#16328
TA/JUR.TI.PS.TEKNIK INFORMATIKA 006 FIT m 2022 ISBN: 19 615 035
Subjects:teknologi informatika Penelitian
MEDIA INFORMASI KULINER UMKM DI WILAYAH SAMARINDA SEBERANG BERBASIS WEB --
: Fita Haliza Amaliya / / /SAMARINDA 2022
Viii; 175 h; ilus; 23 cm Bahasa:IND
MEDIA INFORMASI KULINER UMKM DI WILAYAH
SAMARINDA SEBERANG BERBASIS WEB
Nama : Fita Haliza Amaliya
NIM 19 615 035
Dosen Pembimbing I : Mulyanto, S.Kom., M.Cs
Dosen Pembimbing II : Tommy Bustomi, S.Kom., M.Kom
ABSTRAK
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Samarinda
Seberang berkembang sangat pesat. Banyak sekali kelompok pelaku yang ada di
dalamnya, dapat menciptakan peluang kerja yang cukup besar bagi lingkungan
sekitarnya, sehingga sangat membantu upaya mengurangi pengangguran. Salah
satu gagasan pemberdayaan UMKM di era teknologi informasi sekarang ini
adalah melalui Pusat Komunikasi UMKM Berbasis Website. Dengan
dibangunnya media promosi usah UMKM berbasis Website, di samping dapat
menyediakan informasi mengenai perkembangan UMKM di wilayah Samarinda
Seberang, juga dapat difungsikan untuk mengakses informasi usaha mikro kecil
menengah. Metode yang digunakan adalah media informasi, sedangkan objek
penelitiannya UMKM yang masih aktif menjalankan usahanya di wilayah
Samarinda Seberang. Web yang dihasilkan hanyalah informasi mengenai UMKM,
hal ini memudahkan pelanggan untuk melihat produk UMKM dan alamat yang di
inginkan oleh pelanggan, dan pelanggan dapat menimbulkan niat untuk membeli
dan mengetahui lokasi terhadap produk yang dipromosikan melalui Website.
Kata Kunci:website, edia Informasi, UMKM
UMKM CULINARY INFORMATION MEDIA IN THE REGION
SAMARINDA Across WEB-BASED
Name : Fita Haliza Amaliya
NIM : 19 615 035
Advisor I : Mulyanto, S.Kom., M.Cs
Advisor II : Tommy Bustomi, S.Kom., M.Kom
ABSTRACT
Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in the Samarinda Seberang area are
growing very rapidly. There are so many groups of actors in it, which can create sizable job
opportunities for the surrounding environment, so it is very helpful in efforts to reduce
unemployment. One of the ideas for empowering MSMEs in the current era of information
technology is through the Website-Based MSME Communication Center. With the development
of a Website-based MSME business promotion media, in addition to providing information on
the development of MSMEs in the Samarinda Seberang area, it can also be used to access
information on micro, small and medium enterprises. The method used is information media,
while the object of research is MSMEs that are still actively running their business in the
Samarinda Seberang area. The resulting web is only information about MSMEs, this makes it
easier for customers to see MSME products and the addresses desired by customers, and
customers can generate intentions to buy and know the location of products promoted through
the Website.
Keywords: website, information media, MSME