#16394
SKR/AK KEUANGAN & PERBANKAN 067 TRI p 2022 ISBN:18.661.018
Subjects:akuntansi keuangan perbankan pengaruh kualitas layanan
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEMUDAHAN, MANFAAT, DAN KEAMANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk WILAYAH SAMARINDA --Ed. 1
TRI WAHYUNI / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
xvi., 56 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEMUDAHAN, MANFAAT, DAN
KEAMANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH
MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA PT. BANK MANDIRI
(Persero) Tbk WILAYAH SAMARINDA
Nama Mahasiswa : Tri Wahyuni
NIM : 18661018
Dosen Pembimbing : 1. Chottam, S.E., M.Si
2. Aris Tri Cahyono, S.E., M.SA., Ak
ABSTRAK
Tri Wahyuni, 2022. Pengaruh Kualitas Layanan, Kemudahan, Manfaat,
dan Keamanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile
Banking Pada PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Wilayah Samarinda. Jurusan
Akuntansi,Program Studi Keuangan dan Perbankan, Politeknik Negeri Samarinda.
Dibawah bimbingan Bapak Chottam, S.E., M.Si selaku Dosen Pembimbing
pertama dan Bapak Aris Tri Cahyono, S.E., M.SA., Ak selaku Dosen Pembimbing
kedua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan,
kemudahan, manfaat, dan keamanan terhadap tingkat kepuasan nasabah
menggunakan mobile banking pada PT Bank Mandiri (persero) Tbk wilayah
Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang diukur dengan
Skala Likert. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji
Validitas dan Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolonieritas, Uji Linieritas,
Analisi Regresi Linier Berganda, Uji F, Uji T, Uji R². Hasil penelitian menunjukan
secara parsial variabel kualitas layanan, manfaat dan keamanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah menggunakan mobile banking.
Sedangkan variabel kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat
kepuasan nasabah menggunakan mobile banking. Hasil pengujian secara simultan
adalah variabel kualitas layanan, kemudahan, manfaat dan keamanan secara
bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan
nasabah menggunakan mobile banking.
Kata kunci: Kualitas layanan, kemudahan, manfaat, keamanan, kepuasan nasabah,
mobile bankingix
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEMUDAHAN, MANFAAT, DAN
KEAMANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH
MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA PT. BANK MANDIRI
(Persero) Tbk WILAYAH SAMARINDA
Student Name : Tri Wahyuni
ID : 18661018
Advisor : 1. Chottam, S.E., M.Si
2. Aris Tri Cahyono, S.E., M.SA., Ak
ABSTRACT
Tri Wahyuni, 2022. The Effect of Service Quality, Convenience, Benefits,
and Security on customer satisfaction levels using mobile banking at PT Bank
Mandiri (Persero), Tbk Samarinda Region. Department of Accounting, Finance
and Banking Study Program, Samarinda State Polytechnic. Under the guidance of
Mr. Chottam, S.E., M.Si as the first Supervisor and Mr. Aris Tri Cahyono, S.E.,
M.SA., Ak as the second Supervisor.
This study aims to determine the effect of service quality, convenience,
benefits, and security on the level of customer satisfaction using mobile banking at
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk in the Samarinda region. This research is a
quantitative study with data collection techniques in this study using a
questionnaire measured by the Linkert Scale. The data analysis methods used in
this study are Validity and Reability Test, Normality Test, Multicolonierity Test,
Linearity Test, Multiple Linear Regression Analysis, F Test, T Test, R² Test. The
results of the study showed partially the variables of service quality, benefits and
security had a positive and significant effect on the level of customer satisfaction
using mobile banking. Meanwhile, the convenience variable has no significant
effect on the level of customer satisfaction using mobile banking. The results of
simultaneous testing are variables of service quality, convenience, benefits and
security together have a positive and significant effect on the level of customer
satisfaction using mobile banking.
Keywords: Service quality, convenience, benefits, security, customer satisfaction,
mobile banking