#16327
TA/JUR.TI.PS.TEKNIK INFORMATIKA 005 RAH a 2022 ISBN: 19615010
Subjects:teknologi informatika Penelitian
APLIKASI TURNAMEN UNTUK GAME PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS MOBILE BERBASIS WEB --
: Rahmat Mubini Nur Sujudi / / /SAMARINDA 2022
Viii; 175 h; ilus; 23 cm Bahasa:IND
APLIKASI TURNAMEN UNTUK GAME PLAYERUNKNOWN’S
BATTLEGROUNDS MOBILE BERBASIS WEB
Nama Mahasiswa : Rahmat Mubini Nur Sujudi
NIM : 19615010
Dosen Pembimbing I : Irwansyah, S. Kom, M.Cs
Dosen Pembimbing II : Noor Alam Hadiwijaya, ST, M.Cs
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan membangun aplikasi pengelolaan turnamen atau
pendaftaran turnamen yang awalnya menggunakan aplikasi sosial media chat
sebagai pengelolaan dan pendaftaran turnamen dalam bentuk tulisan yang panjang
sehingga seringnya terjadi kebingungan dalam mencari atau membuat turnamen,
membedakan antara informasi aturan turnamen, informasi tim yang terdaftar,
informasi jadwal pertandingan dan informasi hasil pertandingan tersebut, sehingga
sekecil-kecilnya dapat membantu dalam pengelolaan.
Sampel penelitian ini berobjek pada pengelolaan turnamen dan pendaftaran
turnamen pada grup komunitas game PlayerUnknown's Battleground Mobile di
Whatsapp. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada teman-teman
komunitas dan melakukan studi literatur. Metode pengembangan aplikasi pada
penelitian ini menggunakan Metode Waterfall.
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang dikembangkan menggunakan
perancangan Data Flow Diagram (DFD), Context Diagram, Entity Relationship,
serta menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel 8.
Kata kunci: Pengelolaan turnamen, pendaftaran turnamen, komunitas game
PlayerUnknown's Battleground Mobile.
ix
TOURNAMENT APPLICATION FOR WEB-BASED PLAYERUNKNOWN'S
BATTLEGROUNDS MOBILE GAME
Name : Rahmat Mubini Nur Sujudi
NIM : 19615010
Advisor I : Irwansyah, S. Kom, M.Cs
Advisor II : Noor Alam Hadiwijaya, ST, M.Cs
ABSTRACT
PlayerUnknown's Battleground Mobile game community.
This study aims to build a tournament management application or tournament
registration that initially uses a social media chat application as tournament
management and registration in long written form so that there is often confusion
in finding or creating tournaments, distinguishing between tournament rule
information, registered team information, schedule information. matches and
information on the results of the match, so that as little as possible it can help in
the management.
The object of this research sample is tournament management and tournament
registration in the PlayerUnknown's Battleground Mobile game community group
on Whatsapp. Data was collected by interviewing community friends and
conducting literature studies. The application development method in this study
uses the Waterfall Method.
The results of this study are applications that were developed using Data Flow
Diagrams (DFD), Context Diagrams, Entity Relationships, and using the PHP
programming language with the Laravel 8 framework.
Keywords: Tournament management, tournament registration,