#16364
SKR/AK KEUANGAN & PERBANKAN 010 IME p 2022 ISBN:18.661.030
Subjects:akuntansi keuangan perbankan pengaruh persepsi kemudahan
PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, MANFAAT, KEPERCAYAAN, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT KOTA SAMARINDA MENGGUNAKAN LAYANAN ONLINE PADA PELANGGAN OJEK --Ed. 1
IMELDIANTI KRISMA / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
xvi., 65 hlm., 20x29 cm., ilus. Bahasa:Ind
ABSTRAK
Krisma, Imel Dianti 2022, Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Kepercayaan, dan
Promosi terhadap Minat Masyarakat Kota Samarinda Menggunakan Layanan Online Pada
Pelanggan Ojek. Dibimbing oleh Bapak Dr. Sudarlan, S.E., M.T., selaku pembimbing I
dan Bapak Marwanto, S.E., M.Si., Ak., selaku pembimbing II.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik penyebaran kuisioner, observasi, dan kepustakaan.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 responden. Teknik analisis data yang akan
digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji
Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Regresi Linear Berganda,
Uji t, Uji f, Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, serta menggunakan Software IBM
SPSS Version 19. Hasil dari penelitian ini secara parsial variabel persepsi kemudahan,
berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Kota Samarinda menggunakan layanan
ojek online, dilihat dari Thitung > Ttabel (2,974 > 1,975) dan nilai sig sebesar 0,003 < 0,05,
secara parsial variabel persepsi manfaat tidak berpengaruh signifikan terhadap minat
masyarakat Kota Samarinda menggunakan layanan ojek online, dilihat dari Thitung < Ttabel (-
1,361 < 1,975) dan nilai sig sebesar 0,175 > 0,05, secara parsial variabel kepercayaan,
berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat menggunakan layanan ojek online,
dilihat dari Thitung > Ttabel (3,331 > 1,975) dan nilai sig sebesar 0,001 < 0,05, secara parsial
variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Kota Samarinda
menggunakan layanan ojek online, dilihat dari Thitung > Ttabel (3,885 >1,975) dan nilai sig
sebesar 0,000 < 0,05, secara simultan variabel persepsi kemudahan, persepsi manfaat,
kepercayaan, dan promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat Kota Samarinda
menggunakan layanan ojek online, dilihat dari Fhitung > Ftabel (20,484 > 2,43) dan nilai sig
sebesar 0,000 < 0,05.
Kata – Kata Kunci : Minat Menggunakan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat,
Kepercayaan, dan Promosi.ix
ABSTRACT
Krisma, Imel Dianti 2022, The Influence of Perception of Convenience, Perceived
Benefits, Trust, and Promotion on Community Interest in Samarinda City Using Online
Ojek Services. Supervised by Mr. Dr. Sudarlan, S.E., M.T., as supervisor I and Mr.
Marwanto, S.E., M.Sc., Ak., as supervisor II.
This research uses quantitative methods. Data collection techniques in this study
using questionnaires, observation, and library techniques. The sample in this study were
160 respondents. Data analysis techniques that will be used in this study are Validity Test,
Reliability Test, Classical Assumption Test, Normality Test, Multicollinearity Test,
Heteroscedasticity Test, Multiple Linear Regression Test, t Test, f Test, Correlation
Coefficient, Coefficient of Determination, and using IBM Software SPSS Version 19. The
results of this study partially the perceived convenience variable, have a significant effect
on the interest of the people of Samarinda City using online motorcycle taxi services, seen
from Tcount > Ttable (2,974 > 1.975) and the sig value of 0.003 < 0.05, partially the
perception variable the benefits have no significant effect on the interest of the people of
Samarinda City using online motorcycle taxi services, seen from Tcount < Ttable (-1,361 <
1.975) and the sig value of 0.175 > 0.05, partially trust variable, has a significant effect on
people's interest in using online motorcycle taxi services, seen from Tcount > Ttable (3,331 >
1.975) and the sig value of 0.001 < 0.05, partial promotion variables have a significant
effect on the interest of the people of Samarinda City using online motorcycle taxi services,
seen from Tcount > Ttable (3.885 > 1.975) and a sig value of 0.000 < 0.05, simultaneously the
variables of perceived convenience, perceived benefits, trust, and promotion have an effect
on the interest of the people of Samarinda City using online motorcycle taxi services, as
seen from Fcount > Ftable (20,484 > 2.43) and the sig value of 0.000 <0.05.
Keywords: Interest in Using, Perception of Ease, Perception of Benefits, Trust, and
Promotion.