Skripsi
#16389
SKR/AK KEUANGAN & PERBANKAN 023 JUW f 2022 ISBN:18.661.072

Subjects:akuntansi keuangan perbankan faktor faktor yang memengaruhi

    FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENERIMAAN SISTEM PEMBAYARAN OVO DENGAN PENDEKATAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) TERHADAP INTENSITAS PENGGUNAAN LAYANAN GRAB DI KOTA SAMARINDA TAHUN 2022 --Ed. 1

    JUWITA SUDIRMAN / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
    xvi., 87 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind

    FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENERIMAAN SISTEM
    PEMBAYARAN OVO DENGAN PENDEKATAN TAM (TECHNOLOGY
    ACCEPTANCE MODEL) TERHADAP INTENSITAS PENGGUNAAN
    LAYANAN GRAB DI KOTA SAMARINDA TAHUN 2022
    Nama : Juwita Sudirman
    NIM : 18 661 072
    Dosen Pembimbing : Zulfikar, S.E., MSA (HumBis)
    Rahmawati Fitriana, S.Pd., M.Pd., B.I.
    ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara objektif tentang
    Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerimaan Sistem Pembayaran OVO Dengan
    Pendekatan TAM (Technology Acceptance Model) Terhadap Intensitas
    Penggunaan Layanan Grab Di Kota Samarinda Tahun 2022.
    Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear
    berganda dengan rumus persamaan Y = 4,264 + 0,312X1 + 0,377X2 + 0,235X3 – 0,073X4
    + 0,097X5. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai Fhitung lebih besar nilainya
    dari Ftabel sebesar (57,219 > 2,29) didukung dengan nilai sig 0,000 < 0,05, maka
    kemudahan (X1), kemanfaatan (X2), promosi (X3), risiko (X4), dan pengalaman (X5)
    secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap pengguna
    (Y1) OVO pada aplikasi layanan Grab. Nilai R yang diperoleh pada model regresi
    berganda sebesar 0,840 atau 84% dilihat pada tabel interpretasi koefisien korelasi,
    maka secara kesuluruhan variabel bebas memiliki tingkat hubungan yang sangat
    kuat terhadap sikap pengguna, hasil data didapat nilai R pada model regresi
    sederhana sebesar 0,616 atau 6,16%, berarti variabel bebas memiliki tingkat
    hubungan yang kuat terhadap intensitas pengguna layanan Grab. Sedangkan nilai
    koefesien determinasi (R2) yang diperoleh pada model regresi berganda sebesar
    0,694 atau 69,4% artinya bahwa variabel bebas memiliki pengaruh terhadap sikap
    pengguna sebesar 69,4% dan sisanya sebesar 30,6% dipengaruhi oleh faktor lain
    yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini, hasil nilai koefesien determinasi (R2)
    pada model regresi sederhana diperoleh sebesar 0,374 atau 37,4%, artinya 37,4%
    variabel intensitas penggunaan layanan Grab bisa dijelaskan oleh variabel
    independen dalam penelitian yaitu variabel sikap penggunaan OVO (X) secara
    bersama-sama. Sedangkan 62,6% sisanya dijelaskan oleh variabel yang lain diluar
    penelitian ini. Secara parsial uji t dapat diketahui bahwa variabel kemudahan,
    kemanfaatan, promosi, risiko, dan pengalaman berpengaruh positif dan signifikan
    terhadap sikap pengguna, sedangkan untuk model regresi sederhana secara parsial
    uji t diketahui bahwa variabel sikap pengguna berpengaruh positif dan signifikan
    terhadap intensitas penggunaan layanan Grab.
    ‘Kata Kunci: Kemudahan, Kemanfaatan, Promosi, Risko, Pengalaman, Sikap
    Pengguna, Intensitas Penggunaan Layanan, OVO, Grab.ix
    THE FACTORS THAT AFFECTED THE ACCEPTANCE OF OVO WITH
    THE TAM APPROACH (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) TO
    THE INTENSITY OF USAGE FOR GRAB APP SERVICE IN 2022
    Name : Juwita Sudirman
    NIM : 18 661 072
    Supervisor : Zulfikar, S.E., MSA (HumBis)
    Rahmawati Fitriana, S.Pd., M.Pd., B.I.
    ABSTRACT
    The purpose of this research is to objectively understand factors that
    affected the acceptance technology of OVO with the TAM Approach (Technology
    Acceptance Model) to the intensity of usage for Grab app services in 2022.
    The analysis tool used in this research is a multiple linear regression with
    the equation of Y = 4,264 + 0,312X1 + 0,377X2 + 0,235X3 – 0,073X4 + 0,097X5. This
    research concluded that the value of FCalculation is greater than Ftable which is
    (57,219 > 2,29) supported with the value of sig 0,000 < 0,05, thus- convenience
    (X1), Benefit (X2), Promotion (X3), Risk (X4), and Experience (X5) simultaneously
    has possitive effect and significance upon the behaviour of user (Y1) of OVO in
    Grab application services. Value of R obtained in multiple linear regression model
    is 0,840 or 84% which can be seen in coefficient correlation interpretation table,
    thus, resulting in overall independent variable having a strong relation between
    user behaviour, the data result of 0,616 or 6,16% of the value of R in the simple
    regression model, with the intensity of usage of the Grab app. Meanwhile, the value
    of determination coefficient (R2) obtained on multiple linear regression is 0,694 or
    69,4% which indicates independent variable effected user behaviour by 69,4% with
    the other 30,6% being affected by other factors which is not mentioned in this
    research. The value of determination coefficient (R2) on simple regression model
    resulted in 0,374 or 37,4%, which indicates that 37,4% of the intensity of usage
    variable which can be explained simultaneously using independent variable of the
    user behaviour of OVO (X). Meanwhile, the 62,6% can be explained using variables
    outside of this research. Partially, Sample T-test can be concluded that the
    convenience, benefit, promotion, risk, and experience possitively and significantly
    impacted user behaviour. Meanwhile, for the simple regression model, partial
    Sample T-test conclude that user behaviour possitively impact and significant to the
    intensity of usage for Grab app services.
    ‘Keywords: Convenience, Benefit, Promotion, Risk, Experience, User Behaviour,
    Intensity of Service Usage, OVO, Grab.