    numbers through experiments carried out in a fun and interesting way through
    playing activities. In a game there is a tool that serves as a means to convey
    information. The problem that occurs today regarding development in terms of
    numeracy is the decline in children's interest in mathematics lessons that counting
    is a difficult and boring lesson and the infrequent use of cardboard material in
    making a toy. By using the method developed by Vinod Goel, a means of learning
    to count for children made of cardboard is designed and the use of different types
    of materials from other counting toys is designed so that children play an active
    role during the learning process so that children more easily and quickly
    understand the lessons being taught. and the use of different types of materials from
    other counting toys.
    Keywords : game, counting, cardboard, child