#16384
SKR/AK KEUANGAN & PERBANKAN 018 VAN p 2022 ISBN:18 661 001
Subjects:akuntansi keuangan perbankan pengaruh manfaat
PENGARUH MANFAAT, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN MOBILE BANKING BCA DI SAMARINDA --Ed. 1
VANNIA TAMMY ANANDA / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
xvi., 49 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind
PENGARUH MANFAAT, KEMUDAHAN PENGGUNAAN,
DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA
LAYANAN MOBILE BANKING BCA DI SAMARINDA
Nama Mahasiswa : Vannia Tammy Ananda
Nim : 18 661 001
Dosen Pembimbing : Pembimbing I : Zulfikar, S.E., M.SA (Humbis)
Pembimbing II : Rifadin Noor, S.E., M.Si
Abstrak
Vannia Tammy Ananda, 2022 “Pengaruh Manfaat, Kemudahan
Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Mobile
Banking BCA Di Samarinda”Jurusan Akuntansi, Program Studi Keuangan dan
Perbankan, Politeknik Negeri Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Zulfikar,
S.E., M.SA (Humbis) selaku Dosen Pembimbing pertama dan Bapak Rifadin
Noor, S.E., M.Si. Selaku Dosen Pembimbing kedua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manfaat, kemudahan
penggunaan,dan kepercayaan terhadap kepuasan pengguna mobile banking oleh
nasabah Bank BCA di Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada masyarakat
Samarinda dengan jumlah sampel sebesar 100 responden menggunakan teknik
Accidental Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang
diukur dengan Skala Likert. Metode analisis data diuji dengan Statistical Product
And Service Solution (SPSS). Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas,
uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, dan uji R2. Hasil
penelitian menunjukkan secara parsial variabel manfaat dan kemudahan
penggunaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna masyarakat
Samarinda menggunakan mobile banking. Sedangkan variabel kepercayaan tidak
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna masyarakat Samarinda
menggunakan mobile banking. Hasil pengujian secara simultan adalah variabel
manfaat, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan, secara bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna masyarakat Samarinda
menggunakan mobile banking BCA.
Kata kata Kunci : Manfaat, kemudahan, kepercayaan, kepuasan, layanan, mobile
bankingviii
The Influence of Benefits, Ease of Use,and Trust on User
Satisfaction With BCA Mobile Banking Services in Samarinda
Nama Mahasiswa : Vannia Tammy Ananda
Nim : 18 661 001
Dosen Pembimbing : Pembimbing I : Zulfikar, S.E., M.SA (Humbis)
Pembimbing II : Rifadin Noor, S.E., M.Si
Abstrack
Vannia Tammy Ananda "The Influence of Benefits, Ease of Use,and
Trust on User Satisfaction With BCA Mobile Banking Services in Samarinda"
Department of Accounting, Finance and Banking Study Program, Samarinda
State Polytechnic. Under the guidance of Mr. Zulfikar, S.E., M.SA (Humbis) as
the first Supervisor and Mr. Rifadin Noor, S.E., M.Si. as the second Supervisor.
This study aims to determine the effect of benefits, ease of use, and trust
on user satisfaction with Mobile Banking by customer of Bank BCA in Samarinda.
This study is a quantitative study with primary data obtained from distributing
questionnaires to the Tenggarong community with a sample of 100 respondents
using the Accidental Sampling technique. The data collection method used a
questionnaire which was measured by a Likert Scale. The data analysis method
was tested with Statistical Product And Service Solution (SPSS). The
analytical tools used are validity test, reliability test, multiple linear regression
analysis, F test, t test, and R2 test. The results of the study partially show that the
benefits , ease of use and trust variables have a significant effect on the attitude of
using the Samarinda community to use mobile banking. The results of the
simultaneous test are that the variables benefits, ease of use, trust, together have a
significanteffect on the attitude of using the Samarinda community to use mobile
banking.
Keywords: Benefits, ease, trustworthiness, convenience, attitude, mobile banking,
services