#16388
SKR/AK KEUANGAN & PERBANKAN 022 MAU p 2022 ISBN:18.661.066
Subjects:akuntansi keuangan perbankan pengaruh kemudahan
PENGARUH KEMUDAHAN, KEGUNAAN, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA BANKALTIMTARA DI KOTA SAMARINDA --Ed. 1
Maulida Julianti / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
xvi., 63 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind
ABSTRAK
Maulida Julianti, 2022. Penelitian ini berjudul Pengaruh Kemudahan,
Kegunaan, Kepercayaan dan Keamanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah
Menggunakan Mobile Banking Pada Bankaltimtara di Samarinda. Jurusan
Akuntansi, Program Studi Keuangan dan Perbankan (S1 Terapan), Politeknik
Negeri Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Khairil Akbar, M.Si selaku
pembimbing satu dan Ibu Sekta Lonir Oscarini, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing
dua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemudahan,
kegunaan, kepercayaan dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
tingkat kepuasan nasabah menggunakan Mobile Banking pada Bankaltimtara di
Samarinda. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala
menurut Sugiyono (2019). Metode analisis data diuji dengan Statistical Product
And Service Solution (SPSS) versi 28. Alat analisis yang digunakan adalah, uji
instrumen, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heterokedasitas, uji hepotesis, analisis regresi linear berganda,
uji statistik T, uji statistik F, uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel
kemudahan, variabel kegunaan, variabel kepercayaan, dan variabel keamanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah
menggunakan Mobile Banking pada Bankaltimtara di Samarinda.
Kata kunci: Kemudahan, Kegunaan, Kepercayaan, Keamanan, Tingkat
Kepuasan Nasabah, Mobile Bankingix
ABSTRACT
Julianti, Maulida 2022. This research is entitled The Effect of Ease,
Usability, Trust and Security on Customer Satisfaction Levels Using Mobile
Banking at Bankaltimtara in Samarinda. Department of Accounting, Finance and
Banking Study Program (Applied S1), Samarinda State Polytechnic. Under the
guidance of Mr. Drs. Khairil Akbar, M.Si as the first supervisor and Mrs. Sekta
Lonir Oscarini, S.Pd., M.Pd as the second supervisor. The purpose of this study was
to determine whether convenience, usability, trust worthiness and security have a
positive and significant effect on the leve; of customer statisfaction using Mobile
Banking at Bankaltimtara in Samarinda. The data collection method used a
questionnaire with a scale according to Sugiyono (2019). The data analysis method
was tested with Statistical Product And Service Solution (SPSS) version 28. The
analytical tools used were instrument test, validity test, reliability test, classical
assumption test, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test,
hypothesis test, analysis multiple linear regression T statistical test, F statistical
test, R2 test. The result showed that the convenience variable, usability variable,
terus variable, and security variable had a positive and significant effect on the
level of customer statisfaction using Mobile Banking at Bankaltim in Samarinda.
Keywords: Ease, Usability, Trust, Security, Customer Satisfaction Level, Mobile
Banking